Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita Banjar2 Warga Kota Banjar Positif Covid-19, Dinkes Belum Pastikan Omicron

2 Warga Kota Banjar Positif Covid-19, Dinkes Belum Pastikan Omicron

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 di Kota Banjar, Jawa Barat, kembali ditemukan. Per tanggal 28 Januari 2022, 2 orang warga Banjar positif Covid-19.

Sebelumnya, selama 3 bulan Kota Banjar zero kasus aktif virus corona.

Juru Bicara Satgas Kota Banjar Agus Nugraha, membenarkan adanya temuan dua orang warga yang terinfeksi Covid-19. Saat ini sudah dilakukan penanganan medis.

Namun untuk data lengkap serta apakah penambahan kasus tersebut masuk kategori varian baru Omicron, menurutnya keterangan tersebut bisa langsung ke Dinas terkait.

“Dari data ada penambahan dua orang. Totalnya jadi empat orang sama penambahan kasus dua hari yang lalu. Lebih jelasnya bisa langsung ke Dinkes,” kata Agus kepada HR Online, Jumat (28/1/22).

Baca juga: Bencana Angin, BPBD Kota Banjar: 59 Bangunan dan 4 Kendaraan Rusak

Lanjutnya, terkait antisipasi pencegahan adanya lonjakan kasus serta mewaspadai varian baru Omicron, pihak Satgas Covid-19 Kota Banjar akan melakukan rapat koordinasi pencegahan.

Sebelumnya, kata Agus, tim Satgas sudah melakukan rapat koordinasi namun fokus untuk penanganan vaksin. Belum sampai pada strategi penanganan di lapangan.

“Lebih jelasnya untuk penanganan di lapangan, mewaspadai terjadinya lonjakan besok hari Senin kami akan rapat koordinasi,” ujar Agus.

Dinas Kesehatan Belum Simpulkan Kasus Covid-19 di Banjar Varian Omicron

Terpisah Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Banjar dr Ika Rohantika, mengatakan dua orang positif Covid-19 tersebut merupakan warga lingkungan Parunglesang, Kelurahan Banjar.

Kedua warga tersebut satu mengalami gejala ringan, dan satu orang tanpa gejala. Kasusnya juga berasal dari transmisi lokal karena tidak melakukan bepergian.

Lebih lanjut terkait temuan kasus Covid-19 tersebut apakah merupakan varian baru, pihaknya belum bisa menyimpulkan temuan kasus tersebut.

Dinas Kesehatan Kota Banjar, akan mengirim spesimen hasil pemeriksaan ke Labkesda provinsi untuk memastikan apakah ada indikasi terinfeksi Covid-19 varian baru Omicron.

“Kita belum bisa menyimpulkan karena untuk memastikan perlu dilakukan pemeriksaan spesimen di Labkesda provinsi. Nanti kami informasikan lagi,” katanya. (Muhlisin/R8/HR Online/Editor Jujang)