Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita Pangandaran4 Poktan di Pangandaran Pamerkan 5000 Tanaman Pekarangan Rumah

4 Poktan di Pangandaran Pamerkan 5000 Tanaman Pekarangan Rumah

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Empat kelompok tani (Poktan) dari Desa Ciganjeng dan Desa Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat memamerkan 5000 tanaman pekarangan rumah dalam pameran pertanian yang digelar di Lapang Desa Ciganjeng, Selasa (25/1/2022).

Ketua Panitia Pameran Pertanian Mita mengatakan, pameran pertanian ini menampilkan hasil kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Gagasan kegiatan tersebut berasal dari 4 kelompok Tani dari Desa Sindangwangi dan Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang.

Selain itu kegiatan lainnya adalah penanaman 1000 tanaman dalam kantong plastik (polybag) oleh anak usia dini dan ibu-ibu PKK.

“Tujuannya agar bisa memicu semangat cinta tanaman juga melestarikan lingkungan terutama di lingkungan pekarangan rumah,” kata Mita kepada HR Online, Selasa (25/1/2022).

Lebih lanjut Mita menambahkan, tanaman yang ditanam dalam polybag tersebut di antaranya cabe rawit, tomat, terong, dan lain-lain. Selanjutnya tanaman tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir.

“Acaranya dua hari Selasa dan Rabu, rencananya besok acara penutupan. Masyarakat bisa membawa tanaman yang ditanam dalam kantong plastik tersebut untuk dibawa pulang dipindahkan ke halaman rumahnya masing-masing,” jelas Mita.

Mita mengajak para generasi muda dalam acara gebyar Pameran Pertanian ini gemar bercocok tanam mulai dari lingkungan rumah sendiri.

“Kami berharap generasi muda akan gemar bercocok tanam, karena anak-anak sekarang kurang suka bertani, dengan kegiatan ini mudah-mudahan bertani itu menjadi hobi yang menghasilkan,”pungkasnya. (Madlani/R7/HR-Online/Editor-Ndu)