Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruAC Mobil tidak Keluar Angin Sebaiknya Kenali Apa Saja Penyebabnya

AC Mobil tidak Keluar Angin Sebaiknya Kenali Apa Saja Penyebabnya

AC mobil tidak keluar angin bisa saja karena berbagai penyebab yang bisa terjadi. Mengingat AC menjadi komponen yang cukup penting, tentu Anda harus pastikan kondisinya dalam keadaan bagus.

Saat ini sudah banyak bahkan hampir semua jenis kendaraan roda empat memiliki fitur AC. Fitur yang satu ini memang tampak lebih optimal jika kondisinya dalam keadaan bagus.

Namun yang namanya komponen kendaraan tentu bisa saja mengalami kerusakan. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada AC saja. Justru komponen mobil lainnya bisa saja timbul masalah ketika Anda masih saja enggan untuk melakukan perawatan.

Padahal perawatan pada komponen kendaraan menjadi salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini guna mengoptimalkan kinerja komponen tersebut.

Saat ini AC mobil menjadi cukup penting karena mampu memberikan tingkat kenyamanan saat berkendara. Seiring pemakaiannya terkadang komponen tersebut sering mengalami masalah.

Seperti halnya AC mobil tidak keluar angin. Ada yang mengalami AC mobil bermasalah dari awal komponen itu dinyalakan. Serta bisa juga terjadi ketika AC mobil sudah dinyalakan dalam jangka waktu cukup lama.

Semua masalah tentu bisa Anda hadapi dengan penanganan masing-masing. Ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya untuk dapat mengatasi masalah lebih awal. Hal ini termasuk dalam mengatasi AC yang bermasalah.

Baca juga: Pemeliharaan Sistem AC Mobil Mempengaruhi Keawetan Komponen

Penyebab AC Mobil tidak Keluar Angin

Sistem AC mobil terkadang memiliki berbagai masalah yang bisa saja terjadi. Ketika kondisinya tidak mampu mengeluarkan angin sama sekali, itu menandakan salah satu sistem komponen AC mengalami masalah serius.

Sehingga mau tidak mau Anda harus mencari penyebab mengapa kondisi ini terjadi. Meski saklar AC tetap menyala bahkan blower nomor 1-3 juga perlu Anda periksa secara teliti.

Sebaiknya agar tidak salah dalam mengatasinya Anda perlu tahu penyebab mengapa masalah itu terjadi. Sebenarnya ada banyak penyebab yang bisa terjadi antara lain:

Sekring Putus

Salah satu penyebab AC mobil tidak keluar angin bisa karena kondisi sekring yang putus. Ada sistem pengaman AC yaitu fuse. Fuse itu sendiri bisa menjadi salah satu penyebab mengapa AC mobil tidak mau keluar angin.

Sebaiknya ketika masalah ini terjadi ada baiknya lakukan pengecekan sekring yang ada di dalam rumah fuse. Anda cukup mencari sekring AC-blower atau sekring heater. Sehingga Anda tidak perlu lagi meraba atau mencari sekring yang putus.

Evaporator Kotor

Masalah AC mobil tidak keluar angin bisa dikarenakan beberapa hal. Salah satu yang bisa saja terjadi yaitu karena bagian evaporator kondisinya kotor.

Kotoran tersebut dapat dilihat menggunakan air flow dengan catatan tidak merintangi saluran udara. Sebaiknya setel temperatur penatan dalam kondisi minimum.

Baca juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Resistor Blower Rusak

Masalah lain yang menyebabkan AC mobil tidak keluar angin yaitu pada bagian resistor blower rusak. Saat Anda putar pada status kecepatan 1, 2 dan 3. Sebaiknya lakukan pengecekan melalui bagian yang satu ini.

Saat komponen satu ini yang mengalami masalah ada baiknya Anda jangan sampai salah pilih. AC mobil akan terganggu dan membuat tingkat kenyamanan Anda terasa berkurang. Sebab, kondisi ini membuat kabin terasa panas.

Katup Ekspansi

Pada komponen AC mobil Anda harus perhatikan beberapa hal. Sebab komponen yang satu ini merupakan tempat berubahnya cairan freon. Katup ekspansi menjadi salah satu yang menjadi komponen penting dari saluran filter ke berbagai gas uap dingin.

Jika komponen expansi mobil sudah Anda temukan, maka cairan AC tidak dapat masuk dan tidak bisa mengubahnya menjadi gas. Sehingga mengakibatkan tubuh tidak lagi AC mobil berfungsi.

Circuit Terbuka

Masih banyak penyebab mengapa kondisinya circuit terbuka. Selain beberapa hal ada masalah baru yang dihadapi yaitu jangan biarkan circuit terbuka. Ini dapat mencegah blower dan melihat arus yang masuk dan mengalir mengenai masing-masing blower.

Sebenarnya banyak sekali masalah yang terjadi ketika Anda mendapatkan indikasi AC mobil bermasalah. Ada baiknya jika Anda mengatasi masalah tersebut supaya tidak semakin parah dan serius.

Termasuk juga masalah AC mobil tidak keluar angin. Ada baiknya untuk tahu penyebab dan cara untuk mengatasinya dengan benar. (R10/HR Online)

- Advertisment -