Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BisnisAcuan Kepemilikan Sekuritas AKSes Fasilitas Terbaru untuk Investor

Acuan Kepemilikan Sekuritas AKSes Fasilitas Terbaru untuk Investor

Acuan kepemilikan sekuritas atau fasilitas AKSes adalah salah satu layanan yang disediakan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Fasilitas ini memberikan kemudahan bagi investor untuk melakukan konsolidasi portofolio investasi yang ia miliki.

Laporan baik tersebar pada perusahaan efek, manajer investasi, maupun agen penjual reksa dana.

Sistem AKSes KSEI sengaja muncul guna meningkatkan upaya transparansi informasi dan perlindungan untuk investor.

Sehingga akan muncul rasa aman dan nyaman dalam berinvestasi di pasar modal. Sebab hal ini dapat dimonitori langsung.

Dengan memiliki acuan kepemilikan sekuritas, maka investor pun dapat merasakan banyak manfaat.

Adapun beberapa yang bisa Anda nikmati yaitu mulai dari mutasi rekening, mengakses saldo investasi, laporan akun di pasar modal, hingga inkuiri.

Tidak hanya itu, investor juga masih dapat informasi tambahan seputar informasi pasar, aksi korporasi, dan pusat edukasi investasi pasar modal di Indonesia.

Baca Juga: Free Float Saham Jadi Sistem Pembobotan Baru BEI, Ini Dampaknya!

Pentingnya Acuan Kepemilikan Sekuritas

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan fasilitas AKSes generasi terbaru. Direktur utamanya yaitu Friderica Widyasari Dewi telah menyebutkan berbagai alasan mengapa pentingnya memiliki AKSes bagi investor.

Padahal ada banyak manfaat yang investor bisa dapatkan. Hal ini juga berpengaruh karena masih banyak investor yang belum memanfaatkan fasilitas tersebut.

Padahal untuk fasilitas ini justru dapat memudahkan proses login yang lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Rotasi Sektor Saham Sebagai Analisa Perekonomian Sebuah Bisnis

Cara Menggunakan Fasilitas AKSes

Hadirnya fasilitas acuan kepemilikan sekuritas yang PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) berikan membantu memudahkan investor. Apalagi untuk menggunakan fasilitas tersebut juga bisa terbilang sederhana.

Untuk dapat mengakses fasilitas tersebut, Anda harus menerima kartu AKSes dan PIN code. Sayangnya, untuk mendapatkan keduanya bisa terbilang membutuhkan waktu cukup lama.

Hal ini karena dokumen berbentuk fisik dan proses distribusi. Namun untuk login dengan AKSes, Anda bisa menggunakan data pribadi.

Baca Juga: Investasi di Metaverse yang kini Justru Dilirik Para Investor Muda

Alasan Adanya Fasilitas AKSes

Untuk dapat acuan kepemilikan sekuritas KSEI sengaja menghadirkan AKSes versi terbaru dengan berbagai alasan. Sebenarnya AKSes sudah tercipta sejak lama, namun kini hadir generasi terbarunya.

Fasilitas ini tersedia bagi para investor pada pasar modal untuk memantau laporan portofolio kepemilikan efek atau dana yang tersimpan dalam RDN (Rekening Dana Nasabah).

Alasan utamanya yaitu mampu meningkatkan keamanan atau perlindungan untuk investor. Bahkan juga meningkatkan transparansi informasi.

Apalagi mengingat kebutuhan investor untuk memantau portofolio pasar modal secara langsung. Sehingga KSEI menjadi lembaga penyelesaian dan penyimpanan.

Melalui fasilitas AKSes, investor dapat membandingkan laporan yang perusahan efek dan bank kustodian sampaikan secara berkala.

Hal ini menandakan jika acuan kepemilikan sekuritas AKSes dari KSEI cukup banyak membantu investor. Sehingga keamanan dalam berinvestasi pun akan tetap terjaga.

Perusahaan KSEI memang sengaja menyediakan fasilitas tersebut dengan sejuta alasan yang tepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -