Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruAkibat Telat Ganti Oli Motor Matic Cukup Beragam dan Berbahaya

Akibat Telat Ganti Oli Motor Matic Cukup Beragam dan Berbahaya

Akibat telat ganti oli motor matic tentu mempengaruhi komponen lainnya. Sehingga mengganti oli menjadi keharusan tersendiri yang perlu Anda lakukan tepat waktu.

Motor matic memiliki perawatan yang berbeda jika dibandingkan dengan tipe kendaraan lainnya.

Hanya saja untuk merawat atau melakukan servis sama, yaitu untuk semua komponen sepeda motor.

Hal ini perlu dilakukan guna membantu kinerja kendaraan berjalan secara optimal. Jika melakukan perawatan dengan tepat, kendaraan juga akan lebih awet. Sehingga risiko timbulnya kerusakan semakin kecil.

Seperti halnya saat mengganti oli motor matic. Oli atau pelumas memiliki peran yang cukup penting untuk setiap mesin. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki motor matic.

Karena perannya yang vital, membuat Anda harus melakukan pengecekan secara rutin. Sehingga ketika waktunya ganti oli, Anda akan jauh lebih paham tanpa ada alasan lupa. Jika telat menggantinya, bisa berakibat fatal.

Oli yang tidak Anda ganti dalam jangka waktu tertentu akan memiliki warna hitam pekat dan cenderung jenuh. Oli jenuh inilah yang mengakibatkan kerak datang dan menempel.

Hal ini membuat motor matic bisa mengalami kerusakan. Bahkan banyak akibat telat ganti oli motor matic, termasuk motor mati mendadak. Jika hal ini terjadi, maka bisa saja menjadi kerepotan ketika mogoknya di tengah jalan yang sepi.

Dengan rutin ganti oli motor matic juga mempengaruhi komponen lain lebih awet. Cara menggantinya pun tidak terlalu sulit. Jika Anda tidak mau pergi ke bengkel, bisa menggantinya sendiri di rumah.

Pastikan memilih oli yang tepat sesuai spesifikasi kendaraan. Dengan mengganti oli secara rutin, membantu kinerja komponen motor matic makin bertenaga.

Baca juga: Malas Ganti Oli Motor, Ini Daftar Risiko yang Siap Menanti

Inilah Akibat Telat Ganti Oli Motor Matic yang Umum Terjadi

Motor matic menjadi salah satu jenis kendaraan roda dua yang cukup populer di Indonesia. Bahkan termasuk kendaraan dengan peminat yang banyak jika Anda bandingkan motor bebek.

Selain tidak perlu menggunakan oper gigi, berkendara dengan motor injeksi terbilang mudah.

Perawatan yang perlu dipersiapkan pun sedikit. Salah satunya yaitu ganti oli. Hampir semua jenis motor matik memiliki tarikan akselerasi untuk berkendara.

Sistem injeksi motor matic juga memiliki teknologi canggih pada ruang pembakaran. Sehingga banyak orang yang memilih motor matic. Sebenarnya ganti oli terbilang sepele.

Meski demikian, masih ada orang yang tidak menggantinya dengan alasan digunakan setiap hari. Jika Anda sampai lupa mengganti oli, tentu bisa berakibat fatal.

Oli yang sudah lama tidak diganti akan berubah warna menjadi hitam pekat. Sehingga mengakibatkan banyaknya dampak buruk yang bisa terjadi pada motor matic.

Berikut ini ada beberapa akibat jika Anda telat ganti oli motor matic.

Baca juga: Sering Gonta-ganti Oli Ternyata Tidak Baik

Overheat

Salah satu akibat telat ganti oli motor matic yaitu mesin bisa overheat. Mengingat fungsi oli sebagai pelumas pendingin mesin, jika jarang ganti tentu kinerjanya akan menurun.

Overheat adalah kondisi panas berlebih pada mesin motor. Jika hal ini Anda biarkan begitu saja, mesin semakin rusak. Untuk itu, dengan rutin ganti oli akan membantu mesin terhindar dari masalah buruk.

Mesin Bergerak Kasar

Saat Anda mendapati motor matic memiliki gerakan yang kasar, hal ini karena kendaraan tersebut telat ganti oli. Akibat telat ganti oli motor matic ini perlu Anda waspadai.

Jika Anda ganti oli tepat waktu, membuat gerakan mesin halus. Namun jika Anda sering lupa menggantinya, bisa mengurangi segi kenyamanan saat berkendara.

Bahan Bakar Boros

Kendaraan tipe matic bisa terbilang cukup boros bahan bakar. Untuk mengatasinya, Anda bisa lakukan ganti oli motor matic dengan rutin.

Kinerja mesin akan optimal dan bahan bakar lebih hemat. Untuk menghindari adanya hal ini, Anda juga dapat melakukan perawatan secara berkala.

Kinerja Mesin Turun

Motor matic memang harus terawat dengan baik agar kinerjanya optimal. Kinerja mesin akan menurun jika oli tidak Anda ganti secara rutin.

Cairan oli yang berubah warna tersebut akan mengakibatkan performa mesin turun. Dengan menggantinya tepat waktu, membuat akibat telat ganti oli motor matic tidak akan Anda alami. (R10/HR Online)

- Advertisment -