Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita JabarSoroti Aktivitas Lingkaran Setan, Wagub Jabar Minta Sekolah Tidak Lengah

Soroti Aktivitas Lingkaran Setan, Wagub Jabar Minta Sekolah Tidak Lengah

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta sekolah untuk tidak lengah dalam mengawasi kegiatan para siswa. Hal tersebut ia katakan saat melakukan pembinaan guru dan siswa SMA Negeri 1 Ciamis, Sabtu (15/1/2022), kaitan dengan aktivitas lingkaran setan atau dugaan perpeloncoan dalam kegiatan Pramuka.

Uu menyatakan Pemprov Jabar melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII siap bertanggung jawab untuk menyelesaikan persoalan ini. Seperti dengan datang ke Ciamis memberikan pemahaman kepada kepala sekolah dan jajarannya.

“Jangan sampai kejadian serupa kembali terulang. Meski pun kegiatan ini bukan dalam lingkungan dan tidak sepengetahuan sekolah,” ungkap Uu.

Uu meminta agar kepala sekolah dan jajarannya maupun komite jangan lalai untuk melakukan pemantauan setiap kegiatan siswa. Baik dalam sekolah atau saat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Aktivitas lingkaran setan atau yang mengandung unsur perpeloncoan ini jangan sampai terjadi lagi dan harus dihilangkan.

“Saya minta kepala sekolah jangan lengah mengawasi anak-anak. Komunikasi dengan orang tua sangat penting pada saat melakukan pengawasan,” ucapnya.

Meski demikian, Uu meminta kepada semua pihak jangan sampai menghalangi para siswa dalam berkreasi. Tapi sekolah pun wajib memantau dengan hati-hati serta menjalin komunikasi.

“Jangan tutup kreativitas anak untuk jadi orang hebat. Saya akan mendorong anak-anak untuk tetap kreatif. Untuk para siswa juga sebaiknya meminta izin dan memberitahu ketika akan melaksanakan kegiatan,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Ciamis Suarman Buntara menuturkan, pihak sekolah bertanggung jawab pada permasalahan dalam aktivitas Lingkaran Setan tersebut. Mulai dari pengobatan korban hingga memulihkan trauma atau trauma healing. Salah satunya kerja sama dengan Advokasi Anak Ciamis.

“Aktivitas sekolah juga masih berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Usai memberikan pembinaan, Uu Ruzhanul Ulum bersama pihak sekolah dan KCD Wilayah XIII menjenguk salah seorang korban aktivitas Lingkaran Setan. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)