Jumat, Mei 27, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Browser Terbaik Aman dan Cepat, Berikut Daftar Pilihannya!

Aplikasi Browser Terbaik Aman dan Cepat, Berikut Daftar Pilihannya!

Aplikasi browser terbaik saat ini dapat Anda temukan dengan mudah, baik untuk perangkat Android maupun iPhone. Browser merupakan salah satu layanan yang wajib ada pada sebuah perangkat komputerisasi dengan dukungan internet.

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menjelajahi dunia maya untuk mengakses berbagai informasi terkini dalam setiap harinya. Sebenarnya, dalam setiap perangkat smartphone atau tablet telah terdapat browser bawaan yang dimasukkan oleh masing-masing vendor.

Baca juga: 3 Aplikasi Browser Android Super Ringan dan Menghemat Data Internet

Akan tetapi apabila kita perhatikan dari unduhan dari Play Store, mengungkapkan sebuah fakta bahwa browser bawaan masih mempunyai fitur yang cukup terbatas.

Hal ini berbeda dengan beberapa developer yang telah berhasil mengembangkan browser mereka. Sehingga browser tersebut mempunyai segudang fitur yang dapat mempermudah para pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas browsing secara aman dan nyaman.

Daftar Aplikasi Browser Terbaik dan Aman

Dengan perkembangan berbagai platform saat ini, hadir beragam aplikasi browser yang menawarkan fitur melimpah. Hal ini dapat kita pastikan bahwa para pengguna akan menginstal browser yang tentunya memberikan kenyamanan saat berselancar di internet melalui perangkat smartphone.

Saat ini terdapat banyak sekali pilihan aplikasi browser terbaik yang dapat Anda manfaatkan. Pilihan browser dapat memberikan pengalaman menjelajahi internet secara cepat, stabil, dan aman. Adapun pilihannya antara lain:

Mozilla Firefox

Dapat dikatakan untuk browser pada perangkat Android, Mozilla Firefox merupakan pilihan terbaik pada paruh pertama tahun 2021 ini.

Di dalam aplikasi ini terdapat beragam fitur yang dapat menunjang pemakaian dan memberikan pengalaman bagi pengguna dalam berinternet secara maksimal.

Beragam fitur yang dapat disorot dalam aplikasi browser terbaik saat ini adalah bilah alamat bawah yang menawarkan berbagai kemudahan bagi para pengguna smartphone ataupun tablet.

Baca juga: Aplikasi Video TikTok Tanpa Watermark Paling Recommended, Apa Saja?

Secara opsional, Firefox dapat menyinkronkan hampir keseluruhan data yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat memblokir skrip tracking secara default.

Dari sisi fungsional, keamanan, serta kemampuan ekstensi yang terdapat pada browser satu ini cukup unggul apabila kita bandingkan dengan browser sejenis lainnya.

Google Chrome

Chrome merupakan salah satu aplikasi browser terbaik dan tercepat saat ini. Chrome telah banyak terinstal pada perangkat Android karena merupakan produk dari Google.

Selain itu, Chrome Android adalah browser terbaik untuk perangkat Android. Aplikasi ini cukup mudah untuk Anda disinkronkan pada perangkat lain.

Tidak heran jika Chrome menjadi salah satu browser terbaik, bahkan tercepat. Google Chrome secara personal telah menawarkan fitur Search Results, Incognito Browsing, Safe Browsing, serta Autofilo.

Hal ini berarti Google turut mengawasi para pengguna dalam menjelajahi situs manapun yang dianggap berbahaya. Selanjutnya memberi Anda peringatan serta memblokir situs tersebut agar tidak mudah untuk Anda akses.

Terdapat pula Google Translate dalam aplikasi ini yang memungkinkan para pengguna untuk menerjemahkan seluruh situs web secara lebih cepat.

Opera Mini

Selain memiliki kecepatan yang tidak perlu Anda ragukan, Opera Mini juga mempunyai fungsi untuk menghemat paket data cukup lengkap. Bahkan melalui aplikasi browser terbaik satu ini, Anda dapat melihat berapa kuota yang telah terpakai dari ringkasan data.

Baca juga: Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Menariknya lagi, fasilitas download juga dapat Anda temui pada aplikasi ini. Fasilitas tersebut memiliki fungsi penundaan secara otomatis apabila ukuran file terlalu besar.

Lalu melanjutkan unduhan secara otomatis pada saat jaringan Anda stabil. Terdapat pula mode malam yang dapat Anda aktifkan untuk meredupkan layar. Mode ini bermanfaat agar Anda merasa lebih nyaman saat membaca dalam keadaan gelap.

TOR

TOR merupakan aplikasi browser terbaik dan paling private. Apabila privasi merupakan salah satu hal penting serta cukup Anda khawatirkan pada saat menggunakan browser internet, maka TOR adalah pilihan terbaik.

Ketika Anda menjelajah internet melalui TOR, maka aplikasi ini akan mengisolasi halaman web dari layanan lain yang memantau aktivitas Anda. Bahkan juga iklan dan segera menghapus cookie setelah Anda keluar.

Dalam aplikasi browser terbaik satu ini terdapat tiga opsi penjelajahan yang berbeda, salah satunya kode keamanan. Mode keamanan normal ini memberi pengguna fitur keamanan dasar yang aktif pada saat Anda menginstal browser.

Namun apabila Anda ingin menjelajah internet secara lebih aman, maka Anda dapat memilih salah satu dari dua mode lainnya. Hal ini dapat memberikan tingkat keamanan tinggi, akan tetapi dengan beberapa ketentuan tentu saja.

Baca juga: Aplikasi YouTube MP3 untuk Android Terbaik, Bermusik Lebih Asyik!

Seperti menonaktifkan beberapa fitur situs yang Anda kunjungi, jenis font, serta beberapa ikon. Hal ini untuk mencegah putar otomatis file video serta berbagai hal lain yang dapat disalahgunakan oleh pemilik situs yang Anda kunjungi.

Pada saat Anda mengaktifkan TOR, maka hal ini akan terhubung pada server pribadi yang mengenkripsi serta mengamankan koneksi Anda sepenuhnya.

TOR merupakan peramban Android yang hadir secara khusus, terutama bagi Anda yang ingin menjelajah Deep Web tanpa khawatir terlacak pada saat menjelajah online.

Aplikasi browser terbaik satu ini secara otomatis memblokir berbagai pelacak online tanpa perlu Anda mengubah pengaturan. Hal ini tentunya juga sangat mempermudah Anda dalam menghapus riwayat tanpa harus menyimpan kata sandi cookie setiap saat.

TOR merupakan aplikasi yang cukup cepat dan aman. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin dengan cepat dan bebas menelusuri sesuatu yang spesifik serta tidak perlu khawatir dengan adanya kebocoran data.

CM Browser

Pilihan aplikasi terbaik selanjutnya adalah CM Browser. Clean Master merupakan layanan yang menawarkan kecepatan dalam produk browsernya.

Aplikasi ini mempunyai ukuran file cukup kecil sehingga mampu mengoptimalkan jelajah web secara lebih ringan serta memiliki akselerasi lebih cepat.

Aplikasi satu ini mempunyai beberapa proteksi yang dapat Anda nikmati seperti halnya sistem warning apabila Anda memasuki situs yang berunsur penipuan.

Adanya proteksi dari malware juga diterapkan pada aplikasi ini. Selain itu, terdapat pula fasilitas scan file unduhan untuk mengamankan perangkat yang Anda gunakan.

Safari

Safari merupakan salah satu aplikasi browser terbaik yang banyak digunakan oleh Mac serta perangkat iOS. Browser satu ini hadir dengan memberikan berbagai macam kelebihan.

Saat pengguna klik shortcut pada layar iPhone, maka secara otomatis akan membuka aplikasi ini. Fitur yang tersemat di dalamnya juga tidak kalah canggih apabila kita bandingkan dengan browser lain.

Baca juga: Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark dengan Bantuan Aplikasi

Dalam aplikasi ini terdapat fitur Private Browsing, Add Page to Favorite, serta Save Artikel. Dengan demikian, nantinya artikel tersebut dapat Anda baca secara offline.

Melalui browser satu ini, dapat menjadikan page hasil bookmark sebagai ikon pada menu iPhone sama halnya dalam penggunaan keseluruhan navigasi.

Dengan menggunakan browser Safari, maka pengguna dapat secara mudah dalam menyimpan file jenis gambar dengan klik opsi Menu Save Image.

UC Browser

Salah satu aplikasi browser terbaik ini memiliki kecepatan download cukup mumpuni. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna smartphone Android maupun iOS.

Pasalnya, UC Browser merupakan salah satu browser terbaik serta tercepat yang hadir dengan beragam fitur andalan di dalamnya. Selain untuk perangkat mobile, UC browser juga tersedia pada perangkat PC atau laptop.

Meskipun tidak sepopuler Mozilla Firefox atau Google Chrome, akan tetapi browser satu ini cukup banyak terinstal pada perangkat PC. Di dalamnya terdapat berbagai fitur menarik, mulai dari Data Compression, Fast Download, Cloud Sync, dan lain sebagainya.

Microsoft Edge

Microsoft Edge memang dapat terbilang sebagai entri baru dalam daftar aplikasi browser terbaik. Akan tetapi dengan melihat perkembangan dari aplikasi ini, maka nama-nama aplikasi yang cukup populer lainnya perlu berbenah. Mulai dari Mozilla dan Chrome agar para penggunanya tidak berpindah ke Microsoft Edge.

Pasalnya, pada browser satu ini memberikan akses cepat ke fitur penjelajahan yang seringkali para pengguna perlukan. Selain itu, pada aplikasi ini, halaman tab baru juga dapat pengguna sesuaikan dengan keinginan.

Baca juga: Cara Download Instastory Instagram di HP Mudah dan Tanpa Aplikasi

Bahkan para pengguna juga dapat mengumpulkan hadiah saat menggunakan mesin pencari Bing. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penting di luar sinkronisasi.

Seperti integrasi dengan alat manajemen Microsoft dan masih banyak lagi. Karena kemudahan integrasi melalui Microsoft Edge, menjadikannya salah satu browser yang cukup populer dalam beberapa waktu terakhir.

Dolphin Browser

Salah satu aplikasi terbaik dan populer lainnya adalah Dolphin Browser. Dalam aplikasi ini terdapat sebuah fitur yang dapat terbilang sebagai fitur baru dan belum banyak terdapat pada aplikasi sejenis lainnya.

Fitur tersebut bernama Gesture Control. Dengan adanya fitur ini, menjadikan aplikasi Dolphine sebagai salah satu aplikasi yang cukup menarik untuk Anda coba.

Meskipun layanan ini tidak secepat browser lainnya, akan tetapi Dolphine mempunyai beragam fitur lain yang tidak kalah menarik.

Beberapa fitur unggulan yang tersemat dalam aplikasi browser satu ini adalah Add-ons, Themes, Voice Recognition, serta fitur berbagi data antara Android dan PC.

Puffin Browser

Bagi Anda yang memiliki ponsel dengan spesifikasi rendah, maka Puffin Browser dapat menjadi pilihan terbaik. Selain cukup ringan untuk Anda gunakan, terdapat beberapa test benchmark yang menunjukkan bahwa Puffin memiliki loading yang cukup cepat apabila kita bandingkan dengan browser lain.

Pada saat pengujian benchmark yang menggunakan insSider, menyatakan bahwa Puffin lebih unggul dari aplikasi Google Chrome. Puffin Browser memperoleh skor lebih rendah yang berarti lebih cepat serta mempunyai performa lebih baik.

Baca juga: Aplikasi Kamera Lomo Mampu Menghadirkan Gambar yang Berkualitas

Pada posisi kedua ada aplikasi UC Browser, selanjutnya Firefox dan Dolphin. Dari sini, Anda bisa tentukan mana pilihan aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Manfaatkan aplikasi terbaik guna mempermudah aktivitas berselancar internet.

Aplikasi Browser Terbaik Vivaldi

Ingin merasakan pengalaman browsing terbaik serta lebih cepat, maka tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi Vivaldi. Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh mantan CEO Opera Software yakni Jon Stephenson pada tahun 2016 lalu.

Di dalam aplikasi browser ini terdapat beberapa fitur yang dapat Anda nikmati. Mulai dari Ad Blocker, browsing secara privat, pemblokir tracker, dan masih banyak lagi.

Selain itu, melalui aplikasi browser terbaik satu ini, Anda dapat mengambil screenshot satu halaman penuh dari atas hingga bagian bawah yang tersembunyi. Bisa juga hanya yang akan Anda tampilkan saja. Memanfaatkan browser yang satu ini jelas memberikan keuntungan tersendiri. (R10/HR-Online)

- Advertisment -