Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita JabarAplikasi Jaramba Diluncurkan, Angkutan Umum di Jabar Berbasis Digital

Aplikasi Jaramba Diluncurkan, Angkutan Umum di Jabar Berbasis Digital

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Angkutan umum di Jawa Barat kini sudah berbasis digital. Gubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi Jaramba. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat pengguna angkutan umum.

Jaramba merupakan platform berbasis website dengan mengintegrasikan konektivitas antarmoda. Aplikasi ini punya fitur petunjuk informasi real time dan cashless (tidak menggunakan uang tunai).

Saat ini baru angkutan kota dan Bus Damri wilayah Bandung Raya yang mendukung aplikasi tersebut.

“Menggunakan aplikasi Jaramba, warga dapat mengetahui rute angkutan ke mana sebelum pergi. Atau mengetahui hanya naik satu angkot atau harus berganti,” ujar Ridwan Kamil, Jumat (7/1/2022).

Warga dapat memiliki banyak kemudahan menggunakan aplikasi ini. Seperti mengetahui angkutan terdekat, memilih moda transportasi, jarak, waktu tempuh dan rute perjalanannya.

“Ketika menunggu, aplikasi ini dapat menunjukan titik angkutan sudah sampai mana. Jadi tidak menunggu lama seperti cara manual,” katanya.

Secara bertahap aplikasi Jaramba ini tak hanya melayani untuk rute dalam kota. Ke depan akan melayani antarkota dan provinsi. Ridwan Kamil menginginkan digitalisasi transportasi umum ini meluas di wilayah Jabar.

“Hanya masalah waktu, baik antarkota maupun antarprovinsi semua urusan transportasi umum akan memakai aplikasi mulai dari level kota,” ucapnya.

Menurut Ridwan Kamil, perkembangan zaman ini memaksa harus mengganti kebiasaan konvensional menjadi berbasis aplikasi. Tidak hanya jual-beli atau e-commerce, layanan transportasi juga harus menggunakan aplikasi online seperti Jaramba ini. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -