Selasa, Mei 17, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Pengolah Kata Paling Direkomendasikan, Berikut Daftarnya!

Aplikasi Pengolah Kata Paling Direkomendasikan, Berikut Daftarnya!

Aplikasi pengolah kata memiliki manfaat dalam pembuatan dokumen, menyunting atau menata format dari dokumen tersebut. Aplikasi ini juga dikenal dengan istilah word processing atau dalam bahasa Indonesia artinya pengolah kata.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut tentu akan mempermudah pekerjaan Anda. Terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai sekretaris, guru, content writer ataupun seorang dosen.

Baca juga: Aplikasi Arsip Digital Terbaik, Manajemen Lebih Efektif dan Mudah

Jika pada awalnya untuk membuat suatu dokumen kita harus melakukannya secara manual yakni dengan menggunakan mesin ketik. Meskipun hasil yang akan kita peroleh akan terlihat rapi dan resmi, akan tetapi cara manual ini masih banyak memiliki kekurangan di dalamnya.

Salah satunya adalah tulisan yang kita buat dengan menggunakan mesin ketik tidak dapat kita perbaharui apabila terdapat kesalahan. Dengan kata lain, alat manual ini tidak dapat kita gunakan untuk penyuntingan maupun pemformatan bentuk dokumen.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, saat ini banyak sekali aplikasi yang dikembangkan untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan tugasnya. Terutama, saat ini hampir seluruh bidang kehidupan manusia memerlukan adanya aplikasi untuk mengolah kata dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Daftar Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

Hadirnya aplikasi saat ini sangat memudahkan dalam proses pengolahan kata. Mulai dari menyusun, mengelompokkan, mengedit, serta membuat variasi dan lainnya sebagainya.

Banyak pekerjaan yang mengandalkan aplikasi ini. Untuk pekerjaan yang berhubungan dengan menulis dengan komputer, maka kehadiran aplikasi ini tentu sangat diperlukan.

Baca juga: Aplikasi Pengolah Angka dengan Berbagai Karakteristik, Ini Pilihannya!

Pekerjaan menyusun laporan, pembuatan laporan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengolah kata serta menyusun kalimat akan terselesaikan dengan mudah berkat bantuan dari aplikasi pengolah kata ini.

Berikut ini daftar aplikasi yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata terbaik yang pastinya semua pengguna PC telah memahaminya. Maka tidak heran jika Microsoft Word cukup populer di kalangan pengguna, bahkan menjadi satu bagian dari Microsoft Office.

Untuk menunjang kinerjanya, terdapat berbagai fitur menarik di dalamnya. Bahkan dalam perkembangannya, Microsoft Word telah menambahkan database serta tool terbaru.

Hal ini bertujuan supaya para penggunanya dapat lebih mudah dalam mengoperasikan aplikasi ini. Di dalam aplikasi ini juga tersedia fasilitas yang cukup lengkap untuk pekerjaan ringan hingga pekerjaan yang sulit sekalipun.

Lotus Word

Aplikasi pengolah kata selanjutnya adalah Lotus Word. Mungkin untuk sebagian orang sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. Pasalnya, Lotus Word hampir sama dengan Microsoft Word yang mana di dalamnya terdapat berbagai fitur yang tidak jauh berbeda.

Dalam aplikasi ini menawarkan penyimpanan yang cukup beragam. Selain itu, para pengguna juga akan menemukan beberapa fitur unik dalam aplikasi.

Seperti, pengguna dapat mendengarkan file dokumen dengan menggunakan Voice Gold Information. Selain itu, para pengguna dapat memiliki kesempatan untuk mengatur serta mengubah menu sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

WordPerfect

Selain Microsoft yang telah berhasil merilis aplikasi untuk mengolah kata. Akan tetapi developer Corel juga telah berhasil melakukan hal yang sama yakni dengan memperkenalkan aplikasi yang bernama WordPerfect.

Sesuai dengan informasi beberapa sumber, aplikasi ini pada awalnya hanya berperan untuk perangkat komputer. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi. Aplikasi yang satu ini pun terus mengalami transformasi.

Dengan demikian, WordPerfect pun dapat berperan pada berbagai sistem operasi. Seperti Windows, Linux, MacOS. Maka, para pengguna pun dapat menggunakan aplikasi ini dalam berbagai perangkat.

WPS Office

Pilihan aplikasi pengolah kata terbaik selanjutnya adalah WPS Office. Sebenarnya aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang terdapat pada perangkat Android. Maka, Anda sebagai pengguna Android tentunya sudah paham dengan aplikasi WPS Office ini. Sebelumnya memiliki nama Kingsoft Office, aplikasi ini adalah akronim dari Writer, Presentation dan Spreadsheets (WPS).

Sebagai salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan, WPS Office memudahkan para penggunanya untuk membuka dokumen dari berbagai sumber lokal serta mengakses file yang tersimpan pada storage pengguna. Mengenai keamanannya, dalam aplikasi ini tersedia pemberian password untuk berbagai jenis file yang perlu Anda amankan.

Abiword

Dalam penggunaannya, Abiword termasuk dalam aplikasi pengolah kata yang masih jarang kita temui. Padahal, dalam aplikasi ini menawarkan berbagai fitur serta fungsi yang pada umumnya tidak kalah dengan aplikasi sejenis lainnya.

Selain itu, Abiword juga dapat Anda gunakan pada berbagai sistem operasi. Terutama pada aktivitas mengetik, membaca, serta menyimpan dokumen ke dalam berbagai format.

Aplikasi ini pada dasarnya juga menawarkan berbagai kelebihan. Seperti ukuran yang ringan sehingga tidak akan membebani performa perangkat.

Baca juga: Aplikasi Google Stack Pemindai Dokumen Terbaru, Ini Informasinya

Dengan demikian, Abiword sangat sesuai pada perangkat kelas menengah ke bawah. Dalam aplikasi ini juga memperoleh dukungan 30 bahasa yang berbeda.

Notepad

Notepad juga masuk dalam pilihan aplikasi pengolah kata terbaik selain Microsoft Word yang sudah cukup banyak digunakan. Pasalnya, aplikasi ini telah terinstal pada saat Anda membeli perangkat PC atau laptop.

Sebab, Notepad masih produk atau keluaran perusahaan Windows. Namun aplikasi editor teks ini fiturnya sangat sederhana. Namun kelebihannya memiliki file yang sangat kecil. Sehingga Notepad banyak digunakan untuk melakukan pembuatan program serta menuliskan kode-kode program perangkat teknologi. Kemudian, Anda juga bisa melakukan perubahan pada jenis konfigurasi seperti HTML.

Ez Word

Jika selama ini Anda berpikir bahwa Microsoft Word adalah satu-satunya aplikasi atau software untuk mengolah kata, maka hal itu tidaklah benar. Karena masih ada beragam aplikasi sejenis yang juga menawarkan fitur dan hasil terbaik.

Salah satunya adalah Ez Word yang merupakan jenis program pengolahan kata khusu yang dapat Anda gunakan untuk mengolah kata grafis. Program ini pertama kali tersedia pada program Linux.

Ez Word pada awalnya merupakan bagian dari Andrew User Interface System. Aplikasi ini merupakan proyek penelitian antarmuka yang diinisiasi oleh dua pihak.

Kedua pihak tersebut adalah IBM dan Mellon University. Kerja sama tersebut akhirnya menghasilkan Ez Word menjadi sebuah software pengolah kata alternatif lainnya.

Polaris Office

Polaris merupakan salah satu aplikasi office Android yang memiliki fitur lengkap. Dalam aplikasi pengolah kata satu ini tersedia berbagai fitur yang cukup lengkap.

Fitur tersebut antara lain melihat, menampilkan, mengedit serta menyimpan berbagai tipe dokumen dimana dan kapan saja. Polaris Office cukup capable untuk semua bentuk format file seperti HWP, DOC/DOCX, XLS, hingga PDF.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang cukup sederhana sehingga membuat pengguna nya cukup mudah dan nyaman. Mengenai muatan, Anda tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini menyediakan cloud drive sendiri dengan nama Polaris Drive. Meskipun demikian, Anda masih dapat menggunakan drive lain.

StarOffice Writer

Salah satu alasan mengapa StarOffice menjadi salah satu aplikasi pengolah kata terbaik adalah dapat digunakan dalam beberapa platform. Aplikasi ini tidak hanya dapat Anda gunakan pada sistem operasi Windows, akan tetapi juga dapat Anda gunakan pada sistem operasi Solaris dan Linux.

Baca juga: Aplikasi Untuk Menulis Cerita Terbaik Jadikan Anda Penulis Beken

Apabila Anda perhatikan, StarOffice Writer tidak jauh beda dengan Ms. Word. Perbedaannya terletak pada ekstensi file. Apabila pada Ms Word mempunyai ekstensi file .docx, sedangkan pada StarOffice mempunyai ekstensi file .odt. Akan tetapi Anda masih dapat mengubah ekstensi file tersebut seperti yang terdapat pada Ms. Word.

Corel Wordperfect

Mungkin untuk sebagian besar kalangan mengenal Corel sebagai software untuk desain, gambar serta kegiatan multimedia lainnya.

Akan tetapi ternyata Corel mempunyai software untuk mengolah data yang bernama Corel Wordperfect. Dengan kata lain, Corel Wordperfect merupakan salah satu dari sekian pilihan aplikasi pengolah kata yang telah ada.

Program yang dihadirkan oleh aplikasi ini adalah dapat dijalankan dengan menggunakan operasi Windows. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa penggunaan aplikasi ini memerlukan perangkat yang cukup besar.

Docs To Go

Salah satu aplikasi pengolah kata terbaik selanjutnya adalah Doc To Go. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh para pengguna Android. Dengan mengusung fitur yang user friendly dan tampilan yang cukup sederhana, menjadikannya menjadi salah satu aplikasi pilihan terbaik untuk Anda.

Bagi Anda yang menginginkan aplikasi yang cukup ringan dengan fitur yang lengkap, Docs To Go merupakan salah satu pilihan yang terbaik.

Google Drive

Melalui Google Drive yang terdapat pada perangkat Android dapat memberikan Anda akses untuk semua file Microsoft Word, Excel serta Power Point yang tersimpan dalam drive.

Dengan hadirnya aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah akses file pada smartphone atau gadget dengan OS besutan Google tersebut. Aplikasi pengolah kata Android ini dapat dikatakan cukup ringan. Dengan menyediakan fitur sejenis spreadsheets, sehingga memudahkan pengguna dengan cepat dan ringan.

Libre Office

Merupakan paket aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF) untuk bisa berjalan pada sistem operasi Windows,Linux, serta Macintosh.

Istilah LibreOffice berasal dari gabungan kata “Libre” yang berasal dari bahasa Spanyol dan Inggris yang berarti bebas. Sedangkan “Office” dalam bahasa Inggris yang memiliki arti kantor.

Hal ini sesuai dengan asal Libre Office yang adalah turunan Open Office pada tahun 2010, Open Office menjadi aplikasi versi terbuka StarOffice.

Baca juga: Cara Membuat Grafik di Word HP Melalui Fitur Chart, Simak Tutorialnya!

Aplikasi ini termasuk dalam open source software yang dapat Anda unduh, gunakan serta distribusikan secara gratis. Format yang ada pada aplikasi pengolah kata ini berasal dari format berkas Opendocument (ODF) yang telah sesuai dengan standar ISO/IEC internasional.

Hal ini sebagai format asli agar dapat menyimpan dokumen dalam setiap aplikasinya. Libreoffice dapat Anda gunakan bersamaan dengan aplikasi perkantoran lainnya, seperti Microsoft Office.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan penyuntingan dokumen yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Office ke dalam Libreoffice melalui filter impor atau ekspor. Writer merupakan bagian dari aplikasi Libreoffice yang digunakan sebagai pengolah kata.

Kword

Merupakan aplikasi yang telah dikembangkan oleh K Desktop Environment (KDE). Kword merupakan aplikasi freeware atau tidak berbayar. Sama halnya pada aplikasi lainnya, Kword sama-sama berlisensi GPL.

Pada umumnya, program ini digunakan pada sistem operasi Linux. Akan tetapi pada dasarnya, aplikasi ini dapat Anda jalankan pada berbagai sistem operasi lainnya seperti Windows, MacOS hingga Ubuntu.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi pengolah kata lainnya, aplikasi Kword hadir dengan berbagai macam fitur yang cukup lengkap. Selain itu, tampilannya pun cukup sederhana. Sehingga memudahkan para pengguna dalam menjalankan aplikasi ini, terutama dengan adanya frame dalam setiap sisinya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -