Senin, Agustus 15, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi WhatsApp Untuk iPad Akan Rilis, Tunggu Saja!

Aplikasi WhatsApp Untuk iPad Akan Rilis, Tunggu Saja!

Aplikasi WhatsApp untuk iPad segera rilis. Tentunya akan menjadi kabar gembira bagi para pengguna tablet Apple iPad.

Melansir dari MacRumors pada Minggu (30/1/2022), kabar tersebut pertama kali terungkap oleh Bos WhatsApp, Will Cathcart.

Saat itu dalam sesi wawancara dengan The Verge beberapa hari lalu, Cathcart mengaku apabila selama ini banyak orang menginginkan aplikasi WhatsApp turut hadir untuk tablet iPad. Sehingga perusahaan tertarik untuk menghadirkan WhatsApp ke pengguna iPad.

Baca Juga: Cara Membuat Baca Selengkapnya di WhatsApp dengan Mudah

Review Aplikasi Whatsapp Untuk iPad

Bos WhatsApp, Will Cathcart kini turut menanggapi permintaan masyarakat mengenai aplikasi iPad bawaan. Cathcart mengungkapkan ketertarikan pihaknya untuk memenuhi permintaan setiap pengguna tersebut.

Mengutip The Verge, seperti halnya Instagram untuk iPad, versi WhatsApp di tablet Apple ini belum tersedia meski pengguna iPad telah lama menginginkannya.

Namun, Cathcart tidak mengungkapkan secara detail terkait kepastian waktu kehadiran aplikasi tersebut. Hingga kini memang Cathcart tidak memberitahukan tanggal rilis aplikasi tersebut.

Ia mengaku telah memiliki struktur dasar untuk membuat aplikasinya. Struktur dasar tersebut yakni fitur multi device versi Beta yang telah meluncur di Android sejak September 2021.

Fitur yang saat ini juga sedang melakukan uji coba pada iOS itu, memungkinkan penggunanya untuk mengakses akun pada 4 perangkat yang berbeda.

Komentar Cathcart indikasikan bahwa pihaknya berkesempatan untuk kembangkan aplikasi tersebut dalam waktu dekat.

WhatsApp telah kembangkan teknologi lapisan yang diperlukan agar pengguna dapat bekerja. Hal ini dengan berupaya keras untuk mengembangkan teknologi yang mendukung berbagai perangkat.

Aplikasi web dan desktop saat ini telah memilikinya. Apabila menggunakan aplikasi WhatsApp pada berbagai perangkat, maka dapat menonaktifkan ponsel atau kehilangan koneksi jaringan.

Namun kemungkinan tetap masih dapat menerima pesan pada desktop. Hadirnya aplikasi WhatsApp untuk iPad juga sangat penting. Bahkan apabila ponsel tidak aktif, dapat memanfaatkan teknologi lapisan atau underlying.

Baca Juga: Two-Step Verification WhatsApp Versi Desktop dan Web, Apa Fungsinya?

Dukungan Multi Perangkat Versi Beta

Untuk mengenkripsi pesan, pihak WhatsApp secara riwayat tidak bisa sinkronisasi chat pada lintas perangkat melalui internet.

Seperti halnya cara kerja sebagian besar aplikasi pesan yang lain. Apabila WhatsApp pada ponsel tidak memiliki akses ke internet, pengguna desktop tak akan berfungsi.

Dukungan multi perangkat versi beta memungkinkan penggunanya melakukan sinkronisasi akun WhatsApp. Bahkan hal itu dapat dilakukan hingga empat perangkat sekaligus.

Baca Juga: Aplikasi GB WhatsApp Pro Banyak Kelebihan, Begini Cara Menginstalnya!

Prosesnya melibatkan pemetaan identifikator perangkatnya ke kunci akun pada server WhatsApp melalui cara yang masih terenkripsi.

Adanya teknologi sinkronisasi tersebut, maka peluang WhatsApp untuk memunculkan aplikasi versi iPad semakin besar. Sebelumnya, WhatsApp mulai menghadirkan update versi 22.2.75 untuk seluruh pengguna iOS 15.

Tentu dengan adanya isyarat dari Cathcart ini akan menjadi pertanda baik. Aplikasi WhatsApp untuk iPad kemungkinan segera rilis dalam waktu dekat. (R10/HR-Online)