Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruArchive SMS Android, Ini Tata Cara yang Bisa Anda Lakukan!

Archive SMS Android, Ini Tata Cara yang Bisa Anda Lakukan!

Archive SMS Android penting untuk Anda ketahui. Pahami tutorial atau cara bagaimana untuk mengarsipkannya hingga mengembalikan arsip itu. Sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan istilah arsip pesan.

Bahkan aplikasi seperti WhatsApp sudah memiliki fitur bernama arsip dan tentunya cukup bermanfaat untuk para penggunanya.

Tidak hanya melalui platform itu saja, melainkan dari pesan singkat seperti SMS. Bagaimana cara untuk mengarsipkannya?

Baca Juga: Cara Mengaktifkan SMS Premium di Android, Pesan Langsung Terkirim!

Cara Mudah Archive SMS Android

Seperti yang kita ketahui, menyimpan sebuah pesan teks merupakan salah satu hal yang kadang dilakukan oleh sebagian besar orang.

Bagi sebagian orang, itu merupakan tips utama mereka agar bisa berhubungan bersama keluarga, teman, maupun orang lain.

Memang semua pesan bisa kita lupakan begitu saja dari waktu ke waktu. Bahkan bisa hilang karena kesalahan para penggunanya.

Meski demikian, saat ini ada trik mudah untuk menyimpan pesan singkat walaupun tidak semudah dalam menyimpan gambar.

Cara archive SMS Android sebenarnya cukup mudah, karena ada beberapa hal yang dapat Anda coba tanpa ribet dan waktu lama.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama SMS Backup yang bisa Anda temukan pada layanan Play Store.

Setelah berhasil mengunduh, Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut lalu lakukan log in dengan akun Gmail Anda. Selanjutnya pilihlah akun yang akan Anda sambungkan. Jika sudah, pilih Connect.

Baca Juga: Transfer SMS ke HP Baru Mudah, Berikut Rincian Tutorial Lengkapnya

Gunakan SMS Backup & Restore

Cara archive SMS Android, Anda bisa mengunduh aplikasi bernama SMS Backup & Restore melalui layanan PlayStore.

Setelah berhasil terpasang, buka saja aplikasi tersebut. Kemudian pilih opsi Get Started dan pilih Set up a Backup.

Pada halaman selanjutnya, nanti Anda bisa melihat sejumlah pesan SMS maupun riwayat telepon yang ada pada HP. Kemudian Anda dapat memilihnya untuk backup SMS maupun riwayat telepon yang telah ada.

Lalu pilihlah tempat file backup akan tersimpan dan Anda dapat menyimpannya pada Google Drive maupun di penyimpanan internal HP. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih opsi Next untuk ke menu berikutnya.

Pilihlah frekuensi waktu guna mencadangkan pesan SMS Anda, mulai dari per jam, harian, maupun mingguan. Setelah semuanya selesai, tinggal klik Back Up Now sebagai pencadangan pesan.

Cara Arsip Pesan

Cara archive SMS Android untuk langkah selanjutnya adalah dengan menginstal terlebih dahulu aplikasi ke HP sampai selesai. Selain itu, Anda juga harus membawa aplikasi tersebut ke bagian menu utama.

Selanjutnya tinggal tekan saja Backup untuk bisa memulai pembuatan cadangan pesan singkat Anda. Dari sini, Anda bisa menentukan informasi apa saja yang akan Anda simpan. Mulai dari percakapan teks.

Baca Juga: Cara Blokir SMS Spam, Penipuan, Iklan, dan Undian Berhadiah di Android

Sementara itu, pilihan untuk bisa menyimpan langsung teks ke telepon juga dapat menggunakan Dropbox, Google Drive, dan inbox Email.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menyimpan sejumlah emoji pada teks tersebut dan nama file backup yang Anda inginkan.

Namun apabila Anda tak ingin menggunakan cara manual untuk menyimpan pesan singkat, maka bisa mengatur jadwal guna pembuatan cadangan.

Sehingga Anda bisa melakukannya dengan menggunakan menu pengaturan pada aplikasi. Lalu pilih ikon titik tiga pada bagian kanan atas.

Bagaimana Cara Mengembalikannya?

Untuk mengembalikan archive SMS Android apakah ada caranya? Tentunya ada. Jadi setelah tersimpan, Anda bisa kembali lagi membukanya.

Caranya cukup mudah, pertama-tama Anda bisa melihat pesan yang tersimpan dengan pergi ke bagian menu utama.

Selanjutnya tinggal klik View Backup dan Anda bisa mengaksesnya menjadi ke dalam format XML. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengubah folder lokal. Lalu simpan ke pengaturan aplikasi.

Selanjutnya apabila ingin menggantinya ke HP baru, Anda bisa menggunakan SMS Backup & Restore sebagai transfer teks. Caranya seperti yang sudah kita bahas sebelumnya tadi.

Adanya archive SMS Android akan membuat penggunanya tidak kehilangan pesan-pesan yang sudah lama. Dengan mengetahui tips seperti ini, mulai dari sekarang Anda sudah bisa melakukannya secara mudah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -