Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruAsus TUF Gaming VG259QR Fitur Lengkap, Game Jadi Mulus dan Lancar

Asus TUF Gaming VG259QR Fitur Lengkap, Game Jadi Mulus dan Lancar

Asus TUF Gaming VG259QR hadir sebagai pilihan perangkat gaming yang cukup menarik dengan harga terjangkau.

Perangkat ini mengusung monitor berukuran 2,5 inch yang menawarkan berbagai pilihan fitur menarik.

Salah satunya adalah mampu meningkatkan pengalaman dalam bermain game serta memanjakan para gamer yang sering bermain secara kompetitif.

Laptop terbaru Asus ini hadir dengan menawarkan kombinasi yang sangat luar biasa. Kombinasi tersebut terdiri dari resolusi 1080p, NVIDIA G-Sync, serta refresh rate 165Hz untuk memberikan pengalaman visual mulus.

Review Asus TUF Gaming VG259QR

Laptop gaming VG259QR tampil dengan desain yang cukup sederhana dan elegan. Meskipun demikian, aksen gaming dalam perangkat ini nampak jelas pada bagian penopang maupun belakangnya.

Secara keseluruhan, monitor dari laptop mengusung warna hitam dengan sentuhan warna merah serta abu. Perpaduan warna tersebut telah menjadi ciri khas tersendiri pada lini gaming dari Asus.

Terdapat pula corak garis yang sering terlihat pada lini TUF gaming lainnya. Corak garis Asus TUF Gaming VG259QR nampak pada bagian alas, penopang, hingga bagian belakang monitor ini.

Baca Juga: Infinix INBOOK X2 Akan Rilis di Tanah Air, Desain Tipis dan Ramping

Hal ini tentunya dapat memberikan kesan gaming semakin terasa pada saat melihat monitor ini pertama kali.

Meskipun nampak lebih kalem karena baru, akan tetapi akan terlihat pada saat pengguna teliti secara lebih seksama.

Tampilan Asus TUF Gaming VG259QR

Perangkat ini hadir dengan ukuran layar 24,5 inci dan bobot yang terbilang cukup berat yakni mencapai 5,1 kg secara keseluruhan bersama penopangnya.

Sementara itu, untuk dimensinya mencapai 56,3 x 35,6-48,7 x 21,1 cm. Ukuran ini memang memakan tempat di meja, terutama dengan penggunaan dasar penopang yang juga tidak kecil tentunya.

Dengan ukuran monitor besar, maka tidak heran penopang yang digunakan harus kuat dan kokoh.

Di sisi lain monitor Asus TUF Gaming VG259QR terbilang ergonomis karena dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Monitor tersebut dapat Anda putar, miringkan, condongkan, hingga atur ketinggiannya sehingga penggunaan pun akan lebih fleksibel.

Pada sisi belakangnya terdapat dua buah port HDMI 1.4, sebuah port DisplayPort 1.2, serta 3,5mm audio jack.

Selain memiliki port audio jack, perangkat ini juga memiliki speaker bawaan dengan kualitas mencukupi. Akan tetapi, memang lebih baik menggunakan speaker eksternal.

Baca Juga: Lenovo Thinkpad Z13 Diluncurkan dengan CPU AMD Ryzen Terbaru

Sementara itu, terdapat pula empat tombol dan analog untuk navigasi menu pengaturan. Secara keseluruhan monitor pada lini gaming Asus terbaru ini memang memiliki ukuran bodi yang cukup besar.

Namun sangat fungsional untuk digunakan pada era masa kini. Layar perangkat ini hadir dengan memadukan desain bingkai bezel yang masih relatif tipis dan modern.

Fitur dan Spesifikasi

Asus TUF Gaming VG259QR hadir dengan mengusung fitur yang lengkap. Kelengkapan fitur ini mampu memberikan pengalaman bermain game lebih nyaman.

Sebagai kelengkapan bentang layar 24,5 inci terdapat panel IPS dengan resolusi 1920 x 1080 piksel yang dilapisi anti glare. Layar ini memiliki dukungan rasio kontras 1000:1 serta tingkat kecerahan mencapai 300 nits.

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari Asus TUF Gaming VG259QR adalah monitor yang mampu mendukung refresh rate hingga 165Hz. Hal ini tentunya dapat menampilkan gerakan animasi secara lebih halus.

Asus menyematkan teknologi Extreme Low Motion Blur (ELMB) sebagai dukungan refresh rate yang tinggi.

Teknologi ini mampu memberikan waktu respon hanya dalam 1ms saja. Dengan demikian, gambar dapat terlihat jelas meskipun saat bergerak cepat sekalipun.

TUF Gaming VG259QR memperoleh dukungan NVIDIA G-Sync dengan Variable Refresh Rate (VRR).

Ini bermanfaat untuk mengeliminasi gambar terpotong (screen tearing) yang mengganggu. Gambar ini sering muncul pada saat monitor dan GPU tidak saling sinkron.

Baca Juga: Asus ROG Zephyrus Duo 16 Hadir dengan Layar Ganda Resolusi Tinggi

Selain itu, pengalaman bermain akan lebih mulus ketika menggunakan fitur ini. Perbedaannya nampak terlihat jelas pada saat menggerakkan kursor ketika menavigasikan Windows.

Dalam perangkat ini juga tersemat fitur gaming lain seperti Shadow Boost, Game Visual, dan GamePlus untuk memberikan pengalaman game yang lebih menarik.

Kehalusan gambar dan responsivitas dari Asus TUF Gaming VG259QR tentu menjadi nilai jual utama dari monitor gaming ini. Asus dengan cermat berhasil menghadirkan keseimbangan yang harmonis pada laptop gaming terbaru ini bersama fitur-fitur di dalamnya. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -