Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruAttack On Titan S4 Part 2 Episode 4, Ingatan Grisha Jaeger

Attack On Titan S4 Part 2 Episode 4, Ingatan Grisha Jaeger

Attack On Titan Season 4 (S4) Part 2 Episode 4 baru saja rilis di Indonesia hari ini, Senin (31/1/2022). Cerita dalam anime Attack On Titan terbaru ini seputar kelanjutan pertemuan Eren dan Zeke Jaeger di dunia Path.

Pada episode 3, Zeke ingin menyelamatkan Eren dengan menunjukkan sesuatu kepada adiknya tersebut. Ia pun membenturkan kepalanya dengan Eren agar bisa terhubung.

Sinopsis Attack On Titan S4 Part 2 Episode 4

Setelah menabrakkan kepalanya, Zeke dan Eren memasuki ingatan ayah mereka berdua yaitu Grisha Jaeger. Di sana terlihat saat Grisha sudah memasuki pulau Paradise.

Saat itu Grisha sudah menikah dengan orang Eldia lainnya yaitu Carla dan sudah memiliki anak bernama Eren.

Baca Juga: Karakter Anime Lain yang Bisa Kalahkan Founding Titan Eren AOT

Zeke yang melihatnya terlihat cukup iri dengan perlakuan Grisha kepada Eren kecil, karena sangat berbeda dengan perlakuan Grisha paa Zeke. Kemudian tiba-tiba Grisha justru seolah melihat Zeke ada di depan matanya.

Ingatan selanjutnya saat Eren berusia 9 tahun. Zeke menyadari, Grisha tidak mencuci otak Eren. Zeke pun menanyakan kenapa Eren mengkhianatinya padahal tidak ada stigma apapun dari Grisha.

Eren menjawab bahwa dia akan selalu menjadi diri sendiri dan merupakan orang bebas. Daripada ia kehilangan kebebasan, lebih baik merenggutnya dari orang lain bahkan sejak lahir.

Eren pun mengatakan, ia bukanlah seorang adik yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi luka dengan Zeke. Eren adalah orang yang terperangkap dengan kematian ayahnya.

Scene Attack On Titan S4 Part 2 Episode 4 pun terus berlanjut pada adegan Grisha memeriksa anak-anak karena profesinya adalah dokter.

Kemudian Zeke melihat surat wasiat yang ditulis oleh Grisha yang menyatakan umat manusia belum musnah dan masih banyak di luar tembok. Grisha pun seolah melihat Zeke dari masa depan meskipun terlihat samar-samar.

Kebebasan Eren

Scene selanjutnya pun diperlihatkan saat episode pertama Attack on Titan Season 1, Mikasa melaporkan Eren kecil ingin masuk pasukan pengintai kepada orang tuanya.

Ibunya langsung memarahi Eren, sementara Grisha menanyakan alasan apa yang membuat Eren rela bertaruh nyawa di garis depan militer.

Jawaban Eren kecil adalah ingin tahu seperti apa dunia luar dan tidak mau menghabiskan waktu di dalam tembok dan tidak mengerti apa-apa.

Grisha pun mengatakan kalau rasa penasaran manusia tidak bisa dicegah. Kemudian muncul juga di mana Grisha menunjukkan kunci rahasia kepada Eren.

Rupanya saat itu Grisha berhasil menemukan keluarga kerajaan dan mengatakan Ia adalah bangsa Eldia dari luar tembok. Ia meminta kepada keluarga kerajaan tersebut agar menyelamatkan pulau Paradise.

Dalam Attack On Titan S4 Part 2 Episode 4 Grisha sudah mengetahui kedatangan Titan yang menghancurkan tembok. Namun saat itu keluarga kerajaan adalah Frieda menolak dan lebih memilih membiarkan rakyat Eldia dimakan Titan.

Zeke terlihat setuju dengan pendapat Frieda, namun tatapan Eren sangat berbeda dan terlihat kebencian yang sangat luar biasa.

Baca Juga: Yelena di Attack On Titan, Orang Marley Tapi Dukung Jaegerist?

Keluarga kerajaan lebih memilih banyak orang Eldia yang mati daripada ada manusia yang tewas di luar tembok karena tak mau dunia luar marah. Eren di sana terlihat sangat marah.

Attack Titan

Grisha sebenarnya menjelaskan Attack Titan memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. Kenyataan tersebut juga tak diketahui oleh kerajaan.

Selanjutnya dalam Attack On Titan S4 Part 2 Episode 4, Grisha mengatakan akan menggunakan kekuatan Attack Titan namun saat akan menggunakanya, ia berhenti. Lantaran dirinya melihat ada anak kecil, Ia tak tega untuk membunuhnya.

Saat itu Eren besar terlihat memprovokasi Grisha yang tidak jadi memakan keluarga kerajaan.

Namun, akhirnya Grisha pun berubah jadi Titan dan memakan semua keluarga kerajaan kecuali satu orang yaitu Rod Reiss yang selanjutnya adalah ayah dari Historia.

Setelah itu Grisha pun keluar dari tempat persembunyian keluarga kerajaan dan terlihat sekilas ada scene seperti Eren mencium tangan seorang gadis.

Kemungkinan tangan itu adalah Ymir yang mulai luluh dengan Eren dan akan memberikan kekuatan Founding Titan padanya.

Baca Juga: Pengkhianatan Terbesar di Attack On Titan yang Gak Disangka

Scene akhir menunjukkan Grisha mampu melihat Zeke dari masa depan. Grisha memeluk Zeke dan mengatakan kepada Zeke untuk menghentikan Eren.

Scene akhir pun menunjukkan ada aura gelap dalam diri Eren seolah hal yang buruk akan segera terjadi.

Itulah sinopsis Attack On Titan S4 Part 2 Episode 4 yang menunjukkan semua kebenaran dari ayah Eren. Kita nantikan saja kelanjutannya, apakah Ymir akan membelot dari Zeke kepada Eren? (R7/HR-Online/Editor-Ndu)