Senin, Januari 24, 2022
BerandaOtomotifMotorBagian Speedometer Motor yang Sangat Penting dan Harus dijaga

Bagian Speedometer Motor yang Sangat Penting dan Harus dijaga

Bagian speedometer motor memang sangat penting, karena keberadaannya kita tahu berapa kecepatan yang akan kita tempuh. Semua jenis kendaraan sudah pasti akan memilikinya, karena memudahkan para pengguna untuk tahu kecepatan laju mereka.

Sementara itu speedometer sendiri ada dua macam yaitu speedometer analog dan speedometer digital. Sedangkan salah satu fungsinya adalah untuk menunjukkan berapa besar kecepatan putar pada benda yang bergerak secara rotasi.

Baca Juga: Cara Membersihkan Speedometer Motor yang Buram dan Retak, Dijamin Berhasil!

Bagian Speedometer Motor yang Vital dan Harus Selalu Mendapat Perawatan

Seperti tadi bahwa speedometer adalah komponen yang sangat penting karena mempunyai fungsi vital untuk performa motor. Sementara itu di dalam speedometer sendiri akan ada beberapa indikator atau instrumen yang menunjukkan banyak komponen.

Karena minimnya perawatan serta usia pakai kendaraan, maka bisa menyebabkan speedometer menjadi mati. Sedangkan matinya speedometer juga bisa dikarenakan oleh banyak faktor dan ini harus segera kita perbaiki.

Tidak hanya itu saja, jika sering terkena air bisa menyebabkan kabel berkarat hingga putus. Akibatnya speedometer menjadi tidak berfungsi lagi. Air hujan juga bisa menjadi salah satu faktor speedometer mati karena masuknya air ke dalam komponen tersebut.

Sehingga saat mencuci maupun ketika menggunakannya harus lebih berhati-hati lagi agar air tidak masuk ke dalam speedometer. Hal ini bertujuan agar penggunaan speedometer bisa lebih wet.

Namun sebelumnya Anda melakukan pengecekan dulu pada beberapa komponen yang berhubungan langsung dengan speedometer. Karena memang harga speedometer sendiri terbilang cukup mahal.

Dudukan, Sistem Kabel dan Roda Penggerak

Bagian speedometer motor yang bernama dudukan ini memang sangat penting sebab mempunyai fungsi utama yaitu untuk tempat menempelnya speedometer itu sendiri. Sedangkan bagian kedua adalah sistem kabel yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik.

Sementara itu bagian berikutnya dan yang tergolong cukup penting keberadaannya yaitu roda penggerak speedometer. Jadi bagian roda penggerak ini berguna untuk menggerakan jarum angka yang terdapat dalam speedometer.

Jika roda ini sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka hal ini menunjukkan bahwa speedometer Anda sudah tidak berfungsi lagi. Hal ini karena jarum penunjuk angkanya sudah tidak bisa bergerak.

Baca Juga: Speedometer Sepeda Motor Macet, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Jarum Angka dan Cover

Bagian speedometer motor berupa jarum dan angka ini sangat berguna sebagai indikator dan menjadi patokan saat Anda mengendarai kendaraan. Jadi Anda bisa dengan mudahnya menentukan berapa kecepatan selama mengendarai motor tersebut.

Tidak hanya itu saja bagian berupa angka maupun jarum ini juga berguna sebagai indikator yang akan menunjukkan berapa jumlah bahan bakar tersisa. Selanjutnya ada bagian kaca cover atau kaca speedometer.

Jadi kaca ini berguna sebagai bentuk komponen yang mampu melindungi speedometer Anda dari air, kotoran maupun debu. Sebab jika benda-benda itu masuk, maka bisa menyebabkan kerusakan pada bagian speedometer motor Anda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -