Jumat, Januari 21, 2022
BerandaBerita TerbaruBahaya Memiliki Perut Buncit, Hati-hati 6 Penyakit Ini Mengintai

Bahaya Memiliki Perut Buncit, Hati-hati 6 Penyakit Ini Mengintai

Bahaya memiliki perut buncit karena ada sejumlah penyakit mengintai di balik lemak yang menumpuk dalam perut. Bahkan, jenis penyakit yang muncul bisa sampai menyebabkan kematian.

Merangkum dari berbagai sumber, selain berbahaya bagi kesehatan, memiliki perut yang buncit juga bisa mengganggu aktivitas.

Lalu, penyakit apa saja yang mengintai kesehatan mereka yang memiliki perut buncit? Langsung simak saja penjelasan berikut ini!

Waspadai Bahaya Memiliki Perut Buncit

Rentan Penyakit Diabetes

Lemak menjadi pemicu utama bagi penyakit diabetes. Berat badan yang berlebihan atau obesitas bisa membuat kamu 90 kali lebih rentan terkena penyakit tersebut.

Hal ini bukan hanya sekedar kelebihan bobot tubuh. Namun, lemak yang menumpuk pada perut berkontribusi terhadap risiko diabetes. Sebab akan memengaruhi cara bekerja organ-organ yang ada dalam tubuh kita.

Baca Juga : Penyebab Lain Perut Buncit pada Wanita, Bukan Akibat Makanan Saja

Penelitian sudah menunjukkan bahwa orang yang memiliki kelebihan lemak pada perutnya akan kehilangan kepekaannya terhadap insulin.

Sebagai informasi, insulin ini adalah hormon yang berfungsi mengatur tingkat kadar gula darah dalam tubuh manusia. Ketika tubuh tidak mampu lagi meresponnya, maka gula akan merusak sistem tubuh kita.

Saat kadar gula dalam tubuh terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktunya, itu berarti kita tengah mengembangkan diabetes.

Penyakit Jantung

Bahaya memiliki perut buncit karena resiko terkena penyakit jantung semakin rentan. Baik itu pria maupun wanita. Risiko tersebut paling serius mengintai mereka yang memiliki perut buncit.

Para peneliti di Harvard mengatakan, tingginya lemak pada perut sangat berbahaya lantaran sel-sel lemak tersebut akan memompa sitokin masuk ke dalam tubuh.

Sitokin merupakan zat kimia yang dapat memengaruhi kemampuan sel tubuh guna mengatur insulin serta tekanan darah.

Baca Juga : Perut Buncit Akibat Kelebihan Lemak? Mulai Sekarang Buang Kebiasaan Ini!

Saat tubuh tidak dapat lagi mengatur fungsi organ, maka jantung akan menjadi sasarannya, dan sitokin ini berkaitan dengan jenis penyakit jantung.

Rentan Terkena Penyakit Kanker

Bahaya memiliki perut buncit menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), karena sepertiga kasus ginjal, kanker usus besar, serta saluran pencernaan bisa berkaitan dengan masalah tersebut.

Angka tersebut sangat besar, karena lemak pada perut bisa membuat masalah jadi semakin buruk. Seperti kita ketahui bahwa adanya mutasi dalam sel tubuh menjadi penyebab munculnya penyakit kanker.

Saat tubuh kita kelebihan lemak, maka hal itu menandakan kalau tubuh bakal menghasilkan hormon. Nantinya hormon ini akan menyebabkan sel-sel terbelah lalu berkembang biak.

Dengan semakin banyaknya sel tubuh yang membelah, maka semakin banyak pula kesempatan mereka untuk bermutasi serta menjadikannya sel kanker.

Baca Juga : Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit Secara Cepat

Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan serius pada tidur, yang mana pernapasan kerap berhenti selama kita tidur.

Hal itu mengakibatkan organ tubuh, khususnya otak, kemungkinan tidak mendapatkan cukup oksigen, dan kualitas tidur pun menjadi buruk. Kondisi ini bisa membuat pasien merasakan lelah pada keesokan harinya.

Dalam kasus sleep apnea, bahaya memiliki perut buncit karena resikonya lebih rentan mengalami masalah tersebut. Sebab, sleep apnea akan membuat napas kamu benar-benar berhenti selama beberapa detik.

Nyeri Pinggang

Mereka yang memiliki perut buncit biasanya punya otot perut lemah. Menumpuknya lemak yang tebal pada bagian perut juga bisa menjadikan aktivitas kamu sehari-hari menjadi terganggu.

Jika bagian pinggang kamu sudah sangat sakit, bisa saja hal ini akan menyebabkan cedera parah. Sebagai kunci utamanya adalah melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -