Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita PangandaranBegini Cara Siswa SMK Ma'arif NU Pangandaran Bantu Program PEN

Begini Cara Siswa SMK Ma’arif NU Pangandaran Bantu Program PEN

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Siswa SMK Ma’arif NU Pangandaran, Jawa Barat, membagikan bibit tanaman sayuran kepada masyarakat Desa Sidomulyo yang ada sekitar lingkungan sekolah. Hal itu sebagai upaya pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Pemberian bibit tanaman sayuran dilakukan para siswa sekolah tersebut dalam rangka membantu program pemerintah terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19,

Salah seorang siswa SMK Ma’arif NU Pangandaran, Dewi mengatakan, kegiatan siswa-siswi ini untuk memotivasi masyarakat agar mampu memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanami pohon sayur-mayur seperti cabe rawit, tomat, terong dan lainnya.

“Kami melihat masih banyak pekarangan rumah warga yang luas tapi mereka tidak memanfaatkannya. Maka kami punya inisiatif melakukan gerakan ini,” katanya kepada HR Online, Jumat (28/01/2022).

Menurut Dewi, dengan memanfaatkan pekarangan rumah, minimalnya keluarga tersebut tidak perlu harus belanja ke warung untuk kebutuhan makan. Cukup dengan memanfaatkan bahan yang ada.

Baca Juga : SMK Ma’arif NU Ciamis Buka Kelas Khusus Sepak bola

“Otomatis kalau keluarga tersebut tidak belanja ke warung, keuangannya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain atau ditabung. Tapi tetap kebutuhan makan sehari-harinya bisa terpenuhi,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan tersebut masyarakat mampu bertahan, walaupun situasi pandemi dan himpitan ekonomi banyak masyarakat rasakan.

“Kami berharap agar masyarakat dapat merawat dan termotivasi dengan gerakan ini. Insya Allah kedepan kita akan melakukan gerakan ini lebih luas lagi,” ucap Dewi.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sidomulyo, Arief Rahman Hakim mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif para siswa SMK Ma’arif NU Pangandaran. Karena memang saat ini masyarakat sangat terdampak.

“Kami mengapresiasi, semoga langkah inovasi dan kegiatan siswa-siswi ini dapat masyarakat rasakan manfaatnya. Kami support semoga kedepan bisa lebih luas lagi gerakan pemanfaatan pekarangan rumah ini,” singkatnya. (Madlani/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -