Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruBintang Tercantik di Alam Semesta Dengan Cahaya Paling Terang

Bintang Tercantik di Alam Semesta Dengan Cahaya Paling Terang

Bintang tercantik di alam semesta adalah yang memiliki cahaya paling terang. Mereka menghiasi langit malam dengan kerlipnya.

Tidak semua benda langit memancarkan cahayanya sendiri. Bintang adalah salah satu yang bisa melakukan hal itu.

Cahaya pada bintang terjadi akibat dari reaksi fusi nuklir di dalamnya. Cahaya yang mereka keluarkan juga berbeda-beda.

Mengenal Bintang Tercantik di Alam Semesta

Ada berbagai jenis bintang di alam semesta ini. Matahari yang notabene pusat energi Tata Surya kita, juga termasuk ke dalam jenis bintang.

Pada dasarnya, bintang adalah benda langit yang mampu menghasilkan cahaya sendiri. Energi yang mereka hasilkan sangatlah besar.

Ada berbagai jenis bintang, mulai dari ukuran, letak, panas, dan tingkat terangnya. Matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan Bumi. Karena ukurannya yang besar juga, maka matahari menjadi sumber energi di Bumi.

Baca Juga: Pengertian Bintang Kejora, Cahaya Keperakan yang Stabil dari Venus

Tentu saja Anda pasti seringkali melihat bintang yang berkelap-kelip di langit malam. Bintang tercantik di alam semesta adalah mereka yang memiliki cahaya terang.

Sirius

Bintang Sirius juga terkenal sebagai alfa Canis Majoris. Jika Anda menemukan bintang yang paling terang di antara lainnya, maka itu adalah Sirius.

Skala magnitudo tampak Sirius mencapai -1,46. Hal itu membuat tidak ada bintang yang terlihat dari Bumi seterang Sirius.

Pada sistem bintang biner, Sirius terdiri dari tiga bintang kecil lainnya yang saling mengorbit. Sirius A adalah bintang utama dari sistem bintang ini.

Sirius A memiliki sekitar dua kali massa Matahari, 25 kali luminositas Matahari, dan yang paling terang dari Bumi. Sistem Sirius tersebut berjarak 8,6 tahun cahaya dari Bumi.

Perkiraan usia bintang ini adalah 300 juta tahun. Anda dapat melihat bintang ini dari sebagian besar permukaan Bumi, kecuali pada lintang tinggi selatan dan lintang tinggi utara.

Bahkan pada kondisi tertentu, Anda juga bisa melihat Sirius pada siang hari. Sirius bersama Betelgeuse dan Procyon membentuk sebuah arterisma yang terkenal sebagai Segitiga Musim Dingin di langit malam.

Canopus

Bintang tercantik di alam semesta lainnya adalah Canopus yang juga dikenal sebagai Suhel, Suhail, ataupun Alda Carinae. Bintang Canopus masuk ke dalam klasifikasi bintang tipe F.

Artinya, Canopus lebih masif daripada Matahari. Canopus terletak di rasi bintang Carina, yaitu si bintang raksasa super kuning-putih yang 14.800 lebih terang dari Matahari.

Bintang ini berdada di langit arah selatan, sehingga sulit untuk diamati pada bagian utara. Adapun jaraknya dari Bumi sebesar 361 tahun cahaya jauhnya.

Baca Juga: Pengertian Galaksi Spiral, Kenali Karakter dan Contohnya!

Jarak tersebut membuat Canopus 37 kali lebih jauh dari Sirius dengan magnitudo yang tampak adalah -0,72.

Rigil Kentaurus

Berada di sistem bintang biner seperti Sirius, Rigil Kentaurus juga terkenal dengan sebutan Alfa Centauri. Rigil Kentaurus menjadi yang paling terang sekaligus bintang tercantik di alam semesta selanjutnya.

Sistem bintang biner terdiri dari tiga jenis bintang, yaitu Centauri A, B, dan C. Bagi Anda yang tinggal di lintang lebih tinggi dari 29°10’ selatan, maka bintang ini akan menjadi sirkumpolar.

Centauri memiliki magnitudo tampak -0,27 yang membuatnya menjadi bintang paling terang urutan ketiga di langit malam.

Sistem bintang ini adalah yang terdekat di Bumi, dengan jarak 4,3 tahun cahaya. Para ahli mengklasifikasikan bintang ini pada tipe G2V yang mirip dengan Matahari.

Arcturus

Bintang selanjutnya ini, selain menjadi bintang tercantik di alam semesta urutan keempat, juga termasuk ke dalam golongan bintang raksasa. Spektrum dari Arcturus adalah K1,5 IIpe.

Artinya, Arcturus memiliki suhu yang sedikit lebih rendah daripada Matahari. Arcturus juga terkenal dengan Haris El Sema ataupun Alfa Booties.

Ia menjadi bintang terang karena bersinar pada magnitudo tampa -0,02 dengan jarak dari Bumi sekitar 43,9 tahun cahaya.

Baca Juga: Contoh Planet Inferior, Letak Orbitnya dalam Orbit Bumi

Arcturus juga merupakan sistem bintang ganda. Pendamping yang mengorbitnya 20 kali lebih redup.

Vega

Terakhir dari daftar bintang tercantik paling terang adalah Vega. Bintang yang juga terkenal dengan nama Wega, Harp, dan Alfra Lyrae ini memiliki magnitudo tampak 0,03.

Terletak pada deklinasi +38,78° membuat Vega hanya bisa terlihat dari wilayah Bumi di atas garis lintang 51°. Karena itulah, Vega tidak dapat diamati melalui Antartika.

Jarak bintang Vega dengan Bumi mencapai 25 tahun cahaya. Bintang ini masuk ke dalam klasifikasi A0V yang bintang deret utamanya melangsungkan fusi termonuklir.

Vega bersama Altair dan Deneb membentuk sebuah asterisma populer bernama Segitiga Musim Panas. Vega termasuk bintang tercantik di alam semesta yang paling terang. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -