Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarBLK Kota Banjar Buka 16 Paket Pelatihan Kerja, 3 Bidang Bisa Langsung...

BLK Kota Banjar Buka 16 Paket Pelatihan Kerja, 3 Bidang Bisa Langsung Kerja

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjar, Jawa Barat, tahun 2022 menargetkan sebanyak 256 peserta mengikuti pelatihan kerja menjadi tenaga kerja terampil.

Rencananya, pelatihan soft skill untuk masyarakat tersebut akan dimulai pada bulan Februari mendatang.

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjar Doni Ismaya membenarkan hal itu, Jumat (28/1/2022).

Menurutnya, pelatihan yang diberikan masih sama seperti yang sudah berjalan pada tahun sebelumnya.

Di antaranya mekanik atau perbengkelan, menjahit, tata boga dan perkayuan.

Sedangkan untuk agenda pelatihan sambung Doni, akan dilaksanakan di Desa/Kelurahan masing-masing dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjar.

“Jumlahnya semua ada 16 paket pelatihan yang kami siapkan dengan anggaran dari APBD dan APBN tahun 2022,” kata Doni kepada HR Online.

Baca juga: 2 Warga Kota Banjar Positif Covid-19, Dinkes Belum Pastikan Omicron

Lanjutnya, pada tahun 2022 penyerapan peserta pelatihan mencapai 256 peserta. Menurutnya terjadi peningkatan jumlah peserta sekitar 32 orang dibanding tahun 2021.

Adapun untuk penempatan kerja kata Doni, BLK sudah melaksanakan MoU atau kerjasama dengan sejumlah perusahaan yang ada di Kota Banjar dan luar daerah.

Sehingga untuk mereka yang telah lulus, nantinya bisa langsung bekerja atau membuka usaha secara mandiri.

“Untuk di Banjar sendiri sudah ada 2 perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan dan otomotif siap untuk bekerjasama untuk penempatan kerja,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, dengan adanya kerjasama tersebut, nantinya untuk tiga bidang pelatihan bisa langsung ikut penempatan kerja.

“Tahun kemarin itu baru ketrampilan menjahit yang bisa langsung kerja tapi tahun ini kami bantu di perkayuan dan otomotif bisa langsung penempatan,” pugkas Kepala UPTD BLK Kota Banjar. (Muhlisin/R8/HR Online/Editor Jujang)