Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BanjarBUMDes Bogasari Langensari Banjar Tingkatkan Usaha dengan Kolaborasi

BUMDes Bogasari Langensari Banjar Tingkatkan Usaha dengan Kolaborasi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- BUMDes Bogasari Langensari Kota Banjar berikan santunan kepada belasan anak yatim piatu dalam kegiatan laporan akhir tahun yang berlangsung di aula Desa, Senin (18/1/2022).

Manajer BUMDes Bogasari Hendri Sugiantoro mengatakan, pihaknya selain fokus usaha agar bisa menghasilkan pendapatan, juga melakukan berbagai kegiatan sosial.

“Jadi tidak profit saja, namun ada sisi sosialnya dalam pengelolaan BUMDes ini,” kata Hendri.

Hal ini, kata Hendri, juga sebagai media sosialisasi kepada masyarakat bahwa keberadaan BUMDes itu sangat penting.

Terlebih dengan adanya laporan akhir tahun yang merupakan komitmen pihaknya dalam mempertanggungjawabkan keuangan yang selama ini dikelola.

“Jika dari tahun 2007 hingga 2021, totalnya sekitar Rp 1,192 miliar. Catatannya, apa yang sudah kita lakukan di tahun kemarin menjadi bahan evaluasi ke depannya,” imbuhnya.

baca juga: Inspektorat Kota Banjar Akan Evaluasi Progres BUMDes

Unit Usaha BUMDes Bogasari Langensari Paling Menghasilkan

Sementara itu, berdasarkan peringkat kegiatan usaha yang paling besar profitnya adalah kerja sama dengan pihak ketiga, simpan pinjam, unit perantara, penyewaan dan foto copy.

Untuk tahun 2022, pihaknya pun akan memaksimalkan modal yang ada dengan melakukan berbagai terobosan baru, seperti bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Kita berusaha tidak bergantung apakah di tahun 2022 ada penambahan atau tidak. Akan tetapi dengan memaksimalkan yang sudah ada, apalagi kan sudah jelas dari peringkat usaha paling profit adalah kerja sama atau kolaborasi,” ucapnya.

Paling penting, kata Hendri lagi, kunci kesuksesan dalam mengelola keuangan di BUMDes berada di kualitas SDM. Sehingga harus ada pembenahan agar bisa berjalan dengan baik.

Menurutnya, setiap unit usaha sudah tentu ada kendala. Namun pihaknya terus mengejar agar hal itu bisa terselesaikan.

Misalnya, dalam usaha simpa pinjam titik persoalannya berada di administrasi yang kini sudah selesai dengan terobosan baru berupa aplikasi. Sehingga pencatatan keuangan bisa tertata dengan rapih.

“Berkaitan dengan badan hukum BUMDes Bogasari Langensari sesuai aturan terbaru juga sedang dalam proses. Semoga saja bisa secepatnya selesai,” pungkasnya.

baca juga: BUMDes di Kota Banjar Tahun Depan Harus Berbadan Hukum

Era Bersanding, Bukan Bersaing

Kades Langensari Yanti mengatakan, pihaknya berterima kasih karena BUMDes selama ini berjalan dengan baik.

Meski begitu, ia harap ke depan kolaborasi dengan berbagai pihak yang bisa menambah pendapatan bisa terus ditingkatkan.

“BUMDes Bogasari sudah sangat membantu kami. Walaupun masih ada catatan, tapi kami harap ke depan bisa lebih berkembang lagi dengan adanya evaluasi dan kolaborasi,” kata Yanti.

Hal senada juga dikatakan Camat Langensari Dedi Suryadi. Ia menyebut saat ini adalah zamannya bukan lagi bersaing, tapi bersanding.

Artinya, kata Dedi, BUMDes ke depan tidak lagi berjalan sendiri dalam mengembangkan usahanya, namun harus berkolaborasi dengan pihak lain untuk mendapatkan penghasilan.

Pihaknya pun menilai BUMDes Bogasari mengalami perkembangan yang cukup baik dan sehat sebagaimana ketentuan yang ada.

“Walaupun begitu masih banyak PR yang harus kita selesaikan, seperti jenis usahanya harus lebih jelas lagi mana yang produktif dan potensial,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -