Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisCapaian Kinerja DPUPRP Ciamis 2021, Rampungkan Berbagai Pekerjaan

Capaian Kinerja DPUPRP Ciamis 2021, Rampungkan Berbagai Pekerjaan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Capaian kinerja DPUPRP Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada tahun anggaran 2021 telah merampungkan berbagai pekerjaan. Mulai dari pengaspalan jalan, perbaikan jembatan, saluran irigasi, normalisasi sungai. Kemudian, SPAM pedesaan, gedung kantor kecamatan dan Asrama Haji Islamic Center.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, Andang mengatakan, capaian kinerja yang pihaknya lakukan itu sebagai urusan wajib bidang PUPRP, sesuai dengan asas otonomi dan tugas pembantuan.

Ia menyebutkan, urusan wajib DPUPRP Kabupaten Ciamis meliputi berbagai Sub Bidang Bina Marga Jalan dan Jembatan, Bidang Sumber Daya Air, dan Bidang Keciptakaryaan. Serta Sub Bidang Tata Ruang dan Pertanahan.

“Untuk penanganan jalan sendiri, kami melaksanakan capaian kinerja pada tahun 2021 dengan melakukan pengaspalan jalan sepanjang 107 kilometer. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Ciamis masih bisa membangun untuk kepentingan warga masyarakat,” kata Andang kepada HR Online, Selasa (04/01/2022).

Selain itu, capaian kinerja DPUPRP Ciamis untuk pemeliharaan jalan meliputi pemeliharaan berkala jalan sepanjang 4,6 kilometer, dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 77 kilometer.

Kemudian, lanjut Andang, pihaknya juga telah merampungkan pekerjaan peningkatan atau penggantian jembatan sebanyak 7 unit. Total anggarannya mencapai sebesar Rp 184.589.247.000.

Baca Juga : Dinas PUPRP Ciamis Siap Realisasikan Rp. 201 miliar

DPUPRP Ciamis Teruskan Kembali Perbaikan di 2022

Andang menjelaskan, kini untuk jalan wilayah perbatasan kondisinya sudah baik. Sedangkan, untuk jalan yang belum mendapatkan perbaikan tahun 2021, pihaknya akan terus berusaha agar bisa mewujudkan perbaikan sesuai dengan aspirasi dari warga masyarakat.

Sebab, menurut Andang, jalan yang diperbaiki dengan aspal hotmix bisa memudahkan warga untuk beraktivitas dalam menjalankan roda perekonomian. Tanpa terganggu lagi oleh kondisi jalan yang rusak.

“Memang untuk capaian kinerja Dinas PUPRP Ciamis sekarang ini belum menyeluruh. Namun kita akan teruskan perbaikan kembali pada tahun 2022. Sehingga, jalan yang sudah masuk prioritas perbaikan bisa kembali kita laksanakan,” jelasnya.

Andang menambahkan, pihaknya juga berharap kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Ciamis bisa menjaga dan memelihara jalan yang sudah mendapatkan perbaikan.

“Mudah-mudahan capaian perbaikan jalan dan jembatan tahun 2021 kemarin bisa diterima dengan baik oleh warga masyarakat Kabupaten Ciamis. Sehingga pengembangan wilayah terus terjadi, tidak tertuju pada satu titik saja,” harap Andang. (ES/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -