Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Ganti Nama Akun Gmail Dengan Mudah di HP dan PC, Yuk...

Cara Ganti Nama Akun Gmail Dengan Mudah di HP dan PC, Yuk Coba!

Cara ganti nama akun Gmail memiliki langkah yang mudah diterapkan. Langkah ini sejatinya tersedia untuk pengguna yang ingin mengubah nama di akun Gmail mereka.

Menyampaikan informasi terkait pengubahan nama yang ditampilkan saat Anda mengirim surel melalui Gmail. 

Anda bisa melakukan perubahan melalui smartphone dan PC. Hanya saja, Google hanya mengizinkan Anda untuk mengganti nama tersebut sebanyak 3 kali dalam 90 hari. Bahkan Anda juga tidak dapat melakukan perubahan surel. 

Baca Juga: Mengetahui Akun Google Aman atau Tidak, Simak Cara Mengeceknya!

Terapkan Cara Ganti Nama Akun Gmail Agar Lebih Mudah

Sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya Anda pastikan ponsel atau PC terhubung dengan internet. 

Ubah Nama Akun dengan HP

Bagi Anda yang ingin ganti nama akun, bisa melalui Gmail. Anda cari dalam ponsel Anda yang nampak dengan simbol M.

Apabila Anda belum login, sebaiknya masuk terlebih dahulu dengan alamat email dan kata sandi saat diminta.

Jika sudah, maka Anda bisa klik titik tiga pada pojok kiri atas di layar ponsel. Anda akan melihat menu pop out yang bervariasi. Carilah menu setting dengan scroll ke atas pada menu pop out tersebut. 

Lalu pilih akun yang akan Anda ubah. Karena tersedia beberapa akun di layar. Namun jika Anda memiliki satu akun saja, maka klik akun tersebut. Jika sudah, klik manage your Google account yang berada di paling atas menu. 

Pilih, lalu klik My Account. Klik personal info dan privacy. Menu tersebut berada di bagian atas halaman. Pilih Name untuk mengubah nama.

Cara ganti nama akun Gmail Anda dapat mengisi nama di first name serta last name nama belakang sesuai yang Anda inginkan. Lalu pilih save untuk menyimpan pembaharuan nama tersebut. 

Setelah tersimpan, maka akan ada pemberitahuan Your change might take a while to show everywhere. Perubahan akan membutuhkan waktu untuk tampil di mana saja.

Hal ini mengandung asumsi perubahan nama langsung tampil pada Google account. Hanya saja, di email muncul beberapa menit atau jam setelah perubahan nama. 

Baca Juga: Cara Logout Akun Google di Android dan iPhone, Simak Tutorialnya!

Kemudian Anda perlu kembali ke menu awal. Nama Anda sudah terganti. Cara yang diaplikasikan via smartphone juga dapat mengubah beberapa informasi.

Anda bisa memodifikasi informasi personal lainnya mulai dari nama panggilan, gender, ulang tahun, foto, zona waktu, dan password. 

Ubah Nama Gmail Melalui PC

Cara ganti nama akun Gmail juga bisa dengan PC maupun laptop. Pertama dengan membuka gmail.com menggunakan browser di laptop Anda.

Kemudian masuk dengan login ke Gmail dan klik tombol gear yang terdapat di kanan atas. Pilih dan klik lihat semua setelan. Setelah itu, menu drop down akan tampil di layar. 

Langkah kedua adalah klik akun dan impor yang berada di bagian atas halaman. Kemudian klik edit info. Letaknya berseberangan dengan menu send mail as pada halaman pengaturan.

Setelah itu, tandai kotak di sisi samping kolom teks kosong. Kolom kedua yang tersedia di layar. Kemudian ketikkan nama yang Anda inginkan.

Cara ganti nama akun Gmail selesai, maka klik save changes. Tombol ini berfungsi sebagai persetujuan yang terletak di bagian bawah jendela. Perubahan secara otomatis tersimpan dan jendela browser akan tertutup. 

Baca Juga: Ganti Profil Gmail pada HP Android Praktis dan Mudah, Simak Ulasannya!

Bagaimana Jika Muncul Notifikasi Penolakan?

Tidak menutup kemungkinan perubahan yang dilakukan akan tertolak oleh sistem. Biasanya akan ada pesan bertuliskan ‘pengaturan ini tidak dapat berubah untuk akun Anda’ ataupun ‘this setting cannot be changed for your account’. 

Pop up tersebut terjadi karena ada beberapa kemungkinan. Kemungkinan pertama, Anda sudah berulang kali mengubah nama akun Gmail dalam waktu berdekatan.

Kemungkinan kedua adalah Anda menggunakan akun G Suite. Akun email G Suite umumnya memiliki alamat sesuai dengan nama perusahaan. Hanya saja, sistem dan isinya merujuk ke Gmail. 

Sehingga untuk perubahan informasi ini, Anda membutuhkan approval dari admin atau CS. Apabila tidak dapat berubah, maka admin memang tidak mengizinkan adanya perubahan akun tersebut. Cara ganti nama akun Gmail dapat dilakukan dengan cepat. (R10/HR-Online)