Jumat, Januari 21, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Paru-Paru Perokok, Pecandu Rokok Wajib Tahu!

Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok, Pecandu Rokok Wajib Tahu!

Cara membersihkan paru-paru perokok tentunya penting dilakukan oleh pecandu rokok atau perokok aktif. Karena, tak sedikit orang yang sulit meninggalkan kebiasaan merokoknya. Meski mereka tahu bahaya merokok itu bisa mengancam jiwanya.

Sebab, paparan dari berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok bisa memengaruhi pada organ paru-paru perokok.

Jika zat-zat kimia berbahaya itu terakumulasi hingga menumpuk dalam tubuh, maka beberapa organ penting pada tubuh manusia, khususnya paru-paru, dapat mengalami kerusakan.

Karena, zat kimia tersebut bisa menyebabkan paru-paru meradang serta produksi lendir berlebih yang mengakibatkan terganggunya saluran pernapasan.

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan oleh perokok untuk membersihkan paru-parunya. Berikut ini cara-caranya;

7 Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Secara Alami

Baca Juga : Penyebab Penyakit Paru-paru Basah, dan Cara Menghindarinya

Terapi Uap

Paru-paru perokok aktif bisa menghasilkan lendir yang berlebih, namun terapi uap bisa membantu mengatasinya.

Cara melakukan terapi uap yaitu menghirup uap dari air hangat. Ini bermanfaat untuk membantu mengeringkan lendir pada paru-paru, serta membuka saluran pernapasan.

Selain itu, terapi uap juga bermanfaat untuk menambah kelembaban dan kehangatan udara sehingga bisa melonggarkan lendir dalam paru-paru. Bernafas pun jadi lebih mudah.

Meski begitu, membersihkan paru-paru dengan cara ini sifatnya hanya sementara. Butuh penelitian lanjutan mengenai manfaatnya tersebut.

Rutin Berolahraga

Cara membersihkan paru-paru perokok yang berikutnya yaitu rutin melakukan olahraga. Cara ini tentunya sangat mudah dilakukan.

Melakukan aktivitas fisik secara intens akan memaksa otot untuk bekerja keras. Dengan begitu, laju pernapasan pun akan meningkat sehingga pasokan oksigen ke otot menjadi lebih banyak.

Selain itu, rutin berolahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh menjadi lebih efisien saat menghilangkan karbondioksida.

Baca Juga : Penyakit pada Sistem Ekskresi Ginjal, Hati, Paru dan Kulit

Konsumsi Makan dan Minuman Kaya Antioksidan

Mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung tinggi antioksidan sangat bagus guna menangkal paparan radikal bebas serta mengurangi peradangan.

Karena, antioksidan bermanfaat untuk melawan produksi cairan, dahak, dan lendir dalam tubuh. Sebab, dalam paru-paru dan saluran udara perokok, lendir cenderung menumpuk.

Untuk membersihkannya, sebaiknya konsumsi sayuran dan buah mentah karena itu merupakan sumber antioksidan yang bagus. Pasalnya, buah dan sayuran yang mentah belum mengalami pengolahan apapun.

Jenis sayuran seperti bok, brokoli, choy, serta kol kaya akan kandungan antioksidan. Selain bisa membersihkan paru-paru perokok, sayuran tersebut juga dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Selain itu, konsumsi juga madu, jahe, kunyit, ceri, stroberi, kacang polong. Sayuran dan buah-buahan tersebut wajib masuk dalam menu harian karena mengandung berbagai macam nutrisi.

Rajin mengonsumsi makanan kaya antioksidan ini merupakan cara alami untuk membersihkan paru-paru pecandu rokok.

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan dalam-dalam menjadi salah satu cara membersihkan paru-paru perokok aktif.

Baca Juga : Bahaya Rokok Elektrik Mengintai Nyawa Penggunanya

Cara ini juga penting Anda lakukan karena asap tembakau bisa memperlambat pergerakan rambut-rambut kecil atau silia yang melapisi paru-paru.

Silia ini berfungsi mengeluarkan kotoran dari saluran udara yang sebelumnya terperangkap.

Jadi, sering-seringlah Anda menghirup udara pada pagi hari serta berhenti merokok agar silia bisa bekerja lagi secara efektif.

Saat Anda menghirup udara yang masih segar, kemudian tarik napas dalam-dalam. Lakukan secara perlahan.

Gunakan Air Purifier di Rumah

Menggunakan penjernih udara atau air purifier dalam rumah menjadi cara membersihkan paru-paru perokok maupun bukan perokok.

Menurut Cleveland Clinic, memasang air purifier dalam rumah mampu memberikan kesehatan bagi paru-paru Anda dan keluarga.

Alat penjernih udara ini akan menyaring partikel-partikel halus, mengurangi efek negatif yang timbul dari polusi udara. Serta membantu membersihkan udara dalam rumah yang Anda hirup.

Kemudian, American Lung Association juga menyebutkan bahwa, yang menjadi kunci kesehatan organ paru-paru dalam tubuh manusia salah satunya adalah kualitas udara lingkungan Anda.

Maka dari itu, lakukan cara tersebut jika Anda ingin paru-paru bersih. Baik saat masih sebagai pecandu rokok maupun bukan.

Banyak Minum Air

Dengan banyak minum air maka racun-racun dalam tubuh yang mengendap, termasuk dalam paru-paru bisa terbuang.

Pasalnya, buang air kecil bisa menjadi lebih teratur ketika Anda banyak minum air. Nanti, nikotin yang menumpuk dalam paru-paru akan dikeluarkan oleh tubuh sedikit demi sedikit melalui urine.

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi bisa membantu menghilangkan racun dan lendir dari dalam paru-paru. Nanti paru-paru akan mengeluarkan keduanya melalui gerakan normal silia atau melalui batuk.

Banyak minum air juga menjadi solusi yang tepat untuk membantu tubuh supaya tetap terjaga kesehatannya. Sehingga, fungsi organ paru-paru dapat bekerja secara maksimal.

Minum Teh Hijau

Cara membersihkan paru-paru perokok yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi minuman teh hijau. Kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu mengurangi terjadinya peradangan pada paru-paru.

Bahkan, kandungan senyawa tersebut dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya jika menghirup asap rokok.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa, seseorang membersihkan paru-parunya dengan mengonsumsi teh hijau sebanyak dua cangkir per hari.

Hal itu menunjukkan kalau orang tersebut mempunyai paru-paru yang sehat serta berfungsi kembali dengan lebih baik lagi. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -