Minggu, Januari 23, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding, Ini Langkahnya

Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding, Ini Langkahnya

Cara membuat Bot Telegram dapat dilakukan tanpa harus coding. Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan online yang banyak digunakan selain WhatsApp. Telegram menghadirkan adanya fitur bot yang terbuat dari garis kode.

Bahkan dapat melakukan beberapa tindakan kompleks secara otomatis. Bot Telegram juga dapat menerima beberapa perintah penggunanya yang dikirimkan dalam bentuk HTTP.

Baca Juga: Emoji Animasi di Telegram Bantu Ekspresikan Sebuah Pesan

Ketahui Cara Membuat Bot Telegram

Biasanya perintah Bot dapat Anda atur sendiri melalui coding. Namun khusus untuk aplikasi Telegram, Anda dapat memprogram Bot tersebut tanpa melalui coding. Berikut ini beberapa cara membuat Bot yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

Membuat Channel Telegram

Sebelum membuat Bot, Anda harus membuat channel terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat channel Telegram.

Anda perlu buka aplikasi Telegram terlebih dahulu. Kemudian klik ikon Menulis dengan warna biru pada bagian kanan bawahnya. Lalu pastikan klik Channel Baru. Setelah itu, perlu masukkan nama Channel Anda.

Pastikan untuk mengisi Deskripsi yang sesuai dengan channel tersebut. Setelah itu, muncul Pengaturan Channel. Anda dapat atur channel tersebut secara Privat atau Publik pada Tipe Channel.

Kemudian buat Tautan Publik apabila Anda atur secara publik. Fungsi tautan tersebut untuk membagikan link channel Telegram yang Anda buat.

Baca Juga: Fitur Unggulan Telegram yang Lebih Baik dari WhatsApp

Memasang BotFather

BotFather merupakan fitur yang dijadikan cara membuat Bot Telegram tanpa melalui coding apapun. Berikut ini cara yang dapat Anda coba lakukan.

Anda perlu ketik BotFather pada pencarian Telegram dan klik Mulai. Selanjutnya ketik perintah, lalu ketik nama pengguna untuk Bot Anda. Saat membuat nama pengguna akhiri menggunakan kata Bot.

Apabila sudah, nantinya akan menerima token API HTTP. Simpan dan amankan token yang sudah Anda terima. Apabila ada yang mengetahui token tersebut, maka Bot tersebut dapat sepenuhnya dikendalikan oleh orang lain.

Menggunakan ManyBot

Manybot sebagai link penghubung antara bot yang sudah Anda buat sebelumnya pada BotFather dengan channel.

Apabila menggunakan Manybot, Anda dapat melakukan auto post. Berikut ini adalah cara menggunakan ManyBot untuk Anda ketahui.

Anda dapat mencari dan pilih Manybot pada kolom pencarian dan klik Mulai. Kemudian ketik perintah atau klik Create a New Bot. Setelah itu, klik I’ve copied the API token.

Selanjutnya copy token yang sudah Anda terima dari BotFather dan paste pada Manybot. Apabila token tersebut sudah Anda terima, maka klik Skip. Bot tersebut sudah siap untuk digunakan. Hanya perlu klik Send New Post to Subscribers.

Baca Juga: Cara Hapus Kontak Telegram di Android Bersamaan, Mudah Tanpa Ribet!

Konfigurasi Bot

Sebenarnya pada cara sebelumnya, sudah cukup untuk membuat Bot. Namun Anda perlu mengkonfigurasi Bot tersebut agar dapat berfungsi. Berikut ini langkah yang perlu Anda lakukan dalam konfigurasi Bot.

Caranya buka bot yang sebelumnya Anda buat dan klik Settings. Kemudian klik Auto Posting, lalu klik YouTube untuk menambahkan channel YouTube.

Anda perlu masukkan link channel YouTube. Apabila sudah, nantinya akan muncul pesan yang artinya link channel YouTube diterima.

Cara untuk membuat Bot Telegram tanpa melalui coding cukup mudah. Pastikan untuk mengikuti setiap langkahnya dengan benar. (R10/HR-Online)

- Advertisment -