Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menambah Ampere Charger HP Aman, Pengisian Lebih Cepat!

Cara Menambah Ampere Charger HP Aman, Pengisian Lebih Cepat!

Cara menambah ampere charger HP agar pengisian baterai cepat penuh dapat Anda lakukan dengan aman. Charger merupakan salah satu alat penting bagi para pengguna ponsel.

Saking pentingnya, para pengguna ponsel pun akan membawanya kemana saja mereka pergi. Saat ini telah tersedia berbagai jenis atau pilihan charger HP. Salah satunya adalah charger yang dapat mengisi daya dengan cepat.

Khusus pada charger tipe ini, mempunyai output 2 ampere atau bahkan lebih. Untuk mendapatkan charger HP dengan output 2 ampere, maka tidak hanya dengan membelinya, akan tetapi menambahkan ampere charger.

Baca Juga: Colokan Charger Bengkok, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Panduan Cara Menambah Ampere Charger HP yang Aman

Pada saat melakukannya, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pasalnya tidak semua smartphone akan sesuai dengan tipe charger seperti ini.

Penting untuk Anda ketahui bahwa pengisi daya output tinggi bisa menyebabkan adanya kerusakan pada ponsel Anda.

Bahkan apabila kita paksakan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada charger. Hal ini dapat terjadi apabila batas daya input maksimal baterai terlampaui.

Akan tetapi, mayoritas smartphone saat ini telah memperoleh kelengkapan fitur quick charging yang memungkinkan baterai ini dapat diisi dengan menggunakan smartphone super fast power.

Faktor Penentu Kecepatan Charging pada HP

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara menambah ampere charger HP, maka penting bagi kita untuk mengetahui faktor penentu dari kecepatan isi ulang baterai pada smartphone.

Hal ini karena kecepatan pengisian daya baterai berbeda-beda, tergantung dengan fitur serta kemampuan yang terdapat pada perangkat HP masing-masing. Baik itu pada prosesor atau hardware hingga pada charger itu sendiri.

Selain itu, pada sebagian software tampilan UI serta aplikasi yang sedang berjalan juga dapat berpengaruh terhadap kecepatan pengisian baterai.

Untuk rangkaian charger ponsel mempunyai rangkaian umum yang cukup sederhana. Terutama pada rangkaian charger dengan output 2A.

Pada prosesor mempunyai andil yang cukup besar dalam proses kecepatan mengisi baterai. Dalam hal ini, salah satu vendor prosesor ternama seperti Qualcomm pun telah menawarkan fitur quick charger yang dapat mempersingkat proses pengisian daya.

Baca Juga: Kepala Charger HP Berbunyi, ini Solusi yang Tepat Sesuai Penyebabnya

Selanjutnya aplikasi yang aktif atau berjalan juga memerlukan adanya alokasi daya tersendiri untuk dapat terus aktif.

Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan proses pengisian daya baterai. Sebaiknya saat pengisian baterai berlangsung, Anda menonaktifkan aplikasi secara tepat.

Sementara itu, apabila output sera ampere voltase charger semakin besar, maka semakin besar pula proses chargingnya. Rata-rata charger HP mempunyai output 0,5A.

Akan tetapi, terdapat pula charger yang mempunyai output hingga 1A atau bahkan 2A. Untuk memperoleh charger dengan output yang lebih besar, maka para pengguna seringkali menambah output atau ampere charger HP mereka dengan beberapa pilihan cara.

Langkah Menambah Ampere HP Praktis dan Aman

Meskipun harga dari perangkat charger cukup terjangkau di pasaran, akan tetapi Anda dapat membuatnya sendiri.

Selain harganya lebih terjangkau, membuat charger HP sendiri juga dapat membuat Anda lebih kreatif.

Terutama bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk menjadi teknisi elektronika yang handal. Secara umum, rangkaian charger ponsel secara otomatis menggunakan beberapa komponen yang cukup sederhana.

Salah satunya adalah dioda jembatan. Pada sirkuit, selain memanfaatkan adanya dioda jembatan juga menggunakan tipe IC LM7806.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah untuk menemukan serta membeli IC tersebut di toko komponen elektronik sekitar.

Baca Juga: Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP, Simak Tips Terbaiknya!

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar komponen yang bermanfaat dalam menambah ampere HP dengan cara aman dan mudah berdasarkan sirkuit.

  • Resistor R1:1K
  • R2 : Resistor 47R
  • R3 : Resistor 10R
  • R4: Resistor 47R
  • C1 : Capacitor 1000uF-25V
  • D1: LED warna bebas
  • D2: LED warna bebas
  • D3: LED warna bebas
  • D4 : Diode 1N4007
  • D5 : Dioda 1N4007
  • IC1 : IC LM7806
  • T1 : 9VAC 250 mA Transformer
  • BR1 : 1A dioda jembatan.

Terdapat alternatif lain sebagai cara menambah ampere charger HP dengan skema rangkaian yang berbeda.

Salah satunya adalah dengan menggunakan sirkuit yang memanfaatkan beberapa transistor serta tipe IC TL431C.

Dengan mengikuti rangkaian sirkuit dengan tepat sebagai cara menambah ampere charger HP, maka Anda pun akan memperoleh rangkaian yang lebih aman untuk Anda gunakan.

Sekali lagi sesuaikan charger rangkaian ini dengan jenis ponsel yang Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin dapat terjadi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -