Jumat, Januari 21, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

Cara Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

Cara mencegah WhatsApp disadap orang sebetulnya bisa kita lakukan dengan mudah. Sedikitnya ada 5 cara untuk mengamankan akun WhatsApp dari aksi peretasan atau pembajakan.

Seperti kita ketahui bahwa aksi peretasan melalui aplikasi WhatsApp kerap terjadi. Bahkan, sudah banyak kasus pembajakan aplikasi pesan instan ini yang menyasar publik figur.

Namun, tidak menutup kemungkinan kasus yang sama bisa juga terjadi pada pengguna pengguna aplikasi WhatsApp lainnya.

Tapi kamu tidak usah khawatir, karena ada cara-cara yang dapat kamu lakukan supaya akun WhatsApp kamu terhindar dari aksi peretasan atau penyadapan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan dari lima cara menghindari aksi penyadapan akun WhatsApp.

5 Cara Mencegah WhatsApp Disadap Orang

Baca Juga : Aplikasi Penyadap WhatsApp Ini Perlu Diwaspadai

Logout WhatsApp Web

Agar terhindar dari aksi penyadapan atau peretasan WhatsApp melalui aplikasi yang mencontek WhatsApp Web, Anda dapat mengecek perangkat apapun yang menggunakan akun pribadi Anda lewat aplikasi WhatsApp Web.

Cara mengeceknya; pertama klik tanda titik tiga pada bagian kanan atas, kemudian klik menu WhatsApp Web. Setelah itu akan muncul nama perangkat yang telah login menggunakan akun Anda.

Untuk mencegah terjadinya aksi penyadapan terhadap akun Anda, pilih opsi logout dari semua perangkat.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara mencegah WhatsApp disadap orang yang selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Cara ini merupakan opsi untuk mengirim kode berupa enam angka setiap pengguna akan masuk dengan nomor WA yang terdaftar pada perangkat baru.

Baca Juga : Mau Download WhatsApp Aero? Perhatikan Dulu Hal Penting Ini

Namun kode tersebut berbeda dengan kode OTP. Dengan menggunakan cara ini maka orang lain tidak akan bisa masuk ke akun Whatsapp Anda melalui kode QR.

Berikut ini cara mengaktifkan verifikasi dua langkah. Pertama, klik tanda titik tiga pada bagian kanan atas. Lalu pilih Setting>Account>Two Step Verification.

Kemudian klik Enable, selanjutnya masukkan 6 kode rahasia yang kamu pilih. Setelah itu, masukan email guna memulihkan kata kunci apabila kamu lupa.

Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Mengaktifkan pemindai sidik jari menjadi salah satu cara mencegah WhatsApp disadap orang lain. Menggunakan cara ini supaya orang lain tidak bisa sembarang masuk akun WhatsApp Anda. Serta memindai QR code untuk menyadapnya.

Untuk mengaktifkan pemindai sidik jari, pertama klik tanda titik tiga pada bagian kanan atas, lalu klik opsi Privasi, selanjutnya pilih kunci sidik jari. Kemudian aktifkan.

Setelah itu pengguna nanti diminta merekam sidik jari. Selain itu, WhatsApp juga akan meminta Anda untuk memilih lamanya aplikasi terkunci secara otomatis.

Baca Juga : Cara Menyadap WhatsApp Terbaru Lewat Google, Cuma Isikan No WA

Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Selanjutnya, cara mencegah WhatsApp disadap orang yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menginstal ulang aplikasi tersebut.

Hal ini dapat Anda lakukan jika terlanjur mengklik Oke pada saat ada pemberitahuan yang memperingatkan agar memindahkan akun.

Tapi dengan catatan nomor yang Anda daftarkan pada aplikasi WhatsApp masih tetap menggunakan nomor yang sama. Karena, kode OTP aplikasi tersebut akan dikirim ke nomor yang sebelumnya telah terdaftar.

Nonaktifkan Akun

Apabila akun WhatsApp Anda sudah ada yang menyadap, maka untuk memastikan kalau akun WhatsApp tidak ada yang menggunakannya, Anda bisa pilih opsi nonaktifkan akun.

Caranya kirim email ke [email protected] Setelah penonaktifan akun berhasil, Anda juga masih bisa mengaktifkan lagi akun sebelum terhapus sepenuhnya.

Untuk bisa mengaktifkan kembali akun, Anda punya waktu 30 hari, terhitung dari waktu saat menonaktifkannya.

Itulah 5 cara untuk mencegah terjadinya penyadapan terhadap aplikasi akun WhatsApp Anda. Semua cara tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah. (R3/HR-Online-Editor-Eva)

- Advertisment -