Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Layar HP Hitam atau Blank Screen Tapi Nyala

Cara Mengatasi Layar HP Hitam atau Blank Screen Tapi Nyala

Sedang cari cara mengatasi layar HP hitam tapi masih nyala? Jangan bingung, karena ada beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Layar pada smartphone yang tiba-tiba berwarna hitam atau yang sering disebut dengan blank screen memang bukan perkara yang baru.

Baca Juga : Layar HP Gerak Sendiri, Begini Cara Mengatasinya dengan Tepat

Sebab, tidak sedikit pengguna ponsel pintar yang mengalami kejadian atau masalah seperti itu.

Blank screen adalah suatu kejadian dimana HP baru dihidupkan kemudian tiba-tiba blank layar putih atau hitam. Padahal sebelumnya tidak ada benturan atau jatuh.

Biasanya, layar smartphone android yang semula normal mendadak menjadi buram/pudar warna. Bahkan membuat layar HP android menjadi putih.

Cara Mudah Mengatasi Layar HP Hitam

Masalah layar HP blank seperti itu sebenarnya sudah sangat sering terjadi, terutama pada ponsel jenis smartphone android.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini HR Online akan memberikan informasi mengenai penyebab dan solusi LCD Android blank.

Kami memberikan solusi untuk Anda, dengan tujuan agar kita tidak mengambil langkah yang salah dalam mengatasi masalah HP Android blank.

Pasalnya, tidak semua masalah dengan layar HP hitam tetapi masih nyala, disebabkan oleh komponen yang rusak.

Seperti mengganti LCD yang rusak. Sehingga, kita perlu menggantinya dengan yang baru. Padahal kita sudah tahu harga LCD / touchscreen HP android itu tidak murah.

Jika kita mengalami masalah layar smartphone android blank, cara mengatasi layar HP hitam yang biasanya dilakukan pertama kali sebagai berikut:

Atur Ulang Pabrik

Layar yang berubah ngeblank biasanya bisa saja terjadi karena terjatuh. Nah cara pertama yang paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan factory reset.

Akan tetapi, masalahnya adalah untuk cara melakukan atur ulang pabrik, setiap smartphone android memiliki cara dan tombol yang berbeda-beda.

Baca Juga : Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Penyebab dan Cara Mengatasi

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa situs atau blog yang memberikan informasi tentang factory reset tersebut.

Tapi, sebelum melakukan cara mengatasi layar HP hitam dengan atur ulang pabrik, sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu.

Pasalnya, dengan begitu berarti kita sudah siap untuk menghapus semua data yang ada pada HP yang kita miliki.

Program Rusak dan Flash Ulang

Sebelumnya kita sudah mengetahui, bahwa layar HP Android blank biasanya berasal dari kerusakan sistem operasi. Maka flashing ulang HP adalah solusinya.

Akan tetapi, kita juga harus berhati-hati saat melakukan flashing HP Android tersebut. Karena akan terjadi banyak sekali masalah yang terjadi saat android blank setelah flashing.

Lantas apa saja yang kita perlukan untuk menempuh cara mengatasi layar HP hitam dengan flashing?

Adapun yang kita butuhkan adalah tools, seperti Flash ROM Android menggunakan SP Flash Tool dengan default/firmware asli. Sehingga dengan begitu dapat diterima oleh sistem Android yang anda miliki.

Jika kita kurang percaya diri untuk melakukan langkah ini, lebih baik serahkan saja pada orang yang ahli dalam mem-flash Android yang Anda percaya.

Layar Kosong Putih Karena Sirkuit

Penyebab lain layar HP hitam atau menjadi warna putih polos,seringkali terjadi karena benturan. Atau bisa juga terlalu panjang di saku celana (jeans), sehingga tertekan lama.

Sementara cara mengatasi layar HP Android hitam atau yang tampilan blank dalam hal ini, yang perlu kita lakukan adalah :

  1. Pertama yang bisa kamu lakukan membongkar semua casing HP Android.
  2. Kemudian bersihkan komponen menggunakan sikat lembut yang dicelupkan ke dalam spiritus. Prioritaskan membersihkan area konektor LCD.
  3. Setelah itu keringkan dan pasang kembali.
  4. Mungkin saja saat anda membersihkan layar HP Android dan yang terjadi ternyata konektor layar hp sudah rapuh, maka perlu untuk mengganti konektor LCD tersebut.
  5. Namun jika sambungannya menggunakan konektor atau karet, coba bersihkan menggunakan penghapus pensil pada bagian samping yang menyambung ke layar LCD hingga terlihat bersih.

Layar Kosong Putih Karena LCD Rusak

Cara mengatasi layar HP hitam karena LCD rusak, maka putuskan untuk mengganti LCD baru atau bekas tapi masih bagus.

Sementara untuk cara cek layar rusak atau tidaknya, bisa dengan menghidupkan HP. Lalu, kita misscall nomor yang ada di HP. Apabila ponsel bisa berbunyi, berarti bisa jadi LCD-nya rusak.

Sedangkan untuk mengatasinya, tentunya Anda harus mengganti dengan layar LCD baru. Untuk kisaran harga penggantian layar atau LCD akan berbeda-beda.

Hal itu tergantung dari merek dan tipe dari masing-masing handphone. Karena berbeda ponsel akan berbeda jenis dan ukuran layanannya. Juga mengenai jenis layar yang memang memiliki spesifikasi berbeda.

Cara mengatasi layar HP yang hitam atau blank screen tersebut semoga bisa bermanfaat. (R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -