Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Sinyal HP Hilang untuk Semua Tipe Android

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang untuk Semua Tipe Android

Cara mengatasi sinyal HP hilang secara mendadak masih menjadi topik terhangat saat ini. Pasalnya, pengguna HP Android saat ini tidaklah sedikit.

Selain itu, jika tidak ada sinyal dan WiFi, maka otomatis tidak ada jaringan internet. Bahkan, sinyal yang lemah pun akan menjadi masalah besar, bagi mereka yang tergantung pada internet.

Baca Juga : Sinyal HP Android Hilang Mendadak, Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Sehingga, topik ini kami hadirkan karena banyak pengguna ponsel android yang sering mencari cara untuk memperkuat sinyal pada ponsel mereka.

Langkah-langkah Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang

Namun, Anda jangan bingung ketika mengalami sinyal ponsel yang tiba-tiba sinyal hilang total.

Kami akan membahas tentang beberapa penyebab sinyal hp yang tiba-tiba hilang, dan juga beserta langkah-langkah mengatasinya.

Langkah pertama yang perlu kita lakukan jika sinyal smartphone android sering hilang dengan sendirinya, adalah memastikan ketersediaan tower sinyal sekitar tempat kita berada.

Perlu kita ketahui, bahwa wajar jika jaringan ponsel tidak bisa penuh jika tidak ada menara sinyal sekitar kita.

Penyebab daya tangkap sinyal menjadi lemah pada perangkat ini, bisa disebabkan oleh kesalahan yang terjadi pada ponsel android yang terjatuh.

Benturan keras saat jatuh dari ketinggian bisa jadi penyebab kuningan penangkap sinyal bergeser, atau masalah HP tidak bisa membaca memori penyimpanan.

Setingan Pengaturan Smartphone

Cara mengatasi sinyal HP hilang selanjutnya adalah lewat setting atau pengaturan dalam perangkat itu sendiri.

Biasanya jika kita ingin mendapatkan kecepatan internet, maka akan mengubah pengaturan sinyal dalam mode sinyal 4G Only.

Tapi mungkin jika kita berada di tempat yang tidak memiliki jangkauan sinyal 4G, maka ponsel akan terus mencari sinyal.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

Oleh karena itu, kita perlu melakukan perubahan untuk bisa kembali ke pengaturan sebelumnya. Agar ponsel android dapat mendeteksi jaringan secara otomatis, berikut cara mengatasi sinyal HP hilang melalui pengaturan pada perangkat.

Masuk ke halaman pilih menu Pengaturan >> Jaringan Seluler >> Pilih Mode Jaringan “WSDMA / GSM” (koneksi otomatis).

Ada juga faktor-faktor yang dapat membuat sinyal ponsel hilang dan juga tampil kembali, adalah masalah yang terjadi pada layanan operator jaringan.

Jaringan yang tidak beraturan yang terjadi karena program yang error, tentu itu akan mengakibatkan sinyal naik turun pada smartphone.

Faktor Cuaca

Sinyal yang tidak stabil bahkan juga bisa menjadi lemah, juga bisa karena faktor cuaca yang ekstrim.

Maka tidak heran jika kita lebih baik tidak menggunakan smartphone Android saat cuaca sedang hujan deras disertai angin kencang.

Kerusakan hardware

Cara mengatasi sinyal HP yang hilang selanjutnya adalah memperbaiki kerusakan pada hardware atau perangkat keras.

Seperti kasus setelah smartphone kemasukan air, maka kemungkinan akan terjadi tidak ada sinyal. Dari kasus tersebut kemungkinan besar karena adanya kerusakan pada komponen penangkap sinyal.

Hal ini karena alat penangkap sinyal tersebut tidak tahan air. Sehingga kemungkinan besar komponen tersebut rusak.

Software yang Error

Mengatasi sinyal HP yang hilang juga bisa dengan cara lainnya selain yang ada di atas. Selain kasus hardware, lost sinyal juga bisa karena software atau perangkat lunak.

Perlu kita ketahui, bahwa mengupdate software smartphone dengan versi terbaru tidak selalu merupakan tindakan yang baik.

Sinyal HP android menjadi hilang tetapi dapat kembali tampil seperti semula, ketika kita baru saja mengupdate versi OS android.

Baca Juga : Penyebab IC Baseband iPhone Rusak, Akibatkan Hilang Sinyal pada HP

Hal tersebut karena bisa saja ada bug pada software, sehingga akan menjadi penyebab sinyal ponsel hilang.

Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan, untuk mengatasi hilangnya sinyal total setelah memperbarui sistem android adalah dengan melakukan downgrade ke versi sebelumnya.

Mode pesawat

Cara paling mudah untuk mengatasi sinyal HP yang tiba-tiba hilang, adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode).

Memang sekilas menyepelekan fitur mode pesawat ini. Namun dengan menyalakan airplane mode, secara tidak langsung me-refresh HP yang kita miliki.

Mulai Ulang Ponsel Cerdas

Mungkin dengan menggunakan cara mengatasi yang pertama tadi kita belum bisa mengembalikan sinyal HP yang hilang, maka kita perlu me-restart perangkat.

Saat kita akan mematikan smartphone android, pastikan ponsel dalam keadaan mati. Setelah itu lepas baterai ponsel selama beberapa detik sebelum kita hidupkan kembali.

Ubah Jaringan

Tidak sedikit yang mengalami sinyal 4G tidak muncul pada smartphone. Bahkan, yang kita lihat hanya jaringan 2G dan 3G. Jika kita mengalami masalah seperti ini, maka mengubah mode jaringan perlu kita coba.

Masuk ke menu Setting > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan WSDMA/GSM (koneksi otomatis). Cara mengatasi sinyal HP yang hilang tersebut terbilang cukup efektif untuk jaringan LTE. (R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -