Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita BisnisCara Mengetahui Saham Uptrend Terbaik dalam Dunia Investasi

Cara Mengetahui Saham Uptrend Terbaik dalam Dunia Investasi

Cara mengetahui saham uptrend bisa dari kenaikan harga yang sedang terjadi. Semua dapat Anda lihat dari data perdagangan terakhir.

Trendline menjadi salah satu istilah yang sudah sering terdengar pada telinga investor atau trader. Secara sederhana trendline mengikuti arah trend pergerakan harga saham.

Hal ini menjadi suatu tolak ukur dalam melakukan analisis teknikal saham. Sehingga perannya cukup penting guna mengetahui harga saham yang sedang naik atau turun.

Apalagi dalam mengatur strategi analisa saham suatu emiten. Uptrend menjadi salah satu jenis dari trendline.

Sebagai investor, tentu Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengetahui saham uptrend. Sehingga dapat mengetahui mana saham yang sedang naik dan turun.

Baca Juga: Top Value Saham Kembali Menjadi Incaran Para Investor

Panduan Cara Mengetahui Saham Uptrend dalam Investasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika uptrend menjadi salah satu jenis trendline. Jadi, uptrend adalah sebuah kondisi ketika harga saham lebih cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Hal ini bisa Anda lihat dari garis lurus yang ditarik dari titik terendahnya. Tidak hanya itu saja, uptrend juga bisa disebut dengan istilah bullish.

Bullish ketika harga saham, komoditas, dan obligasi dalam keadaan mengalami peningkatan selama jangka waktu cukup lama.

Sehingga uptrend bisa terbilang sama dengan bullish. Sebab artinya kurang lebih sama. Adapun cara membaca saham yang sedang naik atau turun yaitu:

Baca Juga: Investasi Asing di Indonesia, Kenali Syarat dan Manfaatnya Lebih Dulu

Analisa Fundamental

Cara mengetahui saham uptrend sama seperti yang lainnya. Anda bisa mengetahuinya melalui analisa fundamental.

Analisa tersebut adalah sebuah analisa untuk melihat bagaimana kondisi sebuah perusahaan saat ini.

Sehingga prediksinya kecenderungan trend masa mendatang. Fundamental memang bisa Anda sebut dengan fondasi.

Sehingga ketika pondasinya semakin kuat, tentu mampu menghadapi berbagai masalah yang muncul. Cara ini dapat Anda lihat dari laporan keuangan perusahaan.

Analisa Teknikal

Berbeda lagi dengan cara selanjutnya yaitu melalui analisa teknikal. Cara ini lebih melihat pergerakan trend harga saham masa lalu. Sehingga dapat kembali Anda prediksi untuk masa mendatang.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi membaca laporan keuangan seperti analisa fundamental. Anda cukup membaca sebuah grafik yang lengkap dengan garis-garis saja.

Ada banyak alat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan analisa teknikal sehingga bisa menjadi cara mengetahui saham uptrend.

Baca Juga: Jenis Gap Saham, Wajib Dipahami Para Trader

Syarat Menentukan Kondisi Saham Uptrend

Meski trendline menunjukkan saham uptrend, namun sebenarnya ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi. Sehingga dapat menyimpulkan saham dalam kondisi uptrend atau tidak.

Jika saham dalam kondisi uptrend, syaratnya harus memiliki sederet puncak atau lembah yang semakin tinggi. Minimal harus memiliki dua puncak dan dua lembah yang bergerak semakin tinggi.

Semakin banyak puncak dan lembah yang naik, maka terbukti jika kondisi saham sedang uptrend. Bahkan cara mengetahui saham uptrend ini cukup mudah untuk Anda analisa sendiri. (R10/HR-Online)

- Advertisment -