Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan Termometer Air Raksa dengan Benar

Cara Menggunakan Termometer Air Raksa dengan Benar

Cara menggunakan termometer air raksa untuk mengukur suhu tubuh dapat Anda lakukan dengan mudah. Ada berbagai jenis termometer yang ada di pasaran saat ini.

Ada termometer air raksa, termometer digital telinga dan dahi. Cara menggunakan termometer tersebut juga tentunya berbeda-beda.

Termometer air raksa mungkin adalah salah satu jenis yang paling sering Anda temukan. Termometer berbentuk tabung kaca ini berfungsi untuk mengatur suhu. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Baca Juga: Aplikasi Termometer Android Terbaik, Pantau Suhu Tubuh Lebih Efektif

Panduan Cara Mudah Menggunakan Termometer Air Raksa

Termometer merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Ketika Anda merasakan demam, maka suhu tubuh akan meningkat.

Anda bisa melihat seberapa parah demam yang sedang terjadi dari termometer. Termometer akan memberikan Anda informasi suhu tubuh terkini sehingga membantu mengantisipasi apakah demam yang Anda alami membutuhkan penanganan lebih lanjut atau tidak.

Karena kegunaannya itulah, termometer menjadi satu barang yang sangat penting. Ada dua jenis termometer yang umum diketahui, yaitu termometer air raksa dan termometer digital.

Dari kedua jenis termometer tersebut, termometer air raksa mungkin adalah yang paling sering Anda lihat.

Baca Juga: Pengertian Anomali Air Hingga Manfaat Untuk Kehidupan

Termometer jenis ini memiliki bentuk tabung kaca. Di dalam termometer air raksa berisi logam cair yang berwarna perak.

Cairan tersebutlah yang bernama air raksa atau terkenal dengan zat merkuri. Air raksa ini akan digunakan sebagai penunjuk suhu.

Cara menggunakan termometer air raksa sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam mulut, tepatnya di bawah lidah.

Setelah masuk ke dalam mulut, Anda bisa mendiamkannya sebentar. Air raksa yang ada di dalam termometer akan bergerak secara perlahan dan berhenti dalam satu titik angka tertentu sebagai penanda suhu.

Karena penggunaannya di dalam mulut, maka Anda harus membersihkan permukaan termometer terlebih dahulu.

Sudah Tidak Boleh Digunakan Lagi

Termometer air raksa merupakan alat pengukur suhu tubuh secara manual yang akurat dan relatif murah. Sayangnya, termometer air raksa saat ini sudah tidak boleh lagi beredar.

Baca Juga: Tumbukan Dalam Fisika Berkaitan dengan Momentum dan Impuls

Alasannya karena termometer air raksa lebih berisiko. Karena terbuat dari kaca, termometer ini termasuk mudah pecah dan bisa melukai mulut jika sedang digunakan.

Selain itu, jika pecah, maka air raksa di dalamnya akan keluar dan berisiko menyebabkan keracunan bila tertelan. Hal tersebut karena zat merkuri sangat berbahaya bagi tubuh.

Dalam membuang termometer air raksa juga tidak bisa sembarangan. Membuang alat tersebut harus ke dalam tempat khusus limbah medis.

Jadi Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis sebelum membuang termometer air raksa.

Karena alasan keamanan itulah, saat ini cara menggunakan termometer air raksa sudah tidak boleh lagi oleh pemerintah. Sebagai gantinya, saat ini sudah ada termometer digital yang lebih aman dan praktis. (R10/HR-Online)

- Advertisment -