Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghitung Persen di Kalkulator HP Praktis, Ikuti Tutorialnya!

Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP Praktis, Ikuti Tutorialnya!

Cara menghitung persen di kalkulator HP ternyata cukup simpel. Kalkulator menjadi salah satu aplikasi atau program dalam perangkat HP yang bermanfaat sebagai alat bantu hitung.

Seperti yang kita ketahui bahwa persen atau persentase seringkali digunakan dalam menunjukkan jumlah bagian dari seluruh data yang ada.

Seperti untuk membanderol biaya suatu produk dengan memberikan potongan harga dari keseluruhan harga jual sebenarnya.

Akan tetapi, penghitungan persen pada kalkulator sedikit membingungkan terkait dengan besaran potongan harga dari total harga barang tersebut.

Dengan demikian, kita perlu mempelajari bagaimana cara menghitung persen, khususnya menggunakan perangkat HP yang telah mendukung aplikasi kalkulator.

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar HP Hitam atau Blank Screen Tapi Nyala

Mengetahui Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP

Beberapa tahun sebelumnya terdapat banyak jenis kalkulator dalam berbagai merek yang dapat menunjang aktivitas menghitung.

Namun saat ini dengan semakin canggihnya teknologi, masyarakat dapat memanfaatkan alat hitung kalkulator dalam perangkat HP.

Sementara itu, dalam keseharian, mungkin kita akan banyak menemukan angka persen, baik saat berbelanja ke mall yang memberikan banyak diskon atau kredit barang yang muncul cicilan sekian persen.

Saat ingin tahu berapa persentase dari angka-angka tersebut, tentunya Anda tidak sempat untuk mengambil buku sebagai catatan atau melakukan penghitungan. Namun dengan smartphone, semua itu dapat Anda lakukan secara mudah.

Terutama saat ini telah banyak tersedia aplikasi kalkulator dengan berbagai rumus matematika. Dalam perhitungan persen melalui kalkulator, terdapat banyak metode yang dapat Anda gunakan.

Misalnya dengan memakai aplikasi kalkulator, Excel, atau kalkulator online. Dengan demikian, untuk membantu Anda dalam menghitung persen di kalkulator HP, berikut ini beberapa cara mudah yang dapat Anda terapkan.

Menghitung Persen di Kalkulator HP yang Tidak Memiliki Tombol %

Dalam hal ini, terdapat perangkat HP yang memiliki kalkulator tanpa menyediakan hitungan dengan bentuk persen.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung persen di kalkulator HP yang tidak terdapat tombol persen dengan beberapa langkah berikut:

Pertama, buka aplikasi kalkulator yang terdapat pada ponsel Anda.

Sebagai contoh, sebuah sepatu dengan harga Rp 300.000 dan memperoleh diskon sebesar 20%. Jadi berapakah harga sepatu tersebut setelah memperoleh diskon?

Baca Juga: Cara Ganti Nama Akun Gmail Dengan Mudah di HP dan PC, Yuk Coba!

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam matematika, persentase merupakan sebuah angka atau perbandingan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Sesuai dengan contoh tersebut, maka akan Anda tulis 20/100.

Selanjutnya dalam perhitungan tersebut akan muncul hasil sebesar 0,2

Langkah berikutnya, kalikan dengan sepatu yakni 0,2 x 300.000

Dari perkalian tersebut, maka akan muncul hasil 60.000

Lalu berapakah harga sepatu tersebut setelah memperoleh diskon? Anda hanya perlu mengurangi harga asli sepatu tersebut dengan jumlah diskon yang telah Anda hitung sebelumnya, 300.000-60.000 = 240.000

Jadi, harga sepatu setelah memperoleh diskon adalah Rp 240.000.

Menghitung Persen di Kalkulator Smartphone Melalui Tombol %

Cara ini cukup mudah untuk Anda lakukan, namun sedikit berbeda dari cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Cara menghitung persen pada perangkat HP yang telah memperoleh kelengkapan tombol persen antara lain:

Buka aplikasi kalkulator yang ada di dalam HP Anda.

Masih sama dengan contoh di atas yakni sepatu dengan harga Rp 300.000 dan memperoleh diskon sebesar 20%. Maka berapa harga sepatu setelah memperoleh diskon?

Anda tinggal tuliskan berapa besaran diskon yang ditetapkan yakni 20%.

Selanjutnya akan muncul hasil sebesar 0,2.

Cara menghitung persen di kalkulator HP selanjutnya, kalikan hasil tersebut dengan harga sepatu 0,2% x 300.000

Sepatu tersebut akan memperoleh diskon sebesar 60.000.

Untuk mengetahui harga sepatu setelah memperoleh diskon, Anda tinggal mengurangi harga asli sepatu dengan besaran diskon yang telah dihitung 300.000-60.000= 240.000.

Maka harga sepatu yang harus Anda bayar seharga Rp 240.000.

Baca Juga: Registrasi Kartu Telkomsel Gagal, Jangan Panik Ikuti Langkah Ini!

Menghitung Persen di Kalkulator HP Online

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan kalkulator online. Ini mungkin jarang digunakan karena pada setiap perangkat HP telah terdapat aplikasi bawaan kalkulator.

Sebenarnya sama seperti cara sebelumnya. Hanya saja, cara ini harus menggunakan koneksi internet terlebih dahulu. Berikut langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Pastikan koneksi internet HP Anda telah tersambung
  2. Lalu buka Google
  3. Selanjutnya Anda hanya perlu menulis “kalkulator online”
  4. Kemudian akan muncul kalkulator dengan beragam fitur lengkap yang dapat Anda manfaatkan.

Dengan mengetahui cara menghitung persen di kalkulator HP, maka Anda tak perlu bingung lagi saat menemukan diskon di sebuah produk yang akan Anda beli. Melalui cara di atas, Anda pun akan mengetahui besaran diskon dan harga dari suatu produk. (R10/HR-Online)

- Advertisment -