Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengikat Helm di Jok Motor yang Aman Agar Tidak Jatuh ke...

Cara Mengikat Helm di Jok Motor yang Aman Agar Tidak Jatuh ke Jalan

Cara mengikat helm di jok motor sangat penting untuk Anda ketahui, sebab banyak pengguna yang tidak tahu bagaimana tipsnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa helm sendiri adalah alat keselamatan yang wajib untuk digunakan saat bepergian menggunakan motor.

Karena harganya yang cenderung terjangkau, maka helm juga sering menjadi sasaran pencuri dan bisa jatuh apabila pemasangannya tidak tepat. Apalagi saat membawa helm cadangan, sangat penting untuk mengikatnya agar tak jatuh.

Baca Juga: Helm Tanpa Visior, Banyak Resiko dan Bahaya dalam Penggunaannya

Inilah Cara Mengikat Helm di Jok Motor yang Tepat

Untuk keperluan tertentu, biasanya banyak pengguna motor yang sering membawa dua helm. Misalnya saja untuk menjemput orang lain atau mungkin mengantarkan orang lain pergi.

Keberadaan helm juga berperan sangat penting, salah satunya adalah untuk menunjang keamanan pengendara motor tersebut.

Biasanya banyak orang yang sering menggantungkan helmnya di motor saat helm tersebut tidak digunakan.

Namun sayangnya, sebagian besar pengendara belum mengetahui bagaimana caranya mengikat helm yang baik dan benar.

Jika Anda adalah salah satunya, maka tak perlu khawatir, sebab ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 7 Pilihan Helm Motor Khusus Cowok, Bikin Tampil Maksimal di Jalanan!

Tips Mengikat Helm di Honda New CB150R

Cara mengikat helm di jok motor pertama ini adalah menggunakan contoh jok New Honda CB150R. Jadi, Anda cukup memanfaatkan piranti bawaannya yang sudah tersedia dengan toolkit pada bagian balik jok Honda tersebut.

Pertama-tama cukup masukan ujung kawat ke bagian besi yang berbentuk huruf “D” di helm, sebab biasanya semua helm memiliki kawat bentuk D.

Kemudian langsung lekatkan saja kedua ujung kawat sampai dengan memasukkannya ke bagian dudukan besi di balik jok.

Akan ada dua dudukan penahan jok, Anda bisa menggunakan pada bagian sebelah kiri karena sebelah kanan terpatri. Setelah talinya berhasil masuk pada kedua ujung, maka pengikatan helm pada jok motor sudah selesai.

Baca Juga: Yamaha FZS 25 Hadirkan Desain Trendy Dengan Mesin Touring Tangguh

Seberapa Penting Mengikat Helm?

Setelah Anda tahu bagaimana cara mengikat helm di jok motor, kini saatnya Anda mengetahui seberapa pentingkah mengikat helm itu.

Pada dasarnya, keberadaan helm selain membuat kita selamat, juga bisa untuk menghindari kecelakaan. Bagaimana bisa?

Misalnya saja saat membawa dua helm, satunya tidak digunakan alias diletakkan pada motor tersebut. Apabila terjatuh, kemungkinan besar bisa membuat pengendara lain kaget dan akhirnya jatuh.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda yang sedang membawa helm sebaiknya mencantolkan atau mengikatnya saja agar tak jatuh. Dengan demikian, Anda juga bisa leluasa berkendara di jalanan tanpa khawatir jika helm akan jatuh.

Seperti tadi, cara mengikat helm di jok motor sangat mudah. Hampir semua jenis jok akan sama tentang bagaimana cara mengikat helm. (R10/HR-Online)

- Advertisment -