Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Merawat Rambut di Rumah, Gak Perlu ke Salon

Cara Merawat Rambut di Rumah, Gak Perlu ke Salon

Saat pandemi, orang-orang cenderung mencari cara merawat rambut di rumah. Alasannya karena di rumah jauh lebih aman dan bisa punya waktu lebih banyak untuk mengurus rambut. Meski tidak pergi ke salon, rambut bisa tetap bagus dengan mengandalkan perawatan di rumah.

Apalagi perawatan rambut di salon kecantikan menghabiskan banyak biaya. Hasil perawatan dari salon terkadang tidak seperti yang kita harapkan. Oleh karena itu, mengurus rambut sendiri akan jauh lebih hemat dan kamu pun bisa memilih produk yang sesuai.

Untuk menemukan produk perawatan rambut terbaik, kamu harus mengenali jenis rambut dan kondisi kulit kepala.

Baca Juga: Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam dan Cara Mengatasinya

Rambut yang lepek cenderung memiliki kulit kepala yang berminyak. Akan tetapi, ada juga orang yang mencari cara merawat rambut di rumah agar tidak mudah kering dan patah.

Simak kiat-kiat di bawah ini untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

Begini Cara Merawat Rambut di Rumah

Rahasia mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau adalah telaten dalam merawat. Jika aktivitas sehari-hari lebih banyak di rumah, maka kamu punya kebebasan untuk melakukannya sendiri.

Namun, pastikan kamu sudah memiliki produk apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut idealmu!

Shampo

Untuk mencuci rambut dan membersihkan kulit kepala, kita membutuhkan shampoo. Cara merawat rambut di rumah yang pertama adalah menggunakan shampo untuk membersihkan kulit kepala.

Produk-produk shampo biasanya berbentuk cairan pencuci rambut dengan surfaktan jenis lauryl sulfate dan betaine. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan shampo bar (pencuci rambut batangan) dengan beberapa pertimbangan.

Shampo bekerja mengangkat kotoran, debu, dan sebum yang berasal dari kelenjar sebaceous agar larut dalam air.

Baca Juga: Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Herbal, Ini Pilihannya

Pencuci rambut cair pertama dibuat pada tahun 1927, saat itu shampo masih berupa cairan sintetis campuran yang belum sempurna. Shampo yang mengandung keratin adalah jenis shampo terbaik untuk merawat rambut rusak.

Conditioner

Cara merawat rambut di rumah tahap selanjutnya adalah menggunakan conditioner setelah keramas. Conditioner bertujuan untuk menghidrasi lapisan terluar rambut, sehingga kutikula yang renggang menjadi rapat kembali. Manfaat dari conditioner salah satunya lebih mudah dalam menata helaian rambut.

Penggunaan conditioner harus didiamkan selama 2-3 menit agar meresap ke dalam helaian rambut. Setelah itu, bilas dengan air bersih sampai tidak ada sisa conditioner yang menempel.

Rutin memakai conditioner setelah keramas juga membuat rambut lebih mengembang dan tidak mudah kusut.

Hair Vitamin

Keramas dan conditioner saja tidak cukup, karena rambut butuh proteksi agar lembab maksimal. Hair vitamin memberikan nutrisi tambahan agar rambut tetap sehat dan wangi seharian. Biasanya, produk-produk hair vitamin berbentuk oil atau spray.

Menyemprotkan hair vitamin spray merupakan cara merawat rambut di rumah yang paling praktis, karena bisa dilakukan kapan saja. Namun, sebagian orang lebih suka menggunakan hair vitamin oil agar helaian rambut mendapat nutrisi lebih merata.

Hair Serum

Tidak hanya kulit saja yang butuh serum, rambut juga. Penggunaan hair serum bertujuan untuk memperbaiki kerusakan rambut dan mengurangi efek panas dari alat styling.

Baca Juga: Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum, Jangan Salah!

Hair serum bisa memberikan vitamin sekaligus mencegah rambut rontok dan patah. Mengoleskan hair serum sebelum mencatok rambut merupakan cara merawat rambut di rumah yang perlu kamu ketahui.

Hair Oil

Tak hanya itu, ada juga hair oil atau minyak rambut. Meskipun terbuat dari minyak, namun produk perawatan rambut satu ini bekerja melembutkan setiap helaian terutama bagian ujung.

Gunakan hair oil sekitar satu jam atau beberapa menit sebelum keramas untuk menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau.

Jenis minyak rambut yang paling umum adalah coconut oil, olive oil, dan jojoba oil. Meski hair oil dan vitamin oil sama-sama minyak, namun keduanya berbeda. Hair oil mengandung konsentrat yang lebih pekat, sedangkan hair vitamin cenderung lebih ringan.

Agar tidak tertukar, pahami perbedaan hair oil dan hair serum. Pastikan kamu memilih jenis perawatan yang sesuai dengan keluhan rambut atau kulit kepala.

Membedakan fungsi dari setiap produk akan membantu kamu mempelajari cara merawat rambut di rumah. Meski tidak pergi ke salon, rambut akan tetap sehat dan indah. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)