Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mudah Hilangkan Logo Headset di Semua HP Android

Cara Mudah Hilangkan Logo Headset di Semua HP Android

Cara hilangkan logo headset (mode headset) sepintas memang mudah. Namun ketika Anda mencobanya, ternyata mode tersebut masih ada atau tidak hilang.

Seperti kita ketahui, HP Android tentu selalu melalui tahap uji kelayakan sebelum masuk peredaran.

Baca Juga : Headset Logitech G435 Menjadi Produk Terbaru Bagi Para Gamers

Akan tetapi, salah satu masalah yang masih dialami pengguna adalah tanda earphone pada ponsel tidak hilang. Padahal headset tidak dalam keadaan terpasang.

Akibatnya, dengan mode headset yang tidak hilang tersebut, menyebabkan ponsel tidak mengeluarkan suara.

Sedangkan dalam kondisi normal, secara otomatis saat headset dicolokkan ke ponsel, mode headset akan tampil di bagian atas layar.

Cara Mudah Hilangkan Logo Headset Semua Smartphone

Biasanya, mode headset ini memberikan instruksi suara yang dikeluarkan oleh ponsel yang akan ditransfer ke headset yang terpasang. Oleh karena itu, dalam mode aktif, suara ponsel tidak akan keluar lewat speaker ponsel.

Jadi ini adalah masalah yang sering pengguna HP Android alami. Biasanya, mode headset masih aktif meski tidak dalam dicolokkan.

Tentunya banyak penyebabnya. Maka dari itu cara mudah menghilangkan logo headset pada HP Android harus Anda lakukan step by step.

Lantas apa masalahnya jika mode headset tidak kunjung hilang? Masalah utamanya adalah terkadang membuat speaker HP tidak bisa mengeluarkan suara.

Baca Juga : Tips Memilih Headset Sesuai Kebutuhan, Perhatikan 4 Hal Ini!

Meski memang ada beberapa pengguna lain, saat icon headset yang muncul tidak berdampak negatif. Namun kebanyakan akan berdampak seperti speaker handphone yang tidak bisa mengeluarkan suara.

Bagi pengguna pemula tentunya, hal ini tidak bisa dengan mudah mengatasinya. Sehingga, Anda harus cari terlebih dulu penyebabnya. Namun setidaknya sebelum kita membawanya ke service center, kita bisa mencoba cara mudah hilangkan logo headset pada ponsel.

Lepas dan Pasang Kembali Headset

Langkah yang sederhana adalah melepas, kemudian memasang kembali headset. Mungkin cara ini cukup sederhana, tapi tips ini cukup efektif.

Namun dari beberapa informasi, ada beberapa cara penggunaan Lepas dan Pasang kembali headset. Langkah-langkahnya cara mudah hilangkan logo headset sebagai berikut :

  • Melepas dan memasang headset dengan penundaan 5 detik
  • Lepaskan dan pasang kembali headset dengan penundaan 1 detik
  • Saat menggunakan metode ini, disarankan untuk memutar musik sambil bermain
  • Silakan putar musik dengan headset tidak terpasang
  • Pasang headset ke ponsel
  • Kemudian cabut headset sebagian (setengah terpasang)
  • Tolong beri tepukan kecil atau gunakan benda ringan pada konektor headset
  • Pasang kembali headsetnya
  • Dan lepaskan headset dari telepon

Bersihkan Port dan Konektor Headset

Menggunakan headset yang terlalu lama dan tanpa ada perawatan, akan menjadi penyebab munculnya mode headset meskipun sudah Anda cabut.

Sebab, benda kecil atau kotoran yang menempel pada lubang headset dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Menyarankan untuk membersihkan port dan konektor headset adalah cara mudah untuk hilangkan logo tersebut.

Pasalnya, Anda tinggal menggunakan kapas yang diolesi minyak kayu putih secukupnya dengan bantuan benda kecil.

Menyiapkan Sistem HP Android

Penyebab lain dari mode headset yang selalu muncul saat Anda mencabutnya adalah bug dari sistem MUI HP Android itu sendiri.

Bug yang ada pada sistem android pasti akan terjadi. Karena cara mudah menghilangkan logo headset pada Android, adalah dengan memberikan tindakan ke sistem ponsel untuk menanganinya.

Penanganannya dapat dilakukan dengan berbagai cara, tentunya dianjurkan untuk dilakukan secara bertahap. Antara lain:

Restart Perangkat atau Mode Pesawat

Bug yang terjadi pada smartphone bisa teratasi dengan cara refresh-nya. Solusi ini memang sangat sederhana, namun cara ini akan memberikan keuntungan yang cukup besar untuk HP.

Pernahkah Anda mengeluh tentang koneksi internet yang lambat. Ketika Anda mengeluh kepada operator, maka saran operator tersebut adalah untuk me-restart perangkat.

Oleh karena itu cara mudah hilangkan logo headset pada ponsel Android ini, bisa kita coba restart perangkat terlebih dahulu.

Mensetting Ulang Speaker Pengaturan Ponsel

Cara selanjutnya adalah dengan me-reset setting HP Android. Biasanya sistem pada smartphone bisa bekerja secara otomatis. Namun terkadang kita perlu mengaturnya secara manual agar bisa kembali normal.

Hal ini juga berlaku untuk masalah tanda earphone HP Android, yang muncul saat headset sudah terlepas.

Jadi untuk mengaturnya secara manual, cara mudah hilangkan logo headset pada smartphone dengan setting ulang speaker adalah sebagai berikut :

  1. Buka menu pengaturan
  2. Suara dan getaran
  3. Pengaturan audio
  4. Pilih salah satu jenis headset yang ditampilkan
  5. pasang headset lalu pasang kembali

jadi dengan cara mudah hilangkan logo headset pada semua jenis HP Android di atas, bisa Anda coba sebelum pergi ke tukang reparasi smartphone. (R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -