Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita BisnisCara Transaksi Saham di Pasar Nego Mudah dan Aman, Wajib Tahu!

Cara Transaksi Saham di Pasar Nego Mudah dan Aman, Wajib Tahu!

Cara transaksi saham di pasar nego sedikit berbeda dari pasar tunai dan reguler. Meski begitu, bukan berarti pasar nego lebih sulit.

Pasar nego atau negosiasi adalah salah satu dari tiga jenis pasar saham. Setiap pasar memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing.

Untuk pasar nego sendiri, sesuai namanya, penjual dan pembeli dapat melakukan nego terhadap harga saham hingga terjadi kesepakatan.

Baca Juga: Saham Likuid Murah Hari Ini Didominasi PT Pertambangan

Ketahui Cara Transaksi Saham di Pasar Nego yang Benar

Secara harfiah, arti pasar adalah sebuah tempat pertemuan penjual dan pembeli. Keduanya akan melakukan transaksi untuk memindahkan hak milik suatu barang.

Saham, sebuah instrumen investasi tentunya juga memiliki pasar untuk memperdagangkannya.

Pasar dalam saham ada tiga, yaitu pasar reguler, tunai, dan negosiasi. Dari tiga pasar tersebut, yang memiliki perbedaan mencolok adalah pasar negosiasi.

Pengertian pasar negosiasi sendiri adalah sebuah tempat investasi tempat instrumen saham, HMETD, obligasi, dan waran dengan sistem tawar-menawar individual.

Tawar-menawar terjadi antara anggota bursa baru, nasabah melalui anggota bursa baru, atau nasabah dengan anggota bursa.

Sistem perdagangan di pasar nego menggunakan satuan lembar saham. Tidak seperti umumnya yang berupa satu slot atau 100 lembar. Untuk bertransaksi di pasar nego juga sangat mudah, berikut caranya:

Baca Juga: Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal Secara Umum

Melalui Platform Trading

Pertama Anda harus membuka website platform trading. Jika berbentuk aplikasi, maka download terlebih dahulu. Sebelum memulai, pastikan Anda sudah membuat akun.

Setelah terbuka, masuk ke halaman order di platform tersebut. Anda bisa mencari saham-saham negosiasi. Cirinya adalah memiliki akhiran .NG. Contohnya BNGA.NG dan sebagainya.

Selanjutnya pilih kode saham tersebut. Isi dengan volume harga yang Anda inginkan. Contoh platform trading adalah Stockbit, IPOT, dan Bibit

Melalui Broker Saham

Cara transaksi saham di pasar nego lainnya adalah melalui broker saham. Untuk memulai transaksi, Anda harus menghubungi broker untuk pengajuan penawaran.

Setelah mengajukan penawaran, maka broker akan menginformasikan permintaan tersebut ke kantor pusat. Kemudian sekuritas akan mengisiasi penawaran saham kepada investor lain.

Jika ada yang berminat, maka broker akan menghubungi investor terhadap pengajuan transaksi sebelumnya.

Beberapa broker terbaik di Indonesia seperti Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP), Mandiri Sekuritas (CC), dan Indo Premier Sekuritas (PD).

Baca Juga: Rekomendasi Buku Saham Terbaik untuk Para Investor Pemula

Jam Perdagangan Pasar Negosiasi

Transaksi saham tidak berjalan non stop 24 jam seperti halnya kripto. Terdapat jam pasar saham yang terbagi menjadi dua sesi dari hari Senin hingga Jumat.

Sesi 1 : Pukul 09.00 WIB s/d 11.30 WIB.

Sesi 2 : 13.30 WIB s/d 15.15 WIB.

Perlu Anda ketahui bahwa segala transaksi yang terjadi di bawah jam atau waktu tersebut, maka dianggap tidak sah. Karenanya, penting untuk para investor mengetahui jam operasi pasar saham mereka.

Sejatinya, ada berbagai kemudahan dalam cara transaksi saham di pasar nego. Sebelum memutuskan bertransaksi, jangan lupa mengecek perusahaan sekuritas tersebut untuk menjamin keamanan. (R10/HR-Online)