Rabu, Mei 18, 2022
BerandaTeknologiKomputerCek Kesehatan Baterai pada Perangkat Mobile, Performa Lebih Maksimal

Cek Kesehatan Baterai pada Perangkat Mobile, Performa Lebih Maksimal

Cek kesehatan baterai pada suatu perangkat adalah hal penting yang perlu Anda lakukan. Seperti yang kita ketahui, baterai merupakan salah satu komponen yang mempunyai fungsi sebagai sumber daya energi baik pada perangkat HP ataupun laptop/komputer.

Kehadiran baterai merupakan hal penting untuk membuat sebuah perangkat dapat beroperasi. Performa dari perangkat HP atau PC sangat dipengaruhi oleh kondisi baterai yang tersemat di dalamnya.

Baca juga: Tips Hemat Baterai HP Saat Tethering, Performa Ponsel Lebih Terjaga

Semakin bagus kondisi baterai pada perangkat tersebut, maka performanya pun juga akan semakin baik. Perlu Anda ketahui, bahwa kesehatan baterai juga dapat berkurang seiring dengan penggunaannya.

Cara Cek Kesehatan Baterai pada Perangkat Mobile

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan baterai. Dari penggunaan yang tidak wajar atau penggunaan yang terlalu over. Seperti penggunaan perangkat dalam kondisi di cas atau perangkat yang dibiarkan sampai kehabisan baterai berkali-kali.

Hal inilah yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan baterai pada suatu perangkat menjadi tidak sehat. Dengan demikian, baterai pun bekerja dengan tidak prima lagi.

Sehingga performa dari perangkat pun menjadi semakin menurun. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan cek kesehatan baterai pada perangkat yang Anda  gunakan.

Penyebab Kesehatan Baterai Menurun

Sebelum mengetahui cara cek baterai pada perangkat mobile Anda dengan benar, penting untuk mengetahui penyebab menurunnya kesehatan komponen tersebut, antara lain:

Terlalu Sering Di-charge

Masing-masing baterai pada suatu perangkat memiliki umur pengisian, maka setiap kali Anda mengisi ulang daya akan membuat umur baterai pada perangkat semakin pendek.

Artinya, baterai yang selalu di-charge adalah pada saat saya baterai masih tinggi, namun Anda tetap melakukan pengisian ulang. Sebagai contoh pada saat baterai HP masih berada di atas 40% atau lebih, karena tersedak tempat charger atau powerbank, Anda langsung melakukan pengisian ulang.

Baca juga: Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama, Simak Tips Praktisnya

Hal ini merupakan salah satu kesalahan yang cukup fatal yang paling banyak ditemui. Bahkan menjadi penyebab utama baterai pada smartphone atau perangkat laptop berumur pendek serta mudah rusak. Cek kesehatan baterai ini wajib Anda perhatikan.

Perangkat Digunakan dalam Posisi Charging

Hal ini dapat membuat daya isi baterai menjadi tidak stabil. Hal inai dapat menyebabkan kesehatan baterai akan semakin menurun. Penggunaan perangkat pada saat proses pengisian daya akan membuat baterai cepat panas karena bekerja keras pada saat proses pengecasan. Hal ini pun juga akan membuat baterai cepat rusak da menurun kesehatannya.

Proses Pengecasan yang Terlalu Lama

Terlalu lama melakukan pengecasan pada sebuah baterai juga mempengaruhi kesehatan baterai. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan baterai bahkan dapat terjadi kerusakan yang cukup fatal. Sebaiknya cek kesehatan baterai dengan cara pengisian sesuai dengan waktu normal, segera cabut cas apabila persentase telah penuh.

Membiarkan Baterai pada Perangkat Kehabisan Daya

Membiarkan baterai perangkat berada pada titik terendah juga berpengaruh terhadap kesehatan baterai. Baterai yang kehabisan daya dan tidak segera dilakukan pengisian ulang, maka kesehatan baterai tersebut akan mudah menurun.

Hal ini akan menyebabkan daya tampung baterai menurun drastis. Untuk menjaga kesehatan baterai, sebaiknya segera lakukan pengisian ulang pada saat baterai berada 20% sehingga performanya akan selalu tetap terjaga.

Ciri-Ciri Kesehatan Baterai Alami Penurunan

Untuk mempermudah cek kesehatan baterai pada sebuah perangkat, hal penting lain yang perlu Anda ketahui adalah mengetahui ciri-ciri kesehatan baterai yang alami penurunan. Ciri-ciri tersebut antara lain:

  • Baterai cepat penuh dan cepat habis. Hal ini berarti daya penyimpanan baterai sudah mulai rusak.
  • Baterai cepat habis. Apabila baterai dalam keadaan dicas penuh 100%, dan Anda gunakan baru beberapa saat, namun keadaan baterai langsung lowbat. Hal ini menandakan baterai pada perangkat Anda mulai alami kerusakan.
  • Posisi di-charge dengan full, akan tetapi pada saat Anda cabut dari charger, perangkat langsung dalam keadaan mati. Hal ini menandakan kerusakan total.

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam pada Android

Apabila smartphone Anda telah berumur lama, tentu Anda akan merasakan perbedaan dalam komponen perangkat tersebut. Perbedaan tersebut yakni kondisi baterai yang sudah tidak awet lagi.

Baca juga: Penyebab Baterai HP Boros, Bisa Jadi Ini Kemungkinannya

Tentunya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara cek kesehatan baterai tanam tersebut. Berikut ini cara untuk mengetahui kesehatan baterai tanam pada perangkat Android antara lain:

Menggunakan Kode Pengecek Baterai

Kode pengecek baterai terdapat pada semua perangkat HP, terutama pada tipe non-removable battery. Cara cek kesehatan baterai tanam pada perangkat Android dengan menggunakan kode pengecekan baterai antara lain:

  • Buka Dial Pad, kemudian ketik *#*#4636*#*#.
  • Tunggu beberapa saat, yang selanjutnya akan muncul menu baru
  • Kemudian masuk pada menu Battery Information atau Battery Statistic. Melalui menu ini, maka akan terdapat indikator baterai. Jika keadaan baterai masih bagus maka akan tertulis Good atau Baik.

Gunakan Ponsel dalam Keadaan Full Load

Durasi ketahanan daya baterai, tentu akan berkurang kapasitasnya siring dengan penggunaannya. Oleh karena itu, untuk cek kesehatan baterai, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan HP untuk pekerjaan berat yang dapat membuat HP dalam keadaan full load.

Selanjutnya coba cek indikator baterai. Jika baterai berkurang secara normal, maka kondisi baterai masih dalam keadaan baik. Akan tetapi jika baterai berkurang dengan sangat cepat, berarti baterai HP sudah bermasalah.

Menggunakan Aplikasi Accubattery

Cara cek kesehatan baterai tanam pada perangkat Android dengan menggunakan aplikasi Accubattery antara lain:

  • Install aplikasi pada perangkat Android
  • Lalu habiskan persentase baterai hingga 0%
  • Berikutnya sambungkan ke pengisi daya, dan nyalakan HP
  • Lalu, pastikanlah aplikasi AccuBattery sudah berjalan
  • Tinggi hingga proses selesai 100%
  • Lepas charger, lalu bukalah aplikasi AccuBattery.
  • Selanjutnya akan tersedia pemberitahuan tentang Health Battery sekaligus estimasi dari daya tahannya.

Cara Cek pada Baterai iPhone

Bagi Anda para pengguna iPhone, pernahkan Anda merasa kondisi kesehatan baterai pada perangkat Anda semakin menurun. Hal ini tentu menjadi hal yang lumrah bagi para pengguna iPhone.

Baca juga: Konektor Baterai HP Patah, Inilah Dampak dan Cara Mengatasinya

Faktor penyebab dari kondisi kesehatan baterai iPhone salah satunya adalah karena usia perangkat. Apple pun mengakui bahwa adanya penurunan kesehatan baterai dapat menyebabkan kinerja dari perangkat menjadi lambat.

Saat ini, para pengguna iPhone dapat melakukan pengecekan sendiri kondisi kesehatan baterai iPhone. Adapun cara cek kesehatan baterai pada perangkat iPhone yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Langkah pertama buka menu Setting
  • Kemudian scroll hingga bagian bawah serta pilih Battery
  • Lalu pilih Battery Health.

Pada menu Battery Health akan terdapat berbagai informasi tentang kondisi kesehatan baterai iPhone yang Anda gunakan. Mulai dari kapasitas maksimum 100%, atau kapasitas menurun hingga 95 atau 80%.

Kondisi 100% menjelaskan bahwa kesehatan baterai iPhone yang Anda gunakan sangat prima. Namun jika kondisi baterai di bawah 80%, maka hal ini tandanya baterai iPhone Anda dalam keadaan tidak sehat.

Cara Cek pada Baterai Laptop

Sama halnya perangkat elektronik lainnya yang menggunakan baterai, perangkat laptop juga dapat mengalami daya baterai habis atau low battery. Hal ini tentunya dapat menjadi kendala tersendiri dalam aktivitas yang Anda lakukan.

Seperti yang kita ketahui, dalam setiap baterai perangkat mempunyai masa pakai yang dari waktu ke waktu akan berkurang. Pada akhirnya akan berhenti fungsi secara efisien dari waktu sebelumnya.

Jika pada awalnya, Anda mempunyai daya baterai laptop yang dapat bertahan hingga 6-8 jam. Saat ini baterai tersebut hanya dapat bertahan selama 3 jam sebelum kondisi low battery.

Sebelum melakukan cek kesehatan baterai laptop, penting bagi Anda untuk mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan siklus baterai.

Baca juga: Indikator Baterai HP Tidak Sesuai, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Secara umum, siklus baterai merupakan jumlah berapa kali Anda men-charge daya baterai pada laptop saat menggunakannya.

Dalam setiap pengisian baterai penuh dari 0% hingga 100%, hal ini dihitung sebagai siklus penuh. Maka semakin tinggi jumlah siklus baterai yang Anda miliki, maka semakin tua, baterai tersebut.

Cara Cek Baterai pada Perangkat Laptop Windows

Bagi Anda pengguna laptop Windows, maka Anda dapat melakukan pengecekan kesehatan baterai dengan beberapa langkah antara lain:

  • Pertama, klik tombol Start serta ketik perintah “cmd” lalu tekan tombol CTRL + Shift + Enter secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk menjalankan program dalam administrator mode.
  • Berikutnya ketik kalimat Powercfg/battery report, kemudian tekan enter. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Cara cek kesehatan baterai laptop Windows selanjutnya, buka Users/Your Username folder atau di C:\\WINDOWS\system32 pada laman file Explorer. Kemudian cari battery-report.html. Double klik pada file tersebut untuk membukanya.
  • Langkah berikutnya scroll hingga bagian bawah temukan Battery Information untuk dapat melihat data Design Capacity, Full Charge Capacity serta Cycle Count
  • Terus ke bagian bawah untuk dapat menemukan Battery Life Estimates untuk mengetahui berapa lama laptop Anda dapat bertahan dalam sekali charge, dengan kondisi baterai saat ini.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai

Selain cek kesehatan baterai , berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan baterai agar dapat awet tahan lama antara lain:

Hindari Pengecasan yang Terlalu Lama

Untuk menjaga kesehatan baterai pada perangkat mobile yang Anda gunakan, sebaiknya Anda menghentikan proses pengecasan daya baterai apabila sudah dalam keadaan penuh.

Hal ini bertujuan untuk mencegah arus tegangan yang dialirkan terus berjalan. Pengisian baterai yang terlalu lama dapat menyebabkan perangkat akan lebih mudah panas.

Jangan Biarkan Baterai Kehabisan Daya Secara Total

Tips menjaga kesehatan baterai selanjutnya adalah dengan jangan membiarkan kondisi baterai dalam keadaan 0%. Terutama jika Anda biarkan dalam keadaan terlalu lama.

Pasalnya dalam keadaan mati total, maka perangkat membutuhkan tenaga ekstra untuk mengisi daya kembali. Hal ini dapat membuat perangkat menjadi lebih panas dalam proses pengisian daya baterai pada tahap awal.

Baca juga: Penyebab Baterai HP Bocor, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

Selain itu, reaksi kimia yang terdapat di dalam baterai akan menghasilkan gas yang berlebih pada saat Anda melakukan pengecasan dalam kondisi baterai 0%.

Jangan Gunakan Perangkat pada Saat Proses Pengecasan

Baterai akan lebih optimal serat memiliki umur yang lebih panjang apabila Anda melakukan pengecasan dengan perangkat dalam kondisi mati. Akan tetapi, jika Anda mengisi daya baterai dalam kondisi menyala, maka sebaiknya jangan gunakan perangkat untuk beraktivitas mobile, karena ini akan menyebabkan perangkat menghasilkan panas berlebih.

Perhatikan Siklus Pengecasan Baterai

Masing-masing baterai pada sebuah perangkat memiliki siklus pengisian daya baterai yang beraneka ragam. Siklus pengecasan baterai juga dapat Anda gunakan sebagai sarana cek kesehatan baterai dalam sebuah perangkat.

Baca juga: Agar Tidak Cepat ‘Lowbat’, Begini Cara Menghemat Baterai HP

Semakin banyak siklus pengisian daya baterai HP yang dimiliki, maka kemampuan daya baterai pun akan menurun. Oleh karena itu, hindari pengecasan yang terlalu sering.

Dengan melakukan cek kesehatan baterai maka kesehatan baterai pun akan lebih terjaga. Perangkat Anda akan lebih awet dan tahan lama lebih maksimal dalam penggunaannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -