Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri-ciri Gula Darah Naik, Waspada Penyakit Diabetes!

Ciri-ciri Gula Darah Naik, Waspada Penyakit Diabetes!

Ciri-ciri gula darah naik penting untuk Anda ketahui dan waspadai agar terhindar dari penyakit kencing manis atau diabetes. Penyakit tersebut termasuk penyakit kategori kronis yang biasa disebut ‘penyakit gula’.

Hal itu terjadi karena adanya kerusakan kinerja hormon insulin. Penyakit kencing manis ini terbagi 4 tipe, mulai dari tipe 1, 2, diabetes gestasional dan tipe lainnya.

Jika penyakit tersebut tidak segera mendapat penanganan serius bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi penyakit, seperti jantung koroner, stroke, gangguan mata, ginjal hingga saraf.

Ada beberapa ciri seseorang terserang penyakit kencing manis. Bahkan, sebagian orang telah menyadari jika tubuhnya mengalami komplikasi serupa.

Seperti misalnya gangguan pada mata hingga organ ginjalnya. Oleh karena itu, penting buat Anda untuk mengetahui apa saja ciri-ciri dari penyakit ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tanda yang wajib Anda waspadai dan jangan sampai Anda tidak mengetahuinya.

Kenali dan Waspadai 8 Ciri-ciri Gula Darah Naik

Baca Juga : Jadwal Tidur Tak Teratur Tingkatkan Risiko Penyakit Diabetes dan Hipertensi

Gampang Merasa Lapar

Pada awal munculnya penyakit kencing manis, seseorang yang mengalami gula darah naik akan gampang merasa lapar. Bahkan hal ini bisa saja terjadi meskipun Anda sudah menjalankan pola makan yang teratur.

Semua itu karena nutrisi makanan tidak bisa diubah jadi energi lantaran insulin dalam tubuh kurang. Sehingga, kadar gula yang ada dalam tubuh pun akan menurun drastis.

Kondisi tersebut akan membuat tubuh seperti belum mendapatkan asupan makan dan lebih menginginkan asupan glukosa yang dibutuhkan sel.

Sering Buang Air Kecil

Seseorang yang memiliki gula darah tinggi tubuhnya akan secara otomatis mengeluarkannya melalui urine. Jika Anda sering merasa ingin buang air kecil, perlu mewaspadainya dan segera konsultasikan ke dokter.

Karena hal itu juga bisa menjadi salah satu tanda gula darah sedang tinggi. Kondisi tersebut bisa membuat seseorang lebih mudah merasa haus.

Baca Juga : Gejala Diabetes Kering yang Harus Diwaspadai Sejak Awal

Mudah Merasa Haus

Ciri-ciri gula darah naik yang berikutnya yaitu mudah merasa haus. Seseorang yang memiliki penyakit kencing manis akan gampang merasa haus.

Mereka cenderung akan lebih sering minum air karena kondisi insulin yang ada dalam tubuhnya sudah terganggu.

Habisnya air dalam tubuh akibat sering kencing akan membuat seseorang selalu merasa ingin minum sehingga butuh asupan air yang banyak.

Rasa haus yang berlebihan menjadi ciri kalau tubuh Anda itu tengah mengelola kondisi gula darah yang sedang mengalami kenaikkan.

Mudah Lelah

Tubuh menjadi mudah merasa lelah atau capek termasuk ciri-ciri gula darah naik. Hal ini akibat tubuh sudah tidak mampu lagi mengelola serta memperoleh energi dalam jumlah cukup dari makanan.

Sebab, nutrisi makanan yang telah Anda konsumsi sulit untuk mengubahnya menjadi energi. Ini akibat dalam tubuh seseorang kekurangan hormon insulin.

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Kencing Manis, Penyebab, dan Gejalanya

Gampang Murung

Ciri-ciri gula darah naik berikutnya yaitu mudah murung. Bagi seseorang yang mengalami kondisi tersebut maka moodnya akan sangat buruk. Bahkan cenderung menjadi mudah marah.

Perlu Anda ketahui pula bahwa gula darah naik bisa mengakibatkan seseorang cenderung mengalami gejala seperti depresi.

Pada umumnya ciri-ciri yang paling gampang Anda kenali yaitu kondisi badan terasa sangat malas dan lelah untuk menjalankan aktivitas apapun.

Apa yang terasa cuma ingin tidur dan tidak ingin beraktivitas. Sehingga suasana hati seseorang akan mengalami perubahan yang signifikan.

Gatal Sekitar Area Kemaluan

Terasa gatal sekitar area kemaluan juga menjadi salah satu ciri-ciri gula darah sedang naik, terutama kaum wanita.

Gangguan tersebut cenderung lebih gampang terjadi, bahkan bisa menimbulkan infeksi jamur. Semua itu akibat jamur punya potensi hidup serta tumbuh di area yang memiliki kandungan gula tinggi.

Berat Badan Turun Drastis

Berat badan turun drastis bisa menjadi ciri-ciri gula darah naik yang selanjutnya. Kondisi ini pun patut Anda waspadai dan jangan menyepelekan.

Penurunan tersebut berlangsung secara signifikan tanpa mengetahui penyebabnya yang jelas. Kondisi itu terjadi begitu saja.

Kadar gula darah dalam tubuh yang sangat tinggi bisa mengakibatkan berat badan turun secara cepat. Pasalnya, hormon insulin yang ada dalam tubuh tidak bisa mendapatkan glukosa buat sel-selnya yang nantinya berfungsi sebagai energi.

Luka Sulit Sembuh

Ciri-ciri gula darah naik yang terakhir yaitu adanya luka yang sulit sekali sembuhnya. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang yang menderitanya.

Jika lukanya dalam kondisi sangat parah maka hal ini akan berujung pada tindakan amputasi terhadap si penderita.

Itulah 8 tanda gula darah dalam tubuh naik. Bagi siapa saja yang mengalami semua kondisi tersebut tentunya tidak boleh menyepelekannya.

Menerapkan pola hidup sehat adalah salah satu upaya agar terhindar dari ancaman penyakit tersebut. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -