Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruDell XPS 13 Plus Hadir Sebagai Laptop Canggih Minimalis dan Elegan

Dell XPS 13 Plus Hadir Sebagai Laptop Canggih Minimalis dan Elegan

Dell XPS 13 Plus kini hadir sebagai laptop premium. Seakan kurang puas dengan kesuksesan Dell XPS 13, laptop yang sebelumnya menjadi pemicu tren bezel tipis pada 2020, kini Dell meluncurkan seri terbarunya pada ajang CES 2022, Selasa (4/1/2022) lalu.

Meski memiliki tampilan luar sangat mirip dengan pendahulunya, namun akan tampak perbedaan jelas saat membukanya. Bahkan apabila membandingkan dengan laptop-laptop lainnya yang ada di pasaran. 

Review Dell XPS 13 Plus, Hadir Sebagai Laptop Canggih

Saat ini Dell menghadirkan upgrade untuk line up laptop premium. Laptop ini hadir dengan berbagai perubahan terbaru. Mulai dari tampilan desain, performa, hingga fitur yang lebih canggih dari sebelumnya.

Baca Juga: Asus ExpertBook B3 Detachable Berhasil Rilis, Berbasis Windows 11

Laptop ini dipamerkan Dell pada saat event CES 2022. Tampak mengusung desain yang lebih modern dari sebelumnya.

Monitor Dell ini juga menghadirkan desain cantik. Desainnya yang canggih dengan finishing platinum silver dapat melengkapi tatanan ruang kerja dalam rumah Anda.

Desain Estetik

Tampilan estetikanya yang seminimalis mungkin, bahkan tidak menampilkan kabel-kabel berantakan tanpa mengurangi fungsi Dell XPS 13 Plus.

Jumlah port dan opsi konektivitas dari monitor ini juga memungkinkan pengguna apabila ingin mengubahnya sebagai hub produktivitas.

Bezel layarnya tampak tipis serta bagian keyboard edge-to-edge memenuhi seluruh penampang. Sehingga tak ada ruangan yang terbuang. Hal ini membuat penggunanya lebih nyaman saat mengetik.

Pada bagian touchpad dibuat selaras dengan palm rest tanpa terlihat tombol maupun batas area touchpad. Bodi perangkat juga lebih ramping, dengan ketebalan sekitar 0,6 inci dan bobot 1,2 kg.

Laptop Dell XPS 13 Plus tersedia 2 pilihan warna, yakni warna terang (platinum) dan gelap (graphite). Selain itu, terdapat lapisan permukaan terbaru yang menampilkan kesan premium dan menyenangkan.

Baca juga: Samsung Home Hub Muncul di CES 2022, Apa Keistimewaannya?

Laptop ini juga mendukung monitor baru yang menarik yaitu Dell UltraSharp 32 4K Video Conferencing Monitor.

Monitor baru ini meraih penghargaan CES Innovation Award Honoree. Selain itu, juga melengkapinya dengan WebCam UltraSharp.

Bahkan terdapat mikrofon dual array dengan kemampuan echo cancelling dan speaker 14W. Monitor Dell XPS 13 Plus ini memberikan pengalaman kolaborasi dan visual terbaik. Sehingga membuat penggunanya seolah-olah hadir langsung di tempat.

Berkat adanya teknologi IPS Black inovatif dan VESA Display HDR 400 juga memungkinkan pengguna untuk melihat detail konten lebih jelas.

Sedangkan fitur ComfortView Plus membantu mengurangi emisi cahaya biru, namun tetap mempertahankan akurasi warna.

Performa

Dari segi performa, laptop Dell XPS 13 Plus menggunakan prosesor terbaru Intel Core Gen-12. Performa dan daya terbaru ini lebih tinggi dari seri sebelumnya yang menggunakan prosesor Intel Core Gen-11.

Laptop ini juga memasangkan memori LPDDR5-5200 (dual channel) dengan opsi 8GB hingga 32GB. Sedangkan untuk penyimpanan PCIe 4 SSD hingga 2TB.

Fitur lainnya yang tersedia dari laptop ini, seperti Wi-Fi 6 E dan Bluetooth 5.2. Bahkan tersedia dua port Thunderbolt 4 (USB Type-C) dengan DisplayPort.

Dell juga menyediakan adaptor USB Type-C ke USB Type-A dalam paket penjualan. Mengimbangi performanya lebih tinggi, laptop ini tidak lupa menghadirkan kipas pendingin yang besar.

Kipas tersebut diklaim dapat memberikan pendinginan 55% lebih baik. Dell XPS 13 Plus juga melengkapinya dengan pengisian daya cepat Express Charge 2.0. Apabila melakukan pengisian daya hingga 80%, membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

Laptop ini membekali audio dengan empat speaker stereo. Penggunanya dapat menikmati musik, film, ataupun saat melakukan konferensi video.

Baca Juga: Acer Chromebook 315 (CB315-4H/T) Siap Meluncur, Sehebat Apakah?

Saat pengguna sedang membuat atau menikmati konten pilihan, tentu dapat menikmati suara lebih keras dan rentang dinamis yang luas. Hal itu berkat desain speaker quad yang lebih baik.

Dua pengeras suara aktif tersembunyi pada bagian bawah keyboard, sedangkan dua pengeras suara lainnya terdapat pada bagian dasar laptop.

Hasil suara Dell ini kencang saat menikmati musik, film, ataupun menikmati konferensi video. Dell terbaru ini akan tersedia untuk seluruh dunia mulai awal tahun 2022. Tentu dengan opsi OS Windows 11 atau Ubuntu 20.04 untuk edisi Developer.

Harga Dell XPS 13 Plus belum terungkap secara pasti. Namun pihaknya menargetkan laptop Dell ini akan tersedia mulai dari US$ 1.200 atau sekitar Rp 17,3 juta. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -