Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisDesa Sindangangin Jadi Lokasi P2WKSS di Ciamis Tahun 2022

Desa Sindangangin Jadi Lokasi P2WKSS di Ciamis Tahun 2022

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis, Jabar, tahun 2022 ini siap melaksanakan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Adapun lokasi yang ditunjuk untuk program tersebut adalah Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok.

“Kita menunjuk Desa Sindangangin menjadi lokasi P2WKSS berdasarkan data-data dari Bappeda dan lembaga lainnya,” ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Ciamis, Drs Dian Budiyana M.Si Jumat (28/1/2022).

Desa Sindangangin sendiri kata Dian, masuk ke kategori Desa berkembang. Masyarakatnya perlu ditingkatkan secara SDM, pun dengan berbagai fasilitas umum harus dikembangkan lebih maju.

“Program P2WKSS ini dalam upaya menanggulangi kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan,” jelasnya.

Baca juga: Hadiri Muscab HDCI, Herdiat Ajak Para Bikers Singgah di Ciamis

Nantinya, semua SKPD di Ciamis berperan aktif dalam program P2WKSS tersebut. Misalnya terkait pembangunan jalan, itu bagian Dinas teknis PU, masalah kesehatan oleh Dinas Kesehatan. Pemberdayaan UMKM oleh Dinas UKM dan lainnya.

“DPPKBP3A sebagai leading sektor yang bertanggung jawab dalam program P2WKSS, untuk pelaksanaannya semua ikut terlibat,” ungkap Dian.

Program P2WKSS ini akan difokuskan untuk meningkatkan kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat melalui peran perempuan.

Para perempuan di Desa itu akan dilatih dengan berbagai keterampilan kerja, mulai dari menjahit, membuat produk olahan, termasuk pemberdayaan kelompok wanita tani.

“Salah satu program yang kita tekankan yakni pemanfaatan lahan pekarangan rumah, menjadi tempat menanam sayuran dan lainnya,” ucapnya.

Sementara itu di bidang kesehatan, melalui program P2WKSS sarana kesehatan seperti posyandu terus ditingkatkan, juga SDM kadernya akan dibina.

“Intinya Pemkab Ciamis sudah bersiap-siap melaksanakan program P2WKSS, “ jelasnya.

Nantinya, P2WKSS ini akan dinilai oleh juri dari tingkat provinsi yang berasal dari kalangan independen yakni perguruan tinggi.

“Harapannya Ciamis bisa menjadi juara, tapi yang paling penting bagi kami program P2WKSS ini sukses dan berhasil meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa,” pungkas Dian. (R8/HR Online/Editor Jujang)