Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisDishub Ciamis Pasang Meteran Listrik di PJU, ini Tujuannya

Dishub Ciamis Pasang Meteran Listrik di PJU, ini Tujuannya

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, baru-baru ini memasang meteran listrik di beberapa tiang Penerangan Jalan Umum (PJU).

Kepala Dishub Ciamis, Bambang menjelaskan, pemasangan tersebut bertujuan untuk memantau penggunaan listrik yang dipakai PJU.

Seperti yang terpasang di Jalan Koperasi, Kabupaten Ciamis. Pihaknya memasang sekitar tujuh PJU yang menggunakan meteran.

“Meteran listrik pada PJU tersebut, salah satunya untuk mengontrol penggunaan listrik tiap bulan,” jelasnya kepada HR Online Jumat (21/1/2022).

Meski pembayaran listrik tiap bulannya dengan sistem flat, namun pihaknya juga meminta kepada PLN dalam pemasangan PJU baru menggunakan meteran listrik.

Sebab menurutnya, keberadaan meteran untuk PJU tersebut jelas bisa membantu pihaknya dalam memantau jumlah pemakaian atau beban listrik tiap bulannya.

“Supaya kedepan beban listrik bisa teratasi dengan baik,” ucapnya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, bahwa saat ini untuk pengeluaran pembayaran listrik PJU di kabupaten Ciamis tiap bulannya sampai  Rp 1,3 miliar.

“Dan hitungan tersebut merupakan pembayaran listrik untuk PJU yang menyala. Karena ada subsidi dari pajak PJU,” katanya.

Bambang menambahkan, PJU yang sudah terpasang selain di jalan nasional, banyak yang dipasang bersama dengan tiang listrik.

“Sehingga tidak ada meteran listrik. Hanya saja menggunakan alat otomatis untuk nyala dan mati saja,” ucapnya.

Sementara terkait dengan jumlah PJU, menurut Bambang untuk wilayah Ciamis seperti daerah perkantoran masih kekurangan.

Sehingga, pihaknya terus berupaya agar tahun ini bisa menyelesaikan pemasangan PJU baru kembali.

“Kita masih kekurangan banyak sekali PJU, sehingga perlu anggaran cukup besar. Seperti jalur jalan kabupaten atau perbatasan-perbatasan,” terangnya.

Ia berharap tahun 2022 ini akan terus mengupayakan anggaran untuk pemasangan PJU, baik dari pemerintah pusat maupun provinsi. Anggaran tersebut untuk menutupi kekurangan sekitar 7000 titik PJU yang belum terpasang.

“Masih banyak jalur jalan kabupaten yang belum terpasang PJU. Sehingga banyak warga yang mengeluh. Jangan sampai kondisi jalan sudah bagus, namun saat malam membahayakan karena tidak ada PJU,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online/Editor-Adi)