Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Menjelang Magrib, Berikut Lafadz dan Artinya yang Mudah Dihafal

Doa Menjelang Magrib, Berikut Lafadz dan Artinya yang Mudah Dihafal

Doa menjelang magrib menjadi salah satu amalan yang menyebabkan bertambahnya pahala. Menjelang magrib merupakan salah satu waktu yang menjadi anjuran untuk kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam hadis riwayat Bukhari menjelaskan apabila sudah masuk awal malam atau waktu sore, tahanlah anak kalian karena setan sedang berkeliaran.

Tapi apabila sudah lewat waktu sore tersebut, maka kalian boleh melepaskan anak-anak. Tutuplah pintu dan sebutlah nama Allah. Dengan begitu, setan tidak akan bisa membuka pintu yang tertutup tersebut.

Jadi, dengan adanya hadis tersebut juga menjadi anjuran bagi kita untuk memanfaatkan waktu sore menjelang magrib untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita sekaligus bisa berlindung dari godaan dan kejahatan setan-setan.

Kita tahu bahwa setiap umat muslim dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah setiap hari.

Meskipun demikian, kenyataannya juga terdapat beberapa waktu paling mustajab untuk berdoa. Salah satu waktu tersebut adalah ketika akan datangnya salat magrib.

baca juga: Doa Setelah Salat Fajar, Sunnah Rasul Menyempurnakan Pahala

Amalan Doa Menjelang Magrib Mendatangkan Pahala

Terdapat banyak beberapa doa yang bisa kita dapatkan ketika menjelang magrib. Hal tersebut juga ada beberapa perbedaan.

Maksudnya adalah mungkin banyak ulama yang menyarankan untuk melafadzkan doa ini, ada juga yang menganjurkan untuk melafadzkan doa itu, dan lain sebagainya. Tetapi pada kenyataannya, dalam ajaran agama Islam terdapat zikir pagi dan sore.

Zikir waktu pagi sebelum matahari terbit. Begitu juga dengan zikir sore. Alangkah lebih baiknya kita amalkan sebelum matahari terbenam. Bisa juga terbilang menjadi salah satu amalan atau doa menjelang magrib.

Pada intinya, terdapat banyak doa yang bisa kita lafadzkan saat datangnya waktu magrib. Mulai dari doa yang pendek sampai panjang.

Salah satunya adalah doa menjelang magrib yang terdapat dalam hadis riwayat Muslim.

Artinya adalah “Kami sudah memasuki waktu sore sedangkan kerajaan hanya milik Allah, segala puji hanya untuk Allah SWT. Tidak ada Tuhan yang berhak untuk kita ibadah dengan benar selain Allah semata, dan tidak ada sekutu pula bagi-Nya.

Untuk Allah kerajaan dan bagi Allah pujian. Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku memohon hanya kepada-Mu kebaikan di malam ini serta kebaikan sesudahnya.

Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan malam dan kejahatan sesudahnya. Wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan serta kejelekan pada hari tua. Rabbku, aku juga berlindung kepada-Mu dari siksaan api neraka serta siksa kubur”.

baca juga: Doa Saat Hujan Angin, Lafadz dan Arti yang Mudah untuk Dihafalkan

Lafadz Doa

Untuk lafadznya sendiri adalah “Amsaina wa amsal mulku lillah, walhamdulillah, lailahailallah wahdahula syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syai-in qadir. Robbi as aluka khaira maafi hadzihil lailah, wa khoiro maa ba’dahaa, wa audzubika min syarri maa fii hadzihil lailati wa syarri maa ba’dahaa, robbi a’udzubika minal kasali wa suuilkibar, robbi a’udzubika min ‘adzabinn fin naari wa adzabin fii alqobri”. 

Bukan hanya itu saja doa menjelang magrib yang bisa kita lafadzkan. Ada juga yang membaca doa, “Bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi syaiun fil ardhi walafissamai wahuwassami ul alim”.

Artinya adalah ”Dengan nama Allah yang apabila disebut segala hal yang ada di langit dan bumi tidak akan berbahaya. Dialah yang Maha Mendengar serta Maha Mengetahui”.

Doa tersebut juga kita bisa baca sebanyak 3x. Sangat mudah bukan? Mungkin sebagian dari kita juga sudah familiar dengan bacaan doa tersebut.

Bagi Anda yang belum hafal, jangan ragu untuk menghafalkannya. Kita juga mengetahui bahwa doa itu merupakan senjata bagi orang mukmin.

Karena sebagai senjata, doa juga bisa jadi penyebab terkabulnya sesuatu yang tidak mungkin atau mustahil menjadi kenyataan. Percaya ataupun tidak, sebagian dari kita juga sudah membuktikannya.

Apabila Anda ingin ikut membuktikannya, cukup amalkan saja. Niatkan semua tulus karena Allah, jangan mengharap pujian dari manusia.

baca juga: Cara Mengirim Doa untuk Almarhum, Kewajiban dalam Islam

Doa Mohon Perlindungan

Karena dalam hadis sebelumnya menjelaskan bahwa magrib itu menjadi waktu tempat keluarnya setan-setan, maka tidak ada salahnya apabila kita membaca doa yang terdapat dalam hadis riwayat Ahmad.

Lafadznya adalah “’Audzu bikalimatillahit tammati min syarri maa kholaq”. Sedangkan untuk artinya adalah “Aku berlindung hanya dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang Allah ciptakan”.

Doa dalam hadis ini juga bisa kita baca atau dianjurkan membaca sebanyak 3 kali. Bukan hanya itu saja doa menjelang magrib yang bisa kita amalkan.

Banyak doa yang mendatangkan pahala serta memberikan perlindungan apabila kita mampu mengamalkannya dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT. Anda pun bisa melengkapi doa-doa tersebut dengan membaca zikir sore. (Muhafid/R6/HR-Online)