Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Motor Injeksi Lepas Filter, Membuat Kendaraan Hilang Performa

Efek Motor Injeksi Lepas Filter, Membuat Kendaraan Hilang Performa

Efek motor injeksi lepas filter cukup berbahaya. Namun sayangnya, masih banyak pemilik motor injeksi yang tidak memperhatikan hal tersebut. Saat ini pengguna sepeda motor semakin banyak saja.

Apalagi keberadaannya kini semakin beragam. Sehingga membuat pengguna dapat memilih kendaraan sesuai tipe yang diinginkan. Salah satu yang cukup banyak penggemar yaitu motor matic injeksi.

Selain lebih mudah dikendarai, ada banyak faktor yang mempengaruhi sebagian orang untuk memilihnya. Bahkan saat ini sudah banyak aksesoris dan komponen sepeda motor yang bisa dimodifikasi.

Hal ini berbagai tujuan. Mulai dari untuk meningkatkan performa, membuatnya lebih keren, dan beragam alasan lainnya. Sebagian besar orang melakukan modifikasi guna memperbaiki performa kendaraan.

Apalagi kaum milenial saat ini yang menginginkan berkendara dengan kecepatan tinggi. Sehingga sering melakukan modifikasi guna memenuhi kebutuhannya.

Biasanya dilakukan mengganti karburator, gas spontan, bahkan merombak bagian mesin. Namun ada juga cara mudah yang justru banyak dilakukan, yaitu melepas box filter.

Padahal ada beberapa efek motor injeksi lepas filter. Dengan melakukan hal ini, biasanya akan membuat kendaraan mampu melaju secara cepat.

Jika biasanya Anda lakukan pada motor balap, justru ada juga yang melakukannya pada motor matic injeksi. Padahal melakukan modifikasi bukan hal yang sembarangan.

Jika tidak hati-hati, justru akan membahayakan. Untuk itu, jangan sampai Anda melakukan hal itu tanpa ada alasan tertentu.

Baca juga: Penyebab Motor Injeksi Brebet saat Digas, Kenali Lebih Awal Gejalanya

Inilah Efek Motor Injeksi Lepas Filter yang Wajib Anda Tahu

Salah satu cara untuk meningkatkan performa kendaraan yaitu dengan melepas filter. Biasanya Anda mendapatkan lepas tutup filter atau open filter pada motor balap 201 meter atau dragbike.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pasokan udara yang lebih. Namun harus Anda akui jika motor injeksi yang terlepas filter, maka mampu membuat kendaraan semakin lincah. Apalagi jika open full filter.

Hal ini perlu Anda lakukan karena adanya penyumbatan udara yang masuk pada sistem injektor atau karburator. Udara menjadi lebih banyak masuk ke dalam.

Hal ini juga akan membuatnya lebih merespon tarikan yang terdengar kasar. Bahkan hingga mengeluarkan suara khas. Selain memiliki kelebihan dari segi performanya, ternyata ada juga efek yang bisa Anda dapatkan.

Apalagi jika Anda lakukan pada sepeda motor injeksi. Efek tersebut akan Anda rasakan dalam waktu cepat daripada motor lama yang masih memiliki sistem karbu.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi Juga Cara Perawatannya

Sistem Sensor Suhu dan Tekanan Udara Terganggu

Memiliki motor bertenaga injeksi tentu mengandalkan beberapa macam sensor termasuk tekanan udara dan suhu. Semua saling terintegrasi sebagai penunjang kinerja mesin secara terperinci.

Ketika filter Anda buka, maka akan membaca kedua sensor tersebut secara real. Kemudian data tersebut diproses pada ECU.

Selanjutnya ECU sensor terolah agar bisa sesuai dengan kondisi kendaraan dan sistem injeksi. Data yang akan berjalan sesuai apa yang telah masuk. Inilah salah satu efek motor injeksi lepas filter.

Performa Berkurang

Ada efek motor injeksi lepas filter yang selanjutnya yaitu berkurangnya performa. Ketika filter udara terlepas mengakibatkan kinerja mesin kurang stabil.

Hal ini mengakibatkan performa kendaraan kurang maksimal. Efek buruk ini akan terasa seiring penggunaannya.

Efek yang dapat Anda rasakan yaitu tarikan mesin terasa brebet dan lama-kelamaan susah nyala. Apalagi jika sepeda motor Anda nyalakan saat pagi hari.

Rentan Terkena Kotoran dan Air

Ada beberapa efek motor injeksi lepas filter yang perlu Anda perhatikan. Jika filter lepas bisa saja dengan mudah kotoran bahkan air masuk.

Lubang pada injektor akan terbuka dan rentan terhadap kedua efek buruk tersebut. Hal ini juga bisa mengakibatkan komponen injeksi mudah rusak.

Apalagi jika motor Anda lepas sayap dan bagian lainnya hingga terlihat kabel bisa saja rawan terhadap korsleting bila terkena hujan.

Bahan Bakar Boros

Melepas filter juga bisa mengakibatkan bahan bakar lebih boros. Hal ini terjadi karena suplai udara menjadi lebih banyak. 

Sehingga membuat suplai bahan bakar juga akan lebih banyak dari biasanya. Bahan bakar menjadi boros juga menjadi efek motor injeksi lepas filter. Pastikan Anda memahaminya. (R10/HR Online)

- Advertisment -