Jumat, Januari 21, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Pasang Per Shock Depan Terbalik, Apakah Berbahaya? Simak Ini!

Efek Pasang Per Shock Depan Terbalik, Apakah Berbahaya? Simak Ini!

Efek pasang per shock depan terbalik apakah bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan? Pasalnya, banyak orang yang bertanya-tanya mengenai hal ini.

Sebab banyak orang yang mengira jika membalik per shock bagian depan bisa berdampak positif.

Belum lagi saat ini sudah banyak bermunculan produk yang mengharuskan para pengguna untuk membalik posisi per sok. Daripada Anda penasaran, maka bisa menyimak artikel kali ini sampai selesai.

Baca Juga: Penyebab Busi Motor Basah, Bisa Berakibat Kurangnya Kinerja Komponen

Inilah Efek Pasang Per Shock Depan Terbalik

Seperti yang kita tahu, rebound pada sokbreker bisa terpengaruh dengan mudah oleh viskositas oli. Apabila semakin kentalnya pelumas, maka rebound sok akan menjadi lebih lembut.

Jadi, halusnya rebound pada sokbreker bisa saja disebabkan oleh jumlah volume oli sokbreker dan tingkat kekentalan pelumas.

Dari sejumlah pengalaman, dengan menambahkan volume oli sokbreker bisa membuat rebound balik menjadi lambat.

Contohnya Yamaha NMax yang volume oli tambah jadi 15 ml dari ukuran standar dan volume standarnya adalah 75 per sok ditambah sebanyak 15 ml. Sehingga setiap per sok akan menjadi volume 90 ml. 

Dengan demikian, Anda jangan sampai salah untuk saat akan membalikkan per sok depan yang terbalik. Sebab hal ini bisa berdampak buruk saat berkendara jika salah dalam penanganannya.

Baca Juga: Efek Motor Injeksi Lepas Filter, Membuat Kendaraan Hilang Performa

Untuk Kebutuhan Balap

Banyak yang beranggapan bahwa efek pasang per shock depan terbalik seperti ini mampu untuk menunjang dalam kebutuhan balapan motor. Padahal jika salah dalam penanganannya, justru bisa berakibat fatal.

Maka demikian, Anda harus bisa perhatikan dulu bagaimana tipe per yang akan Anda gunakan, sebab per sokbreker itu bervariasi.

Misalnya sokbreker depan, sudah banyak mekanik motor balap akan membalikkan per pada peredam kejut depan.

Biasanya penggunaan sokbreker yang terbalik seperti ini, bisa Anda jumpai pada saat balap motor bebek.

Karena posisi per yang lebih rapat akan ada pada bagian atasnya, sementara itu untuk bagian renggang ada bawahnya.

Baca Juga: Penyebab Gear Motor Cepat Habis Karena Kotoran yang Menempel

Apakah Berbahaya?

Pembahasan tentang efek pasang per shock depan terbalik cukup penting, mengingat membalik per sokbreker saja tak berpengaruh dengan rebound. Karena tidak akan ada efek saat pasang per sok depan yang signifikan atau sama saja.

Namun yang dapat membuat rebound lebih lembut juga bukan dari posisi yang terbalik, tapi tingkat kekentalan oli dan volumenya. Karena rebound pada sokbreker akan dipengaruhi oleh viskositas oli.

Jadi semakin kental pelumasnya, maka rebound sok akan menjadi lebih lembut. Sehingga halusnya rebound pada bagian sokbreker adalah karena jumlah volume oli dan tingkat kekentalan pelumasnya.

Dengan demikian, mengetahui apa saja efek pasang per shock depan terbalik, jangan sampai Anda salah kaprah dalam penilaiannya. Sebab hal ini juga berdampak buruk apabila salah dalam penanganannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -