Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Samping Vaksin Covid-19 yang Viral Bernama Nocebo, Apa Itu?

Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Viral Bernama Nocebo, Apa Itu?

Efek samping vaksin Covid-19 pada sejumlah kasus memang berbeda, sehingga hal ini menjadi salah satu bahan perbincangan publik di jagat raya.

Pasalnya, baru-baru ini sebuah penelitian telah memperlihatkan penyebab dari reaksi merugikan seseorang sesudah melakukan vaksinasi.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar reaksi yang timbul sesudah vaksinasi adalah efek nocebo.

Adapun nocebo sendiri merupakan efek plasebo namun negatif. Sebenarnya efek apakah itu? Simak penjelasannya berikut!

Baca Juga: Badan POM Keluarkan Izin Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Mengenal Efek Samping Vaksin Covid-19 Nocebo, Apakah Berbahaya?

Sebanyak 3/4 dari kasus efek samping akibat dari vaksinasi yang terjadi ini tidak ada kaitannya dengan kandungan vaksin tersebut.

Justru sugesti dan pikiran setiap individulah yang menjadi salah satu penyebab munculnya efek tersebut.

Pada sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa para ilmuwan di Harvard University telah mengatakan jika jutaan orang bisa menderita efek nocebo.

Jadi, ini merupakan efek yang akan terjadi pada seseorang saat menghadapi reaksi dengan rasa tidak nyaman setelah menerima obat.

Sementara itu dari sejumlah orang yang sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 terkadang sering kelelahan hingga sakit kepala.

Selanjutnya studi menganalisis bahwa sejumlah laporan sebanyak 44 ribu orang setengahnya diberikan plasebo vaksin.

Baca Juga: Disuntik Vaksin Covid-19, Kulit Pelajar SMP Ini Melepuh dan Mengelupas

Apa Itu Nocebo?

Efek samping vaksin Covid-19 memang kerap kali terjadi setelah melakukan vaksinasi dan biasanya yang sering sakit adalah bagian lengan.

Sementara itu, sebanyak 77% yang menerima dosis vaksin berupa Moderna, Pfizer, dan Johnson melaporkan bahwa dari mereka mengalami gejala non-lokal setelah melakukan vaksinasi.

Seperti demam, sakit kepala, nyeri bagian otot, serta lelah. Bahkan hampir 2/3 kemungkinan besar hanya dari kita sendiri yang peneliti sebutkan itu sebagai efek nocebo.

Sementara itu, berdasarkan pada sebuah laporan dari Science Alert, efek nocebo bisa muncul karena pengaruh sugesti. Hal ini menunjukkan adanya kekuatan pikiran seseorang terhadap fisik.

Baca Juga: Jadi Joki Vaksin Covid-19, Pria di Sulsel Disuntik Hingga 16 Kali

Vaksinasi Apa yang Lebih Spesifik?

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar orang yang melakukan vaksinasi dalam sebuah studi menyatakan menderita efek samping vaksin Covid-19.

Tapi kenyataan, kemungkinan besar mereka akan menghubungkan masalah yang tidak ada kaitannya dengan vaksin tersebut.

Sebab para ilmuwan yang melihat efek samping sebanyak 22 ribu orang sudah menerima vaksin dalam uji klinis dan membandingkan dengan plasebo.

Untuk kelompok yang mendapat vaksin sebanyak 46%, telah menderita efek samping seperti kelelahan.

Tahukah Anda apa efek yang paling spesifik? Jawabannya adalah vaksin Moderna. Sebab efek samping setelah pemberian vaksin Moderna dapat membuat orang mual, susah tidur, hingga kedinginan.

Meski demikian, ada juga vaksin Moderna yang hanya membuat penerimanya merasa kelelahan. Jadi, banyak orang yang menerima vaksin jenis ini hanya ingin tidur dan beristirahat terus.

Memang, efek samping vaksin Covid-19 yang paling umum terjadi adalah sering nyeri pada bagian lengan sampai kelelahan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -