Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis Pertimbangkan Pengembangan Ekowisata di Gunung Sawal

Bupati Ciamis Pertimbangkan Pengembangan Ekowisata di Gunung Sawal

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bahas pengambangan ekowisata kawasan Gunung Sawal, Badan Riset dan Inovasi Nasional melaksanakan pertemuan bersama Bupati Ciamis dan jajarannya Rabu (26/1/2022), di ruang Oproom Setda.

Heryanto perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, satu tahun lalu pihaknya telah melaksanakan penelitian keanekaragaman flora dan fauna di Gunung Sawal.

“Sekarang kita bahas kerjasama rencana pengembangan ekowisata, lewat Pembangunan Pusat Informasi Keanekaragaman Hayati,” ujar Heryanto.

Lanjutnya, tujuan dibangunnya kawasan Ekowisata Gunung Sawal adalah untuk menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam pelaksanaan pendidikan lingkungan, kepada masyarakat dalam pengelolaan Gunung Sawal.

Kata dia, daya tarik Gunung Sawal yakni keberadaan aneka satwa alamiah dan floranya.

Hal ini harus disebarluaskan kepada masyarakat, agar masyarakat bisa menyadari potensi flora fauna di Gunung Sawal.

“Dengan dibangunnya ekowisata melalui Pusat Informasi Keanekaragaman Hayati Gunung Sawal kita berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memeliharanya,” katanya.

Baca juga: Bupati Ciamis Apresiasi FIADIFA Bantu Perbaiki Sarpras SMPN 1 Cikoneng

Dengan begitu kawasan Gunung Sawal bisa menjadi tumpuan hidup masyarakat secara berkelanjutan.

“Untuk pembangunannya kita akan usahakan melalui program CSR Bina Lingkungan,” ungkap Heryanto.

Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengaku akan mempertimbangkan dan mempelajari terkait pengembangan ekowisata di Gunung Sawal bersama SKPD teknis.

“Kita akan pertimbangkan dulu, mengingat potensi di Kabupaten Ciamis yang ingin kita kembangkan adalah wisata gunung,” ujarnya.

Herdiat mengakui jika hutan Gunung Sawal mempunyai potensi kekayaan flora dan fauna.

Seperti satwa langka macan tutul, elang jawa, kukang, macan kumbang dan lainnya.

Meski demikian, dalam upaya menjaga kelestarian gunung sawal, Pemkab Ciamis kata Bupati sudah mengusulkan peraturan daerah (Perda), agar hutan gunung sawal kembali menjadi hutan produksi.

“Gunung sawal merupakan sumber kehidupan masyarakat Ciamis, juga daerah di sekitarnya,” pungkasnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -