Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita JabarDalam 5 Tahun Ekspor Kopi Asal Jabar Capai 40 Juta Dollar AS

Dalam 5 Tahun Ekspor Kopi Asal Jabar Capai 40 Juta Dollar AS

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Sejak 2016 sampai 2021, ekspor kopi asal Jabar (Jawa Barat) capai 40 juta dollar AS. Hal itu disampaikan Fery Sofyan, Asisten Administrasi dan Umum Setda Jabar saat even Cup of Excellence (CoE) 2021, Kamis (27/1/2022).

Jabar sendiri jadi tuan rumah event Cup of Excellence (CoE) 2021 yang berlangsung selama dua hari. CoE adalah event internasional paling bergengsi pada kalangan industri spesialis kopi. Tujuannya untuk mencari kopi berkualitas tinggi.

“Sejak tahun 2016-2021, ekspor kopi asal Jabar sampai 40 juta dollar AS,” ujarnya.

Ferry menyebut pada masa pandemi, industri IKM kopi merupakan bagian salah satu dari pemulihan ekonomi.

Guna meningkatkan produksi kopi, Pemprov Jabar bersama Mentan melakukan gerakan tanam kopi (Gertak) pada lahan 1.300 hektar. Pemprov Jabar telah menyiapkan sebanyak 1,3 juta pohon bibit kopi.

“Sekitar 15 juta bibit kopi telah kami sebar ke 13 kota/kabupaten sejak tahun 2014-2021. Bahkan sudah ada yang panen serta menjadi bagian ekspor kopi asal Jabar,” ungkapnya.

Total luas tanam kopi Jabar mencapai 50 ribu hektare dengan hasil 22.280 ton kopi. Kopi yang ditanam di Jabar ada 13 jenis.

“Saya apresiasi event CoE Winners. Membuat kopi asal Jabar lebih kompetitif. Pertanian kopi memiliki efek domino manfaat dari kalangan petani sampai pengusaha kecil dan besar,” jelasnya.

Sementara itu, Herawanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, mengatakan manfaat jangka panjang kegiatan CoE ini bisa meningkatkan kualitas kopi Indonesia. Sehingga mampu bersaing pada kancah Internasional.

“Mengoptimalkan ekspor kopi Indonesia serta mendorong substitusi impor kopi. Tujuannya untuk mendukung kopi dalam negeri, sehingga berkontribusi perbaiki defisit transaksi berjalan,” ucapnya.

CoE Perluas Ekspor Kopi Asal Jabar

Indonesia merupakan negara pertama Asia yang menggelar CoE. Hal ini sebagai salah satu tanda bahwa Indonesia merupakan negara produksi kopi. Buktinya, saat ini Indonesia juga merupakan pengekspor kopi terbesar keempat di dunia tahun 2021.

Dalam event ini, 10 kopi asal Jabar menjadi CoE Winners dari 32 kopi yang terpilih dari berbagai daerah Indonesia. CoE juga menjadi jalan bagi petani kopi asal Jabar untuk menjual dan ekspor kopi dengan jangkauan lebih luas. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)