Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruFadilah Sayyidul Istighfar Bagi Kehidupan Manusia Sangatlah Dahsyat

Fadilah Sayyidul Istighfar Bagi Kehidupan Manusia Sangatlah Dahsyat

Fadilah sayyidul istighfar menjadi salah satu amalan yang bisa kita baca ketika zikir ataupun selepas salat. Seperti yang sudah kita ketahui, zikir serta istighfar merupakan ibadah yang dianjurkan dalam ajaran Islam.

Terlebih Allah juga memerintahkan kepada hamba-Nya guna senantiasa memohon ampunan dengan istighfar di semua keadaan.

Kita juga paham betul bahwa dalam agama Islam itu, kita diajarkan untuk terus berdoa kepada Allah SWT.

Entah itu dalam keadaan susah, membutuhkan bantuan, atau apapun. Maka berdoalah, sungguh Allah itu akan mengabulkan doa.

Doa sendiri jadi salah satu bagian dari ibadah. Dengan demikian, tidak heran apabila doa memiliki peranan penting bagi kehidupan kita.

Segala sesuatu yang sudah tercapai dalam kehidupan ini, semua itu ada campur tangan doa yang telah kita panjatkan kepada Allah SWT. Sebab usaha tanpa adanya doa merupakan sesuatu yang sombong.

baca juga: Fadilah Membaca Surat Al-Kahfi, Beri Pertolongan di Hari Kiamat Kelak

Ketahui Fadilah Sayyidul Istighfar Bagi Kehidupan

Doa menjadikan kita sebagai manusia terus berada dalam lindungan serta limpahan rahmat dari Allah SWT. Sebab kita bisa meraih segalanya dengan rajin berzikir, berdoa, dan terus mendekatkan diri kepada Allah.

Jika Anda mampu melakukan hal tersebut dengan ikhlas selalu mengharap rida dari Allah, yang semula mustahil menjadi mungkin dan nyata.

Menjadi manusia itu merupakan suatu keuntungan. Sebab Allah menghadirkan doa serta waktu yang mustajab untuk kita berdoa. Bukankah keduanya merupakan paket komplit?

Salah satu doa yang mempunyai keutamaan dahsyat bagi kehidupan kita adalah sayyidul istighfar. Doa yang satu ini merupakan doa yang mulia. Para ulama juga mengatakan bahwa sayyidul istighfar merupakan doa paling baik.

Pernahkah Anda ketahui bahwasannya Rasulullah SAW mengajarkan 1 kalimat istighfar yang Allah sukai. Ini merupakan suatu zikir yang dikenal dengan sayyidul (pemimpinnya) istighfar.

Sebelumnya, sudahkah Anda mengenal doa atau zikir tersebut? Lalu sudahkah Anda mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari?

baca juga: Kandungan Surat Al-Kafirun, Ajakan Hidup Bertoleransi

Lafadz Doa

Bukan tidak mungkin apabila sebagian dari kita yang mengaku umat muslim tak mengetahui doa serta fadilah sayyidul istighfar. Bagi Anda yang belum tahu juga, berikut ini lafadznya yang bisa Anda hafalkan dengan mudah.

“Allahumma antarobbi laailahailla Aata kholaqtani wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. Audzubika minsyarrimaa shona’tu abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuubidanbii faghfirlii fainnahu laa yaghfirudzzunuba illaa anta”.

Untuk artinya sendiri adalah “Wahai Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah dengan benar kecuali Engkau. Engkau yang telah menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku juga akan menepati janji untuk taat pada-Mu serta janji balasan Engkau sesuai kemampuanku. Aku berlindung hanya kepada-Mu dari buruknya perbuatanku, aku juga mengakui nikmat-Mu kepadaku, aku juga mengakui atas dosa-dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Karena memang tidak ada yang bisa mengampuni dosa selain Engkau”.

baca juga: Dahsyatnya Fitnah Akhir Zaman yang Menghancurkan

Keutamaan Membaca

Fadilah sayyidul istighfar menguntungkan dalam kehidupan kita. Pertama, dijanjikan akan menjadi penghuni surga. Kita tahu bahwa surga itu merupakan tempat terbaik dan cita-cita bagi setiap manusia.

Ketahuilah bahwa mereka yang membaca doa sayyidul istighfar ketika siang ataupun malam hari, maka surga menjadi balasan baginya.

Seperti halnya dalam Hadis Riwayat Bukhari dari Syaddad bin Aus, “Siapapun yang membaca sayyidul istighfar ketika siang hari serta meyakininya, kemudian ia mati pada hari itu juga sebelum petang, maka ia adalah penghuni surga. Namun bagi siapa yang membacanya pada malam hari serta meyakininya, lalu ia meninggal sebelum datangnya waktu pagi, ia juga merupakan penghuni surga”.

Kemudian yang kedua, diampuni dosanya. Fadilah sayyidul istighfar yang satu ini tentunya sangat dahsyat. Apalagi kita itu juga sadar bahwa banyak perbuatan dosa yang kita lakukan.

Dengan membaca doa ini, menjadi tanda pengharapan kita kepada Allah untuk diampuni dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Terhindar dari Azab Allah SWT

Kita juga paham betul bahwa azab Allah sangatlah pedih. Tetapi fadilah sayyidul istighfar juga memberikan kita perlindungan terhadap azab tersebut.

Bukan hanya dosa saja yang kita mohonkan ampunan kepada Allah SWT, melainkan juga azab. Dengan mengamalkan bacaan sayyidul istighfar dalam kehidupan ini, harapannya Allah menjauhkan kita dari azab.

Bersihkan Hati

Tidak hanya itu saja yang menjadi fadilah sayyidul istighfar. Karena bacaan tersebut juga membantu membersihkan hati yang kotor.

Jika seorang mukmin melakukan perbuatan dosa, tercoretlah noda hitam pada hatinya. Jika mereka bertaubat, meninggalkan, dan beristighfar, bersihlah hati mereka.

Akan lebih afdol lagi jika kita melengkapi doa tersebut dengan membaca sayyidul istighfar. Orang-orang yang berbuat kesalahan biasanya juga selalu resah dalam hatinya. Salah satu fadilah sayyidul istighfar sendiri ialah membantu menenangkan hati. (Muhafid/R6/HR-Online)