Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Gyro pada HP Hingga Cara Kerjanya, Ketahui Lebih Jauh!

Fungsi Gyro pada HP Hingga Cara Kerjanya, Ketahui Lebih Jauh!

Fungsi Gyro pada HP tidak semua orang mengetahuinya. Fitur ini adalah pembeda smartphone kelas low end, middle, dan high end.

Gyro atau Gyroscope merupakan sensor atau alat sebagai fitur smartphone yang berguna menjaga arah agar sesuai maupun memberikan stabilitas dalam stabilizer, navigasi, dan lainnya.

Sehingga hadirnya fitur ini memungkinkan pengguna merasakan perubahan arah maupun akselerasi sudut rotasi. Untuk lebih jelasnya, mari kita ketahui secara lengkap fungsi dari Gyroscope tersebut.

Baca Juga: Gyroscope Tidak Berfungsi pada HP, Berikut Tips Praktis Mengatasinya

Mengetahui Fungsi Gyro pada HP Pengguna

Seperti yang sudah dijelaskan, Gyroscope menjadi alat kontrol rudal, navigasi, dan penerbangan yang merembet ke teknologi smartphone.

Mempertahankan Orientasi Menjadi Stabil

Fungsi pertama Gyro pada HP adalah memberikan informasi orientasi dengan lebih presisi hingga mencapai perputaran 360 derajat.

Dengan hadirnya Gyroscope, maka pelaku bisnis semakin melihat peluang penggunaan Gyroscope ini.

Banyak tersemat dalam aplikasi game smartphone berbasis 3D. Karena pada umumnya sekian banyak game mengharuskan pengguna untuk mengusap layar ke berbagai arah untuk melihat ruang yang berada di sekitarnya.

Hanya saja, Anda harus menggerakkan ponsel searah dengan suatu arah yang Anda tuju. Sehingga Gyroscope mempertahankan orientasi sudut agar lebih stabil. Selain itu, kita dapat melihat objek 3 dimensi di sekitar kita.

Akses Situs dan Menerima Panggilan

Fungsi Gyro pada HP lainnya adalah membantu pengguna dalam menjawab maupun menerima panggilan atau membuka situs.

Hal ini dilakukan bagi pengguna yang sudah melakukan setting untuk melakukan perintah tersebut. Misalnya perintah menggoyang HP halus sebanyak 2 atau 3 kali.

Mengendalikan Game

Salah satu perusahaan menanamkan Gyroscope sebagai inti dari pengalaman motion game. Sebagai contoh Apple yang meluncurkan iPhone 4.

Perancangan tersebut memudahkan pengguna dalam memainkan game dengan mengontrolnya berdasarkan gerakan tertentu.

Contoh lainnya adalah memainkan game balap mobil pada HP. Pengendalian ini dengan seolah-olah mengemudikannya secara nyata. Seperti memiringkan ke kiri atau belok kiri serta sebaliknya.

Game akan secara otomatis mengulang setiap momen gerakan atau perintah yang ada di HP. Dengan kata lain, mengontrol sebuah game dapat dilakukan dengan memanfaatkan pergerakan tersebut.

Baca Juga: Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo Praktis, Berlaku Untuk Semua Tipe!

Motion Sensing GUI

Apabila Anda memiliki HP dengan Gyroscope, maka keberadaan fitur tersebut untuk menyediakan GUI yang bisa membantu Anda memilih menu dengan memiringkan smartphone.

Adanya fungsi Gyro tersebut akan membuat HP menjalankan basis perintah yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan gerakan yang dilakukan.

Navigasi GPS

Bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi maps atau peta untuk mencari jalan menuju lokasi tujuan, maka Anda akan mengikuti pergerakan.

Fungsi dari sensor Gyroscope ini agar Anda dapat memantau arah atau posisi saat berkendara, baik terowongan, jalan bawah tanah, hingga saat jaringan internet hilang sekalipun.

Stabilitas Gambar

Fungsi Gyro pada HP selanjutnya adalah untuk stabilitas gambar. Dengan fitur tersebut, maka Anda dapat membuat gerakan terjadi saat pengambilan foto dengan HP tidak akan mempengaruhi kualitas hasil penangkapan gambar. Sehingga gambar tidak akan blur, justru cenderung tajam.

Implementasi Perintah

Hadirnya sensor Gyroscope dalam smartphone Anda, maka memungkinkan pengguna untuk dapat undo pesan yang sedang diketuk dengan menggoyangkan ponsel.

Sehingga fitur ini memiliki tanggungjawab melakukan perintah auto rotation. Sementara tampilan layar perangkat akan berubah berdasarkan putaran mengikuti arah gravitasi.

Baca Juga: Setting APN Vivo Berbagai Operator Agar Semakin Lancar, Ikuti Caranya

Cara Kerja Gyroscope HP

Cara kerjanya adalah Gyro menjalani kalibrasi dengan bandul. Kalibrasi ini untuk mendapatkan nilai faktor kalibrasi.

Sementara output dari Gyroscope adalah kecepatan sudut dari arah 3 sumbu yakni sumbu x yang menjadi sudut phi, kiri dan kanan.

Untuk sumbu y nantinya menjadi sudut theta yaitu atas bawah. Sumbu Z menjadi sudut pai yaitu depan dan belakang.

Fitur ini sebenarnya memiliki harga yang mahal. Selain itu, Gyroscope akan berfungsi dengan baik jika ada accelerator.

Salah satu alasan kenapa Gyroscope ini banyak pengembang teknologi minati adalah karena tidak terpengaruh dengan gravitasi.

Gyroscope mampu mendeteksi gerakan dari segala arah dan menghasilkan gerakan yang tergolong halus.

Fungsi Gyro pada HP tersebut sangatlah penting dan mendukung aktivitas pengguna sehingga mendapatkan manfaat teknologi sensor terbaik. (R10/HR-Online)

- Advertisment -