Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Hormon Progesteron Alami dan Buatan untuk Wanita

Fungsi Hormon Progesteron Alami dan Buatan untuk Wanita

Fungsi hormon progesteron memiliki kaitan yang sangat erat dengan sistem reproduksi wanita. Hormon ini dengan alami ada di dalam tubuh dan ovarium lepaskan.

Hormon progesteron sangat penting untuk proses kehamilan hingga persalinan. Tapi, fungsi progesteron bukan hanya itu, apa saja? Simak di sini.

Baca Juga: Fungsi Hormon Estrogen pada Wanita untuk Menjaga Organ Reproduksi

Mengenal Fungsi Hormon Progesteron Alami dan Buatan

Sebelum beranjak ke fungsi hormon ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian hormon. Hormon merupakan zat kimia yang secara alami berada di dalam tubuh.

Hormon berfungsi untuk mengkoordinasikan berbagai fungsi organ tubuh Anda. Seperti metabolisme, perkembangan, tekanan darah, bahkan hingga suasana hati dan emosi.

Progesteron adalah salah satu hormon utama yang terdapat di sistem reproduksi wanita. Kelenjar adrenal dan korpus luteum adalah organ yang memproduksi hormon progesteron setelah ovulasi.

Tak hanya itu, plasenta juga turut memproduksi hormon progesteron saat masa kehamilan. Berikut beberapa fungsi dari hormon progesteron.

Mengatur Ovulasi

Masa ovulasi berkaitan erat dengan rendahnya level progesteron dan kemungkinan seseorang dapat hamil atau tidak.

Menstruasi akan terjadi jika tidak adanya pembuahan. Fase tersebut terjadi karena adanya penurunan kadar hormon progesteron dalam darah sehingga memperlambat proses terjadinya ovulasi.

Baca Juga: Gejala Kista Ovarium Wajib Dikenali Sejak Dini oleh Kaum Perempuan

Mempersiapkan Rahim dan Memicu Produksi ASI

Hormon progesteron juga terkenal dengan sebutan hormon kehamilan. Hal tersebut karena hormon ini bersama dengan estrogen akan mengubah lendir pada leher rahim sehingga menjadi lebih kental.

Mengentalnya lendir tersebut akan menebalkan rahmin pada masa kehamilan sehingga menghindari risiko keguguran. Selain untuk rahim, progesteron juga berperan penting saat produksi ASI.

Tubuh memerlukan hormon estrogen dan progesteron untuk merangsang kelenjar susu di payudara dalam menginisiasi laktasi (persiapan menyusui).

Berperan Saat Masa Pubertas

Fungsi hormon progesteron lainnya adalah untuk membantu proses pubertas pada wanita. Hormon ini sangat berperan dalam pembentukan tubuh wanita saat pubertas. Seperti pembentukan payudara, rambut kemaluan, dan mematangkan rahim.

Meningkatkan Gairah Seksual

Tidak hanya estrogen dan testosteron, progesteron juga berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual. Biasanya hormon ini akan memuncak sebelum masa ovulasi.

Baca Juga: Torch pada Ibu Hamil, Pengertian dan Bahayanya yang Harus Diwaspadai

Hormon Progesteron Buatan

Selain alami di dalam tubuh, hormon progesteron juga diproduksi laboratorium untuk keperluan medis dan penelitian. Penggunaan progesteron buatan sebagai obat bisa dalam berbagai bentuk.

Mulai dari kapsul (obat minum), suntikan, dan obat oles. Tiap bentuk obat tentunya memiliki tujuan pengobatan yang berbeda.

Umumnya hormon progesteron buatan memiliki banyak fungsi. Seperti untuk merangsang menstruasi, mengobati pendarahan rahim, mencegah penebalan dinding rahim, meningkatkan peluang kehamilan, menangani gejala menopause pada usia lanjut, dan mengurangi risiko kelahiran prematur

Walaupun fungsi hormon progesteron buatan ini sangatlah beragam, namun penggunaannya harus tetap dibatasi agar menghindari gangguan kesehatan. Konsultasikan dahulu ke dokter Anda sebelum menggunakan progesteron buatan ini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -