Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Sistem Muskular untuk Tubuh Beserta Jenisnya

Fungsi Sistem Muskular untuk Tubuh Beserta Jenisnya

Fungsi sistem muskular sangat beragam. Muscular umumnya terkenal dengan nama lain sebagai jaringan otot.

Jaringan otot berada di sekitar tulang tubuh kita. Sebagian besar otot dalam tubuh berada di bawah kendali oleh sistem saraf otak.

Baca Juga: Perbedaan Sendi dan Otot Dapat Diketahui dari Fungsinya

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Sistem Muskular

Otot terbentuk dari berbagai protein kecil yang saling bekerja sama. Jumlah dari protein tersebut bahkan bisa mencapai jutaan.

Ketika otot dan protein tersebut bekerja sama, maka akan menghasilkan gerak tubuh. Dengan begitu, tubuh kita dapat bergerak sesuai keinginan.

Jumlah otot pada setiap manusia lebih dari enam ratus buah. Semua otot tersebut terhubung dengan saraf ke otak dan tulang belakang.

Terdapat tiga jenis otot dengan tugas yang berbeda di dalam tubuh kita.

  1. Otot Lurik atau Skelet

Sebuah otot yang menempel di rangka tulang. Jenis otot lurik ini secara sadar terkendala dengan rangsangan saraf sehingga mampu menggerakkan tubuh bagian luar. Otot lurik akan terasa sakit setelah kamu melakukan latihan berat.

  1. Otot Polos

Jenis otot ini menempel pada dinding organ internal, seperti lambung, usus, dan jantung. Otot polos tidak membutuhkan rangsangan saraf untuk bertindak.

  1. Otot Kardiak

Terakhir ada otot kardiak atau otot jantung. Seperti otot polos, kardiak tidak membutuhkan rangsangan untuk bekerja.

Tentunya otot ini berfungsi untuk mengendalikan fungsi jantung. Seperti halnya organ yang lain, otot juga memiliki fungsi untuk tubuh.

Baca Juga: Ciri Otot Jantung, Bekerja dengan Baik Secara Tak Sadar

Berikut fungsi sistem muskular.

Melakukan Gerakan Tubuh

Fungsi utama dari sistem otot adalah membantu tubuh melakukan gerakan. Otot akan mengirimkan sinyal ke otak sehingga menghasilkan gerakan yang kamu inginkan. Tanpa otot, tulang tidak akan bisa bergerak.

Mengatur Posisi Tubuh

Beberapa kekuatan otot yang mampu menentukan postur tubuh adalah pinggul, lutut, dan bahu.

Sebaiknya kamu menjaga otot ini dengan baik. Sebab, akan mempengaruhi bentuk tubuh.

Menggerakkan Sistem Pencernaan dan Pembuangan

Sistem otot yang terdapat dalam usus dan lambung membantu dalam proses pencernaan. Begitu pula dengan urine, ginjal akan menggerakkan urine ke kandung kemih.

Pernapasan dan Penglihatan

Salah satu contoh otot untuk pernapasan adalah diafragma. Ketika bernapas, diafragma juga membutuhkan bantuan otot lain, seperti punggung, perut, dan leher.

Selain pernapasan, dalam melihat kita juga membutuhkan sistem otot. Otot polos di bagian mata akan menggerakkan mata. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan jarak pandang dengan mata.

Baca Juga: Pengertian Tulang Kompak, Fungsi dan Letaknya di Dalam Tubuh

Proses Hamil dan Melahirkan

Orang yang hamil juga membutuhkan bantuan otot di bagian rahimnya untuk menahan berat janin. Otot akan berkontraksi mendorong bayi saat proses lahir.

Agar fungsi sistem muskular tetap maksimal, kamu harus menjaganya dengan baik. Selalu lakukan pemanasan kecil. Jangan memaksa dalam berolahraga karena dapat membuat cedera yang parah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -