Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Turbo pada Mobil, Ini Penjelasan dan Kelebihannya!

Fungsi Turbo pada Mobil, Ini Penjelasan dan Kelebihannya!

Fungsi turbo pada mobil sangat penting untuk Anda ketahui. Bahkan ini juga sangat berguna dan bermanfaat untuk jenis mobil bensin. Mesin turbo ini biasanya akan selalu dipasangkan pada jenis mobil diesel.

Seperti yang sudah kita ketahui saat ini, mobil merupakan salah satu alat transportasi yang penggunanya semakin banyak.

Banyak dari mereka yang kini sudah memiliki mobil pribadi karena memudahkannya untuk pergi kemana saja.

Baca Juga: Sekring Audio Mobil Putus, Jangan Anggap Remeh!

Apa Fungsi Turbo pada Mobil? Anda Harus Tahu!

Turbocharger atau turbo sendiri merupakan sebuah komponen mesin mobil yang berguna untuk meningkatkan aliran udara. Tujuannya adalah supaya bisa masuk ke bagian dalam mesin melewati intake manifold.

Jadi, turbo tersebut akan memompa udara agar masuk ke mesin mobil dengan menggunakan tenaga hasil pembakaran pada bagian mesinnya.

Meski demikian, ternyata juga membutuhkan tekanan udara yang kuat agar bisa menggerakan turbin udara.

Turbo tentu tidak selamanya ada pada jenis kendaraan, namun biasanya lebih banyak pada jenis mobil diesel.

Namun mobil tanpa turbo juga masuk bisa kita sematkan berupa turbo aftermarket untuk meningkatkan performa mesinnya. Lalu apa kegunaannya?

Baca Juga: AC Mobil tidak Keluar Angin Sebaiknya Kenali Apa Saja Penyebabnya

Mampu Mengurangi Emisi Mesin

Fungsi turbo pada mobil yang pertama adalah mampu untuk mengurangi emisi mesin berbahaya. Memang teknologi ini tidak hanya bisa menciptakan efisiensi bahan bakar saja, melainkan juga menekan tingkat emisinya.

Pasalnya, turbo dengan teknologi yang optimal pada dasarnya dapat mengurangi emisi mesin berbahaya.

Anda juga tak akan merasa bersalah saat menggunakan turbo tersebut, sebab bisa mengurangi emisi berbahaya.

Bisa Meningkatkan Tenaga Mesin dan Torsi

Untuk fungsi yang kedua ini adalah memiliki kemampuan yang bisa meningkatkan tenaga mesin dan torsinya.

Pasalnya, dengan pembakaran yang sempurna berkat adanya kombinasi rasio udara serta bahan bakar seimbang, maka torsi serta tenaga mesin menjadi lebih maksimal.

Bisa Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Fungsi turbo pada mobil selanjutnya adalah mampu untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jika perangkat turbo Anda pasang secara presisi dan tepat, maka bisa meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya.

Sebab turbo akan bekerja dengan cara mendaur ulang energi yang berasal dari mesin. Energi yang sudah mengalami daur ulang akan berubah menjadi lebih besar.

Sehingga ini yang akan membuat tenaga mesinnya menjadi lebih besar dan mampu menghemat bahan bakar. Sebab teknologi yang ada pada dalam turbo bisa membantu fungsi itu terjadi.

Baca Juga: Komponen Kaki-Kaki Mobil, Ketahui Daftar dan Fungsinya

Bisa Meningkatkan Tenaga Mesin

Biasanya mobil yang berkapasitas mesin kecil memang masih memiliki banyak peminat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, justru ada keinginan untuk mendapat tenaga mesin jauh lebih besar dan turbo adalah pilihannya.

Jadi, fungsi turbo pada mobil ini mampu mendongkrak tenaga mesin yang hanya berkapasitas kecil agar menjadi lebih besar. Bahkan ini dapat menyamai mesin bertenaga lebih besar yang tak mempunyai turbo. Kelebihannya akan membuat pengalaman selama berkendara menjadi lebih menyenangkan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -